12 Masjid Tertua di Indonesia Beserta Sejarahnya

Sebagai negara dengan mayoritas masyarakat memeluk agama Islam, perjalanan persebaran ajaran Islam di nusantara memiliki sejarah yang panjang. Perjalanan tersebut dapat kita telurusi dengan adanya berbagai masjid-masjid tertua yang ada di Indonesia.

Tak hanya berusia tua yakni beratus-ratus tahun lamanya. Masjid-masjid paling tua di Indonesia berikut menyimpan jejak-jejak sejarah persebaran ajaran Islam di Nusantara.

1. Masjid Agung Demak

Masjid Agung Demak

Masjid Agung Demak adalah bangunan masjid tertua dan bersejarah di Indonesia. Yang sangat erat keberadaanya dengan sejarah persebaran ajaran Islam di Nusantara.

Masjid yang diperkirakan di bangun oleh Raden Patah yang merupakan Sultan pertama dari kesultanan Demak pada abad ke-15 ini di percaya sebagai tempat berkumpulnya para wali songo di masa itu.

Masjid bersejarah di Indonesia satu ini di anggap sebagai cikal bakal. Arsitektur masjid Agung Demak ini bernuansa dengan atap limas bersusun yang hingga kini masih banyak di temukan di masjid-masjid yang ada di Nusantara.

2. Masjid Menara Kudus (Al-Aqsa)

Masjid Menara Kudus

Masjid Menara Kudus adalah masjid bersejarah di Indonesia yang di bangun pada 1549. Keunikan dari masjid bersejarah ini adalah arsitektur bangunannya yang memiliki gaya layaknya sebuah candi.

Bangunan ini merupakan gambaran perpaduan budaya hindu yang sangat kental pada masa itu dengan budaya islam. Dikenal dengan nama masjid Menara Kudus di Indonesia masjid ini memiliki nama resmi “Masjid al-aqsa “.

3. Masjid Sunan Ampel

Masjid Sunan Ampel

Masjid Sunan Ampel tertua yang berada di jawa timur. Didirikan oleh Raden Achmad Rachmattulah pada 1421, masjid bersejarah di Indonesia ini memiliki arsitektur perpaduan jawa kuno dan sentuhan nuansa Arab.

4. Masjid Agung Banten

Masjid Agung Banten

Masjid tertua di Indonesia selanjutnya adalah masjid Agung Banten. Masjid Agung Banten masjid tertua dan sekaligus salah satu masjid bersejarah yang ada di Nusantara.

Pembangunan masjid yang tampil khas dengan arsitektur dengan bangunan utama bertumpuk lima layaknya pagoda. Masjid Agung Banten di bangun pada masa pemerintahan Sultan Maulan Hassanuddin.

5. Masjid Raya Baiturrahman

Masjid Raya Baiturrahman

Masjid Raya Baiturrahman berdiri pada tahun 1878. Masjid Raya Baiturrahman selesai di bangun pada tahun 1881.

Banyak catatan bahwa masjid Raya Baiturrahman yang asli di bangun pada 1612 pada masa sultan iskandar muda. Arsitektur asli khas Aceh ini yang membuat keunikan di masjid Raya Baiturrahman.

Karena masjid yang asli digunakan sebagai benteng pertempuran melawan Hindia Belanda. Masjid Raya Baiturrahman ini kemudian di bakar pada masa itu.

Pemerintah Belanda kemudian membangun kembali masjid Raya Baiturrahman sebagai permintaan maaf dan untuk merendam kemarahan masyarakat aceh pada saat itu. Kini masjid Raya Baiturrahman menjadi masjid tertua di Indonesia, melainkan juga salah satu ikon landmark di Aceh.

6. Masjid Mantingan

Masjid Mantingan

Masjid Mantingan adalah masjid bersejarah di Indonesia. Masjid Mantingan adalah salah satu pusat aktivitas penyebaran agama islam di pesisir utara pulau jawa.

Di bangun oleh kesultanan demak pada tahun 1559. Salah satu masjid paling tua di Indonesia ini juga menjadi makam beberapa sosok bersejarah seperti sultan hadlirin (sunan Mantingan), ratu kalinyamat, patih sungging badarduwung.

arsitektur dari bangun masjid ini terbilang cukup berbeda dengan bangunan masjid-masjid lain yang ada di Indonesia. Banyak sentuhan arsitektur khas pencinan.

7. Masjid Tua Palapo

Masjid Tua Palapo

Masjid paling tua di Indonesia adalah masjid tua Palapo. Masjid ini merupakan peninggalan dari kerajaan luwu di palapo Sulawesi selatan.

Matinroe yang saat itu merupakan Raja dari kerajaan luwu sebagai masjid istana dan masjid kerajaan.

8. Masjid Agung Sang Ciptarasa

Masjid Agung sang Ciptarasa

Masjid Agung ini di bangun pada 1478. Masjid bersejarah di Indonesia ini di percaya sebagai masjid tertua di cirebon.

Berada dalam kompleks keraton kasepuhan. Pembangunan sunan gunung jati menunjuk Sunan kalijaga sebagai arsitek dalam pembangunan masjid Agung sang Ciptarasa .

9. Masjid Sultan Suriansyah

Masjid sultan Suriansyah

Masjid tertua dan bersejarah di Indonesia selanjutnya adalah masjid Sultan Suriansyah. Masjid Sultan Suriansyah di bangun pada tahun 1526 oleh raja banjar pertama kalimantan selatan.

Masjid sultan Suriansyah memiliki arsitektur bergaya traditional banjar. Masjid sultan terletak di utaranya kecamatan kesehatan banjarmasin utara.

10. Masjid Tua Al-Hilal katangka

Masjid Tua Al-Hilal katangka

Masjid Tua al-hilal katangka di bangun pada tahun 1603 pada masa pemerintahan Raja Gowa XIV. Katangka adalah jenis pohon yang dulu banyak tumbuh di lingkungan sekitar masa tua al-hilal .

Masjid tua al-hilal katangka berlokasi di katangka Gowa Sulawesi selatan dan merupakan salah satu masjid tertua dan bersejarah di Indonesia.

11. Masjid saka Tunggal

Masjid saka Tunggal

Masjid saka tunggal merupakan masjid tertua dan bersejarah di Indonesia. Masjid saka tunggal dingangun oleh kyai mustolih pada tahun 1288.

Masjid saka tunggal memiliki satu tiang di bagian tengah masjid yang menggambarkan bahwa allah itu satu. Masjid bersejarah saka tunggal terletak sekitar 30 kilometer dari kota purwokerto.

12. Masjid Wapauwe

Masjid Wapauwe

Masjid Wapauwe adalah masjid tertua dan bersejarah di daerah barat Indonesia yang berdiri sejak tahun 1414 di Maluku. Masjid ini juga sebagai pusat penyebaran Islam di Maluku pada masa lampau.

Dulunya masjid Wapauwe bernama masjid wawane karena di bangun di lereng gunung wawane oleh kesultanan Islam jailolo dari Maluku kie raha.

Sumber : Dalamislam.com
12 Masjid Tertua di Indonesia Beserta Sejarahnya
Alhamdulillah Allohumma Sholli ‘Ala Nabiyina Muhammad Wa Ahlihi Wa Ashhabihi Wa Ummatihi. Subhanallah wa bihamdihi ‘adada khalqihi wa ridha nafsihi wa zinata ‘arsyihi wa midada kalimatihi.

Report

What do you think?

Written by dalamislam