Doa Agar Terhindar dari Fitnah Dajjal dan Manfaatnya

Salah satu tanda besar dari dekatnya hari kiamat sebagaimana yang telah dijelaskan dalam banyak hadits adalah munculnya fitnah atau ujian terbesar umat islam, yaitu dajjal. Dalam beberapa hadits, Rasulullah telah mengabarkan bahwa dajjal akan muncul  dan mengklaim dirinya sebagai Tuhan dengan membawa tipu muslihat yang besar sehingga banyak sekali orang yang akan terfitnah dengannya.

Mengantisipasi hal tersebut, Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wa sallam juga telah memberikan peringatan sekaligus pelajaran kepada umat beliau tentang bagaimana cara agar kita bisa terhindar dari fitnah dajjal. Berikut ini adalah penjelasannya:

1. Bertaqwa kepada Allah

Cara pertama untuk bisa selamat dari fitnah dajjal adalah dengan berpegang teguh pada ajaran agama dan tetap bertaqwa kepada Allah. Bagaimanapun ini adalah perlindungan utama bagi seorang muslim dari berbagai keburukan di dunia dan akhirat, termasuk dari tipu daya dajjal.

2. Mengenali dajjal

Diantara cara untuk terhindar dari keburukan adalah dengan mengenali keburukan tersebut. Rasulullah sendiri telah mengabarkan kepada umatnya mengenai ciri-ciri dajjal, agar ketika ia muncul umatnya bisa mengenali dan menghindarinya sehingga tidak akan tertipu dengan muslihatnya.

Adapun ciri-ciri dajjal sebagaimana yang dikabarkan oleh Rasulullah dalam beberapa hadits, diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Berbadan pendek dan kulitnya kemerahan
  • Berambut sangat keriting
  • Matanya buta sebelah (yakni yang kanan)
  • Terdapat tulisan ka fa ro (كفر) diantara kedua matanya yang bisa dibaca oleh setiap muslim
  • Memiliki sejumlah sihir yang luar biasa, seperti bisa menurunkan hujan, menghidupkan orang mati, membawa surga dan neraka, menumbuhkan tanam-tanaman, dan sebagainya.

3. Menjauh bila mendengar kemunculannya

Rasulullah juga telah mengajarkan kepada umatnya untuk sebisa mungkin menjauh apabila mendengar kemunculan dajjal. Hal ini sebagaimana yang telah dikabarkan dalam hadits nabi:

مَنْ سَمِعَ بِالدَّجَّالِ فَلْيَنْأَ عَنْهُ فَوَاللَّهِ إِنَّ الرَّجُلَ لَيَأْتِيهِ وَهْوَ يَحْسِبُ أَنَّهُ مُؤْمِنٌ فَيَتَّبِعُهُ مِمَّا يُبْعَثُ بِهِ مِنَ الشُّبُهَاتِ أَوْ لِمَا يُبْعَثُ بِهِ مِنَ الشُّبُهَاتِ

“Barangsiapa mendengar kemunculan Dajjal, maka menjauhlah darinya. Demi Allah, ada seseorang yang mendatangi Dajjal dan ia mengira bahwa ia punya iman (yang kokoh), malah ia yang menjadi pengikut Dajjal karena ia terkena syubhatnya ketika Dajjal itu muncul”

4. Menghafal 10 ayat pertama surah Al-Kahfi

Diantara keutamaan menghafal 10 ayat pertama dari surat Al-Kahfi adalah bisa menjaga seorang muslim dari fitnah dajjal. Dalam hadis Abu Darda’, Rasulullah shallallahualaihi wa sallam bersabda:

مَنْ حَفِظَ عَشْرَ آيَاتٍ مِنْ أَوَّلِ سُورَةِ الْكَهْفِ عُصِمَ مِنَ الدَّجَّالِ

Barangsiapa yang menghafal sepuluh ayat pertama dari surat Al-Kahfi, niscaya dia akan terlindungi dari fitnah Dajjal. 

(HR. Muslim, Ahmad, Ibnu Hibban dan yang lainnya).

5. Berdiam di kota Makkah atau Madinah

Salah satu cara yang dikabarkan bisa melindungi muslim dari fitnah dajjal adalah dengan berdiam di dua kota haram, yakni Makkah dan Madinah, sebagaimana yang dikabarkan dalam sebuah hadits dimana Rasulullah menjelaskan bahwa dajjal tidak akan bisa memasuki dua kota tersebut.

“Tidak ada satu negeri pun, melainkan semua diinjak oleh Dajjal. Kecuali Makkah dan Madinah. Semua jalan yang menuju kesana dijaga dengan malaikat dengan berbaris. Maka berhentilah Dajjal di sebuah kebun (di pinggir kota Madinah). Madinah berguncang tiga kali. Lalu keluarlah semua orang-orang kafir dan munafik dari kota Madinah menemui Dajjal.” (HR. Al-Bukhari 1881 dan Muslim 2943)

6. Membaca do’a perlindungan dari fitnah dajjal

Diantara do’a yang Allah ajarkan kepada umatnya untuk dibaca, terutama dalam sholat adalah do’a memohon perlindungan dari fitnah dajjal. Do’a ini dibaca setelah membaca tasyahud akhir sebelum dalam. Adapun lafazh do’anya adalah sebagai berikut:

اللَّهُمَّ إِنِّى أَعُوذُ بِكَ مِنْ عَذَابِ جَهَنَّمَ وَمِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ وَمِنْ فِتْنَةِ الْمَحْيَا وَالْمَمَاتِ وَمِنْ شَرِّ فِتْنَةِ الْمَسِيحِ الدَّجَّالِ

Allahumma innii a’uudzubika min ‘adzaabi jahannam, wamin adzaabil qobri, wamin fitnatil mahya wal mamaati, wa min syarri fitnatil masiihid dajjal.

“Yaa Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada Mu dari ‘adzab jahannam, ‘adzab qubur, fitnah/cobaan kehidupan dan kematian dan dari keburukan fitnah al masih ad dajjal.” (HR. Bukhori 5376 dan Muslim 588)

Manfaat Do’a Perlindungan dari Dajjal

Adapun manfaat membaca do’a perlindungan dari dajjal adalah:

  • Akan mendapat perlindungan Allah dari fitnah dajjal.
  • Mendekatkan diri kepada Allah.
  • Menunjukkan lemahnya manusia dan butuhnya manusia kepada Allah.

Sumber : Dalamislam.com
Doa Agar Terhindar dari Fitnah Dajjal dan Manfaatnya
Alhamdulillah Allohumma Sholli ‘Ala Nabiyina Muhammad Wa Ahlihi Wa Ashhabihi Wa Ummatihi. Subhanallah wa bihamdihi ‘adada khalqihi wa ridha nafsihi wa zinata ‘arsyihi wa midada kalimatihi.

Report

What do you think?

Written by dalamislam