7 Amalan Kecil yang Bisa Menghapus Dosa

Tiap manusia tidak akan terbebas dari kesalahan dan dosa. Untuk menebusnya, ada beberapa amalan yang dapat dikatakan mudah untuk dilakukan, tetapi menjadi amalan yang dapat menggugurkan dosa kita.

Salah satu sabda Rasulullah SAW menyebutkan, segala perbuatan dosa sebaik-baiknya selalu diiringi dengan amalan-amalan yang baik agar dosa yang diperbuat gugur. Berikut bunyi haditsnya:

Bertakwalah kamu di manapun kamu berada. Bila kamu berbuat kejahatan, segera iringi dengan perbuatan baik, sehingga dosamu terhapus lalu pergauliah manusia dengan akhlak yang baik.” (HR. Tirmidzi).

Terdapat amalan-amalan penghapus dosa besar dan kecil yang dapat dilakukan setiap Muslim. Amalan tersebut dilakukan seiring dengan permintaan taubat dan memohon ampunan kepada Allah SWT.

Amalan satu-satunya yang menghapus dosa kecil dan besar adalah bertaubat dan memohon ampunan. Hal ini sebagaimana firman Allah SWT dalam Alquran surat An Nisa ayat 110:

وَمَن يَعْمَلْ سُوٓءًا أَوْ يَظْلِمْ نَفْسَهُۥ ثُمَّ يَسْتَغْفِرِ ٱللَّهَ يَجِدِ ٱللَّهَ غَفُورًا رَّحِيمًا

“Wa man ya’mal su-an aw yazhlim nafsahu tsumma yastaghfirillaha yajidillaha ghafuran rahima.”

Artinya: “Dan barang siapa yang mengerjakan kejahatan dan menganiaya dirinya, kemudian dia memohon ampun kepada Allah, niscaya dia mendapati Allah Mahapengampun lagi Maha penyayang.

عن عن أبي هريرة رضي الله عنه، قال: قال رسول الله

صلى الله عليه وسلم: “والذي نفسي بيده لو لم تذنب لذهب الله بكم، وجاء بقوم يذنبون، فيستغفرون الله تعالى، فيغفر لهم

“Dari Abu Hurairah RA dia berkata, Rasulullah SAW bersabda:

“Demi Dzat yang jiwaku berada dalam kuasa-Nya, seandainya kalian tidak melakukan dosa sama sekali, Allah SWT akan mengganti kalian dengan kaum-kaum yang berdosa, lalu mereka meminta ampun kepada Allah SWT, Dia lalu mengampuni mereka.”

Berikut ini Amalan Ringan yang Dapat Menghapuskan Dosa

1. Berdzikir dan Membaca Istigfar

Nabi Muhammad SAW pernah bersabda tentang seseorang yang selalu bertaubat memohon ampunan, setiap kali mengerjakan perbuatan dosa. Rasulullah bersabda:

Jika seorang hamba berbuat dosa, lalu ia berkata, ‘Wahai Rabbku, ampunilah aku.’Rabbnya menjawab, ‘Hamba-Ku telah mengetahui bahwa ia memilki Rabb (Tuhan) Yang Maha Mengampuni dosa dan menghukumi setiap dosa. Aku telah mengampuni hamba-Ku.”Kemudian ia berbuat dosa lainnya, lantas ia pun mengatakan kepada Rabbnya, ‘Wahai Rabbku, aku betul-betul telah berbuat dosa lainya, ampunilah aku.’ Rabbnya menjawab,’Hamba-Ku telah mengetahui bahwa ia memiliki Rabb yang Maha Mengampuni dosa dan menghukumi setiap dosa. Aku telah mengampuni hamba-Ku. Lakukanlah sesukamu (maksudnya selama engkau berbuat dosa lalu bertaubat, maka Allah akan mengampunimu, pen).’ Maka ia pun melakukan dosa lain yang ketiga atau keempat.” (HR. Muslim).

Selain istighfar, ada bacaan dzikir yang disebut dalam salah satu sabda Rasulullah SAW sebagai dzikir penghapus dosa sebanyak buih di lautan. Berikut bacaan dzikir dan haditsnya:

“Barang siapa yang berkata subhanallah wa bihamdihi (Maha Suci Allah dan dengan segala pujian bagi-Nya), sebanyak 100 kali maka akan dihapus dosa-dosanya sekalipun sebanyak buih lautan.” (HR Bukhari).

Ketahui juga amalan dzikir penghapus dosa.

2. Berwudhu

Amalan selanjutnya adalah berwudhu sesuai dengan tuntunan sunnah Rasulullah SAW. Dalam sebuah haditsnya, Rasulullah pernah berkata dosa seseorang akan ikut gugur bersama dengan air wudhu yang mengalir di tubuhnya

,من توضأ وأحسن الوضوء خرجت خطاياه من جسده حتي تخرج من تحت أظفاره

Artinya: “Barangsiapa yang berwudhu lalu memperbagus wudhunya, dosa-dosanya akan keluar dari tubuhnya (yang terkena air wudhu) sampai keluar dari ujung jemarinya.” (HR. Muslim).

Selain bis amenghapsu dosa, masih banyak amalan berwudhu dalam Islam yang penting untuk diketahui.

3. Sholat Lima Waktu

Sudah sepatutnya menjadi pengetahuan tiap muslim bahwa sholat adalah ibadah yang wajib dilakukan setiap harinya. Ternyata, ibadah ini juga dapat menjadi amalan pengapus menghapus dosa yang dimiliki umat manusia. Penting diketahui bahwa kedudukan solat dalam Islam adalah sebagai tiang agam.

Nabi Muhammad SAW bersabda, di antara salat lima waktu, hari Jumat dengan Jumat berikutnya, hingga Ramadhan dan Ramadhan selanjutnya ada waktu pengampunan dosa yang diberikan oleh Allah SWT.

الصَّلَوَاتُ الخَمْسُ ، وَالجُمُعَةُ إِلَى الجُمُعَةِ ، وَرَمَضَانُ إِلَى رَمَضَانَ ، مُكَفِّراتٌ مَا بَيْنَهُنَّ إِذَا اجْتُنِبَتِ الكَبَائِرُ

Artinya: “Antara shalat yang lima waktu, antara jumat yang satu dan jumat berikutnya, antara Ramadhan yang satu dan Ramadhan berikutnya, di antara amalan-amalan tersebut akan diampuni dosa-dosa selama seseorang menjauhi dosa-dosa besar.” (HR Muslim).

4. Bersholawat atas Nabi

Amalan ringan penghapus dosa lainnya adalah membaca sholawat Nabi Muhammad SAW. Banyak macam sholawat Nabi untuk dilakukan. Seperti yang tertuang dalam hadits dari Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu berkata, Rasulullah SAW bersabda:

مَنْ صَلَّى عَلَىَّ صَلاَةً وَاحِدَةً صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ عَشْرَ صَلَوَاتٍ وَحُطَّتْ عَنْهُ عَشْرُ خَطِيئَاتٍ وَرُفِعَتْ لَهُ عَشْرُ دَرَجَاتٍ

Artinya: “Barangsiapa yang bershalawat atasku satu shalawat maka niscaya Allah bershalawat atasnya sepuluh shalawat, dihapuskan darinya 10 dosa dan diangkatkan untuknya 10 tingkatan.” (HR an Nasai dan dishahihkan oleh al-Albani dalam Shahih al-Jami’, no. 6359).

5. Mengucapkan ‘Aamiin’ saat Salat

Rasulullah SAW pernah menyebut bahwa, ucapan ‘aamiin’ saat sholat seusai imam membaca surat Al Fatihah menjadi amalan penghapus dosa lainnya. Apabila, pengucapannya bertepatan denan ‘aamiin’ dari malaikat. Hal ini juga termasuk dalam amalan kecil yang mendapatkan pahala.

إِذَا قَالَ الإِمَامُ: {غَيْرِ المَغْضُوبِ عَلَيْهِمْ وَلاَ الضَّالِّينَ} [الفاتحة: 7] فَقُولُوا: آمِينَ، فَإِنَّهُ مَنْ وَافَقَ قَوْلُهُ قَوْلَ المَلاَئِكَةِ غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ

Artinya: “Apabila imam mengucapkan, “Ghairil maghdhubi ‘alaihim walaadhooliin” ucapkanlah amin, karena barangsiapa yang aminnya bertepatan dengan aminnya malaikat maka akan diampuni dosanya yang telah lalu.” (HR Muttafaq ‘Alaihi).

Hadits di atas juga menunjukkan keutamaan shalat berjamaah di masjid. Sebab, ‘aamiin’-nya malaikat tidak bisa didapatkan tanpa megikuti shalat berjamaah.

6. Memperbanyak Sujud

Memperbanyak sujud dapat dilakukan dengan memperbanyak ibadah sholat itu sendiri. Misalnya, mengerjakan shalat sunnah rawatib, dhuha, tahajjud, atau witir.

Amalan ini dapat mengangkat derajat manusia sekaligus menghapuskan dosa sebagaimana yang disabdakan Rasulullah SAW kepada Tsauban RA:

:عَلَيْكَ بِالسُّجُودِ فَإِنَّكَ لَا تَسْجُدُ لِلَّهِ سَجْدَةً إِلَّا رَفَعَكَ اللَّهُ بِهَا دَرَجَةً وَحَطَّ بِهَا عَنْكَ خَطِيئَةً

Artinya: “Hendaklah engkau memperbanyak sujud (perbanyak shalat) kepada Allah. Karena tidaklah engkau memperbanyak sujud kepada Allah melainkan Allah akan meninggikan derajatmu dan menghapuskan dosamu.” (HR. Muslim).

7. Salat Jumat

Terakhir, mengerjakan sholat Jumat bagi pria muslim. Telah banyak dalil yang menyebutkan keutamaan sholat Jumat, salah satunya sebagai penggugur dosa bagi pelakunya.

Rasulullah bersabda:

Barangsiapa berwudhu dengan sempurna kemudian mendatangi masjid untuk shalat Jumat, serta menyimak dan memperhatikan khutbah, niscaya diampuni baginya dosa-dosa yang ia lakukan di antara Jumat itu dan Jumat sebelumnya, berikut tiga hari lagi sebelumnya.” (HR. Muslim).

Beberapa ulama, seperti dilansir dari situs STIBA (Sekolah Tinggi Ilmu Islam dan Bahasa Arab) Makassar, membatasi dosa-dosa kecil saja yang dapat diampuni dengan beberapa amalan di atas. Sementara untuk dosa-dosa besar, diyakini mereka hanya dapat diampuni dengan melakukan taubat nasuha.

Sumber : Dalamislam.com
7 Amalan Kecil yang Bisa Menghapus Dosa

7 Amalan Kecil yang Bisa Menghapus Dosa. 7 Amalan Kecil yang Bisa Menghapus Dosa.
Alhamdulillah Allohumma Sholli ‘Ala Nabiyina Muhammad Wa Ahlihi Wa Ashhabihi Wa Ummatihi. Subhanallah wa bihamdihi ‘adada khalqihi wa ridha nafsihi wa zinata ‘arsyihi wa midada kalimatihi.

Report

What do you think?

Written by dalamislam