11 Keistimewaan Masjid Nabawi yang Tak Terduga

 

Masjid Nabawi

Masjid Nabawi atau Al-masjid An-Nabawi adalah sebuah masjid yang didirikan secara langsung oleh nabi Muhammad SAW. Masjid ini berlokasi di pusat kota Madinah. Masjid ini merupakan masjid ke tiga yang dibangun dalam sejarah islam . Dan saat ini menjadi salah satu masjid terbesar di dunia. Masjid ini merupakan bekas rumah nabi Muhammad yang ia tinggali setelah hijrah ke Madinah pada 622 M. Masjid ini pada saat itu di jadikan sebagai tempat berkumpulnya masyarakat, majelis dan sekolah agama. Saat pertama kali di bangun oleh rasulullah saw, masjid nabawi hanya berukuran sekitar 50 x 50 meter. Namun seiring dengam perkembangan zaman, serta banyaknya jamaah yang datang masjid ini terus mengalami perluasan.

Untuk saat ini luas masjid mencapai lebih dari 100.000 meter persegi. Luas dari masjid ini bahkan berkali-kali lipat luasnya dari kota madinah pada masa lampau. Batas wilayah kota madinah pada saat itu adalah makam baqi, yang pada masa rasulullah saw disebut berada di pinggir kota madinah. Tetapi sekarang lokasi dari makam baqi ini sangat dekat dengan masjid. Kemajuan masjid ini sebenarnya tidak lepas dari pengaruh kemajuan penguasa-penguasa islam. Pada 1909 masjid ini menjadi tempat pertama di jazirah arab yang di terangi pencahayaan listrik. Setelah perluasan besar-besaran yang dilakukan pada masa kesultanan umayyah Al-walid I. Di buat sebuah tempat yang berada di atas peristirahatan terakhir nabi muhammad saw beserta dua khulafaur rasyidin, abu bakar Dan umar bin khattab.

Pada 1279 sebuah penutup yang terbuat dari kayu di bangun sampai saat ini mengalami setidaknya 2 kali renovasi. Renovasi pertama abad ke-15 dan pada 1817. Kemudian untuk kubaj yang saat ini dibangun pada 1818 oleh sultan utsmaniyah muhammad II dan di cat hijau pada 1837. Sejak saat itulah kubah di kenal dengan sebutan kubah hijau. Di dalam masjid terdapat beberapa lokasi yang sangat bersejarah bagi umat islam. Mulai dari rumah rasulullah, rumah abu bakar, dan para sahabat lainnya. Hingga makam rasulullah saw pun berada di situ. Masjid nabawi memiliki tempat yang sangat istimewa di hati kaum muslimin. Hal ini karena Masjid Nabawi dibangun sisi atas dasar takwa, sebagai manager firmannya:

لَمَسۡجِدٌ اُسِّسَ عَلَى التَّقۡوٰى مِنۡ اَوَّلِ يَوۡمٍ اَحَقُّ اَنۡ تَقُوۡمَ فِيۡهِ‌ؕ“

… Sesungguhnya masjid yang didirikan atas dasar takwa sejak jari pertama adalah lebih patut kamu shalat di dalamnya…” (At Taubah ayat 108

Tetapi sebenarnya masih ada tempat bersejarah yang jarang sekali diketahui, memangnya apa saja keistimewaan masjid Nabawi?

1. Faktor Unta Nabi Muhammad SAW

Sebelum menjadi masjis yang begitu besar seperi sekarang,dahulu Nabawi merupakan lahan kosong dengan sejumlah pohon kurma yang tumbuh di atasnya. Lokasi pembangunan masjid ini merupakan tempat pemberhentian pertama unta yang ditunggangi rasulullah ketika tiba di madinah.

2. Pernah Terbakar

Beberapa ratusan tahun setelah didirikan, masjid Nabawi sempat Terbakar. Api yang berkobar menghancurkan atap tiang masjid hingga dinding pembatas makam nabi Muhammad saw.

Tapi kemudian rumah suci itu segera di renovasi oleh para pemimpin negara muslim.

3. Tempat pertama yang dii aliri listrik di jazirah Arab

Ketika kerajaan ottoman memperkenalkan listri di jazirah Arab,tempat pertama yang menikmati listrik merupakan masjid Nabawi. Masjid ini mulai menyala sekitar tahun 1909.

4. Kini ukuran Masjid lebih luas dari kota kuno Madinah

Saat pertama kali di bangun oleh rasulullah,masjid Nabawi berukuran sekitar 50 x 50 meter. Namun seiring perkembangan Zaman serta makin banyak jamaah yang datang masjid terus di perluas.

kini luasya mencapai lebih dari 100 ribu meter persegi. Masjid Nabawi Sendiri sekarang bahkan berkali-kali lipat lebih luas dari kota madinah di masa lampau.

Ukurannya adalah makam baqi yang pada masa nabi disebut ada di pinggir madinah. Tapi sekarang lokasinya sudah dekat dengan Masjid Nabawi.

5. Ada makam kosong di ruang nabi

Adanya makam kosong yang berdekatan dengan lokasi nabi Muhammad saw dan para sahabat di kebumikan ini telah lama melegenda. Labor mengenai makam kosong itu sebenarnya di siapkan untuk nabi isa as pun masih simpang siur.

6. Kubah Masjid dulunya sempat berwarna ungu

Kubah terkenal di Masjid nabawi pernah di cat berwarna ungu sekitar 150 tahun lalu. Ungu dipilih karena kabarnya warga Arab di wilayah hijaz menyukai warna tersebut.

7. Punya tiga mihrab

Mihrab merupakan bagian dari Masjid yang dipakai imam untuk memimpin shalat. Biasanya masjid mempunyai 1 mihrab saja. Tapi tidak dengan masjid Nabawi. Ada 3 mihrab di masjid Nabawi tersebut. Satu mihrab yang kini digunakan sang imam pemimpin shalat berjamaah. Mihrab lainnya adalah suleymaniye yang di bangun diatas perintah sultan suleyman untuk imam hanafi memimpin shalat. Sedangkan satu lagi adalah mihrab untuk imam malik yang dulunya sering di tempati rasulullah untuk memimpin shalat.

8. Isi barang dikamar Fatimah kini Ada di Istanbul

Barang-barang milik nabi Muhammad saw dulu di simpang di dalam kamar Fatimah. Ketika madinah di kepung saat perang dunia I panglima ottoman memerintahkan untuk memindahkan barang tersebut ke Istanbul.

Sekarang benda-benda dari kamar fatimah bisa dilihat di museum topkapi Istanbul,turki.

9. Banyak tandai rahasia

Ternyata beberapa sisi masjid nabawi memiliki tanda rahasia. Beberapa pilar di tandai secara khusus untul mengingatkan tempat itu di masalalu adalah lokasi yang penting, dan banyak jamaah yang tidak mengetahuinya.

10. Tiang duta utusan

Rasulullah saw biasa menggunakan tempat ini untul menemui para utusan yang datang. Kemudian para sahabat termuka duduk di sekitar rasulullah saw selama pertemuan berlangsung.

11. Baby Jibril

Pintu ini terletak di bagian timur. Bab jibril ini juga sering disebut dengan bab nabi, sebab nabi saw sering masuk lewat pintu ini.

Sumber : Dalamislam.com

Alhamdulillah Allohumma Sholli ‘Ala Nabiyina Muhammad Wa Ahlihi Wa Ashhabihi Wa Ummatihi. Subhanallah wa bihamdihi ‘adada khalqihi wa ridha nafsihi wa zinata ‘arsyihi wa midada kalimatihi.

Report

What do you think?

Written by dalamislam