11 Tahapan Perjalanan Manusia Setelah Hari Kiamat _*

“siap siap mulai sekarang ya, nanti bakal ada perjalanan manusia setelah kiamat.”

Hari kiamat adalah hari dimana seluruh alam semesta akan hancur, kecuali Sang Khalik yaitu Allah SWT yang Maha Kekal. Sudah seharusnya kita sebagai muslim mempercayai bahwa akan terjadinya suatu fenomena yang luar biasa dahsyatnya, sehingga akan mematikan seluruh makhluk di muka bumi ini.

Berikut adalah beberapa peristiwa yang akan dilalui oleh setiap diri manusia, yaitu:

1. Alam Barzah

Setelah manusia meninggal, maka setiap diri manusia akan melewati alam barzah yaitu alam di antara dunia dan akhirat atau pintu gerbang menuju kehidupan akhirat. Dalam alam barzah, terdapat kenikmatan bagi orang yang beriman dan terdapat siksa kubur bagi orang-orang yang kufur.

2. Pertanyaan dalam Alam Barzah

Ketika di alam barzah, manusia akan didatangi dua malaikat yaitu Munkar dan Nakir. Kedua malaikat tersebut akan memberikan beberapa pertanyaan kepada manusia, seperti siapakah Tuhanmu, siapa Nabimu, apa Kitabmu, dsb.

Orang yang beriman akan menjawab pertanyaan dengan mudah dan lancar. Serta akan mendapatkan nikmat kubur. Dan bagi yang suka bermaksiat, maka akan mendapat siksa kubur.

3. Dibangkitkan dari Alam Barzah

Setelah dunia kiamat, tidak ada lagi yang tersisa. Dunia hancur, makhluk-makhluk semuanya mati. Maka setelah itu kemudian Malaikat Isrofil akan meniup sangkakala untuk yang kedua kalinya. Maka seluruh manusia akan dibangkitkan dari kubur dan ruh-ruh akan dikembalikan pada jasad-jasadnya.

4. Seluruh Manusia akan Dikumpulkan di Padang Mahsyar

Setelah dibangkitkannya seluruh manusia. Maka manusia seluruhnya dari sejak zaman Nabi Adam as sampai dengan manusia yang paling terakhir, akan dikumpulkan di sebuah tempat yang bernama Padang Mahsyar.

Di Padang Mahsyar manusia akan dikumpulkan mulai dari manusia pertama hingga manusia terakhir. Di tempat itu, tidak ada sehelai benang pun yang akan menutupi tubuh para manusia. Mereka sibuk memikirkan keadaannya masing-masing.

5. Syafa’at

Syafa’at adalah sebuah permintaan manusia kepada Allah yang pasti diterima keinginannya. Syafa’at yang paling besar dimiliki oleh Rasulullah SAW, yaitu berupa permohonan kepada Allah agar segera dimulai perhitungan amal seluruh manusia.

Dengan syafa’at, seorang hamba yang akan masuk neraka, akan dapat masuk Surga karena mendapat syafa’at. Maka sering-seringlah kita berbuat baik dan membaca shalawat kepada Rasulullah SAW agar mendapat syafa’at dari beliau.

6. Hisab dan Qishos di Padang Mahsyar

Seluruh manusia akan dihisab seluruh amalnya di dunia. Dan pada hari itu, semua hutang piutang yang belum sempat diselesaikan di dunia, akan dituntaskan pada saat itu pula. Semuanya waktu itu akan dituntaskan dengan cara mengurangi pahala atau dengan menerima beban dosa orang yang didzolimi ketika di dunia.

7. Mizan

Semua manusia pada saat itu, akan ditimbang seluruh amal perbuatannya. Barang siapa yang timbangan amalannya berat. Maka ia akan beruntung. Berat ringannya amal seseorang ditentukan oleh amal perbuatan manusia ketika hidup di dunia.  Namun, bila timbangan amalannya itu ringan, maka ia akan digiring ke neraka.

8. Ash-Shirat

Ash-Shirat adalah sebuah jalan (jembatan) yang terpasang di atas neraka Jahannam. Manusia yang beriman dan taat akan melewatinya dengan selamat dan cepat. Semua itu menggambarkan amal-amal mereka ketika di dunia.

Sementara orang-orang kafir pasti akan jatuh tergelincir ke neraka. Namun bagi orang beriman yang jatuh ke neraka, tidak akan selamanya berada di dalamnya. Sedangkan orang-orang kafir akan kekal di dalamnya.

9. Telaga Milik Rasulullah SAW

Telaga Rasulullah berada di tepi Surga, sebelum memasuki Surga, umat Islam akan meminum air telaga ini, siapa yang meminumnya tidak akan merasa haus lagi.

10. Surga dan Neraka

Surga yakni tempat yang dipenuhi dengan kenikmatan yang tidak akan ada habisnya. Yang dijanjikan oleh Allah SWT bagi orang yang bertaqwa.

Neraka adalah sebuah tempat yang dipenuhi dengan siksaan. Dalam neraka terdapat malaikat yang bertugas menyiksa penghuni neraka. Yakni malaikat Zabaniyah.

11. Melihat Allah SWT

Puncak dari kenikmatan manusia di Surga adalah dapat menatap keagungan Allah. Pada hari itu, penghuni Surga akan dapat menatap keagungan Dzat Allah SWT.

Sumber : dalamislam.com

Alhamdulillah Allohumma Sholli ‘Ala Nabiyina Muhammad Wa Ahlihi Wa Ashhabihi Wa Ummatihi. Subhanallah wa bihamdihiadada khalqihi wa ridha nafsihi wa zinata ‘arsyihi wa midada kalimatihi. Jazakumullah sudah ikut men-share (membagikan) konten ini, insya Alloh jadi amal jariyah untuk kebaikan dunia akhirat kita. Aamiin

Report

What do you think?