10 Keutamaan Shalat Qabliyah Subuh _*

Shalat sunnah qobliyah shubuh atau shalat sunnah Fajar yaitu dua raka’at sebelum pelaksanaan shalat Shubuh adalah di antara shalat rawatib yang termasuk kedalam macam-macam sholat sunnah . Yang dimaksud shalat rawatib adalah shalat sunnah yang dirutinkan sebelum atau sesudah shalat wajib. Shalat yang satu ini punya keutamaan yang besar, sampai-sampai ketika safar pun, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam terus menerus menjaganya.

shalat sunnah qobliyah Shubuh atau shalat Sunnah Fajar dilakukan dengan raka’at yang ringan, adalah hadits dari Nafi’, dari Ibnu ‘Umar yang berkata bahwa Ummul Mukminin Hafshoh pernah mengabarkan, Hadist Nafi dari Ibnu ‘Umar yang berkata jika Ummul Mukminin Hafshoh pernah memberikan kabar,

“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dahulu diam antara adzannya muadzin hingga shalat Shubuh. Sebelum shalat Shubuh dimulai, beliau dahului dengan dua raka’at ringan.” (HR. Bukhari no. 618 dan Muslim no. 723).

Dalam lafazh lain juga menunjukkan bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam melaksanakan shalat Sunnah Fajar dengan raka’at yang ringan. Dari Ibnu ‘Umar, dari Hafshoh, ia mengatakan,

“Ketika terbit fajar Shubuh, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam tidaklah shalat kecuali dengan dua raka’at yang ringan” (HR. Muslim no. 723).

Tentunya ada keutamaan shalat fajar yang besar lainnya yang akan kita temukan. Sebagaimana 10 Keutamaan Shalat Qabliyah Subuh berikut ini:

1. Lebih Baik Dari Dunia dan Seisinya

Salah sunnah Qobliyah memiliki keutamaan salah satunya adalah bahwa barang siapa yang melaksanakan sholat ini sebagaimamana dalam rukun islam, maka ia akan memperoleh kebaikan yang nilainya lebih dari pada kebaikan seisi dunia. Sebagaimana Dalam shahih Muslim terdapat hadits dari ‘Aisyah, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

Dua raka’at sunnah fajar (qobliyah shubuh) lebih baik daripada dunia dan seisinya.

2. Mendapatkan Pahala yang Berlimpah

Dalam setiap amala perbuatan kebaikan tentunya didalamnya bernilai akan kebaikan. Selain itu juga, tidak dipungkiri bahwa aliran pahala yang berlimpah juga akan diberikan kepada UmatNya yang tekun menjalankan ibadah. Tidak hanya obadah wajib melainkam juga ibadah sunnah dimana didalamnya termasuk keutamaan sholat Qobliyah subuh. Tentunya pahala yang diperoleh dari ibadah ini nilainya akan berlimpah ruah.

3. Mendapatkan Keutamaan Akhirat

Ibadah merupakan salah satu cara bagi kita untuk mendapatkan pahala. Pahala inilah yang kemudian akan menjadi bekal kelak di akhirat sebagaimana shalat fardhu . Tentunya dengan melaksanakan ibadah sunnah seperti sholat Qobliyah sendiri maka sudah pasti akan diberikan jaminana keutamaan di akhirat. Sebab pahala yang diperoleh nantinya akan menjadi bekal yang mengiringi perjalanan kita di akhirat.

4. Waktu Dimana Para Malaikat Turun

Tahukah anda bahwa waktu sbuh merupakan waktu dimana para malaikat turun dari langit. Mereka mencatat semua hal dari apa yang anda lakukan saat sholat subuh tiba. Tentunya  dengan melaksanakan shalat qobliyah subuh maka tentu hal ini akan disaksikan oleh malaikat. Dengan demikian maka tentu malaikat yang turun akan ikut mendoakan hambaNya agar mendapatkan keberkahan.

5. Mampu Melihat Allah SWT

Waktu subu merupakan waktu dimana Allah SWT dipeecaya menunjukkan keberadaanNya. Oleh sebab itu, meteka yang melaksanakan salat Qobliyah akan bisa memperoleh kesempatan bertemu RabbNya sebagai cara berwudhu yang benar . Seperti yang diriwayatkan Imam Bukhari dan Muslim dari Jabir bin Abdullah, Rasulullah SAW bersabda,

“kami sedang duduk bersama Rasulullah SAW, ketika melihat bulan purnama. Beliau berkata, ‘sungguh, kalian akan melihat Rabb kalian sebagaimana kalian melihat bulan yang tidak terhalang dalam melihatnya. Apabila kalian mampu, janganlah kalian menyerah melakukan shalat sebelum terbit matahari dan shalat sebelum terbenam matahari. Maka lakukanlah”. (HR Al-Bukhari dan Muslim).

6. Selalu Dalam Perlindungan Allah SWT

Diriwayatkan Jundab bin Sufyan, Rasulullah bersabda,

Barangsiapa melaksanakan shalat Subuh maka ia dalam jaminan ALLAH SWT. Maka jangan coba-coba membuat ALLAH SWT membuktikan janji-NYA. Barangsiapa membunuh orang yang menunaikan shalat Subuh, ALLAH SWT akan menuntutnya, sehingga ia akan membenamkan mukanya kedalam neraka.” (HR Muslim).

Dalam hadist diatas, ditegaskan bahwa mereka yang melaksanakan sholat qobliyah subuh senantiasa akan selalu berada dalam lindungan Allah SWT. Tentu saja hal ini merupakan sebuah keberkahan serta jaminan yang diberikan kepada mereka yang rutin melaksanakan sholat qobliyah. Sesungguhnya Allah SWT tidak akan pernah mengingkari janjinya.

7. Memperoleh Keberkahan

Keutamaan sholat qobliyah subuh yang selanjutnya adalah akan memperoleh keberkahan sebagaimana sholat jum’at  . Sebagaimana mereka yang menjalankan ibadah sunnah lainnya. Seperti rezeki yang dilapangkan, pintu surga yang dibukakan, serta juga kebahagiaan baik kehidupan dunian maupun akhirat. Tentunya keberkahan-keberkahan ini jangan sampai kita sia-siakan.

8. Sebagai Sumber Cahaya Saat Hari Kiamat Tiba

Pada saat hari kiamat tiba, maka dunia akan gelap gulita, manusoa akan saling bertabrakan sebab mereka tak mampu meilhat apapun. Namun, ada keutamaan dari pada menjalankan sholat sunna qobliyah secara rutin sebagaimana sholat dhuha . Hal ini adalah mereka akan senantisa diberikan cahaya, sehingga tidak merasa seperti dunia berada dalam kegelapan. Oleh karena itu, maka cahaya ini tentu hanya akan diproleh dan diberikan kepada mereka yang benar-benar tekun dalam menjalankan ibadah sholat qobliyah.

9. Diharamkan Disentuh Api Neraka

Keutamaan lain uang diberikn kepada mereka yang melaksanakan sholat qobliyah yakni diharamkan tubuhnya disentuh api neraka sebagaimana juga keutamaan sholat dhuha . Sebagaimana kita tahu bahwa neraka merupakan tempat orang-orang jahat dan kejam yanh selalu berbuat kedzoliman selama masa hidupnya. Tentunya bagi mereka yang rutin melaksanakan sholat qobliyah maka sudah tentu akan dijauhkan dari api neraka. Mereka akan ditempatkam di surga yang berisi para bidadari.  Ibnu Umar Radhiallaahu anhu berkata, “bahwa Nabi shallallahu alaihi wasalam bersabda :

“Semoga Allah memberi rahmat bagi orang yang salat empat rakaat sebelum Ashar.”(HR. Abu Daud dan At-Tirmidzi, ia mengatakan, hadits ini hasan).

10. Dibangunkan Hunian Di Surga

Allah SWT juga menjanjikan kenikmatan yang luar biasa. Dimana kelak mereka yang senantiasan menjalankan sholat qobliyah subuh secara rutin akan dibangunkan hunian di surga. Sebagaimana Ummu Habibah Radhiallaahu anha berkata,

Aku telah men-dengar Rasulullah shallallahu alaihi wasalam bersabda, Barangsiapa salat dalam sehari semalam dua belas rakaat akan dibangun untuknya rumah di Surga, yaitu; empat rakaat sebelum Dhuhur dan dua rakaat sesudahnya, dua rakaat sesudah maghrib, dua rakaat sesudah Isya dan dua rakaat sebelum salat Subuh.”” (HR. At-Tirmidzi, ia mengatakan, hadits ini hasan shahih).

10 Keutamaan Shalat Qabliyah Subuh. Tentu akan semakin menjadikan diri kita bersemangat untuk berlomba dalam melakukam kebaikan. Sebab tidak dipungkiri bahwa ada berbagai nikmat dan keberkahan yang diperoleh dari peekara ini. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.

Sumber : dalamislam.com

Alhamdulillah Allohumma Sholli ‘Ala Nabiyina Muhammad Wa Ahlihi Wa Ashhabihi Wa Ummatihi. Subhanallah wa bihamdihi ‘adada khalqihi wa ridha nafsihi wa zinata ‘arsyihi wa midada kalimatihi. Jazakumullah sudah ikut men-share (membagikan) konten ini, insya Alloh jadi amal jariyah untuk kebaikan dunia akhirat kita. Aamiin