in , , ,

13 Cara Melupakan Seseorang dalam Islam _*

Pada hakikatnya, memiliki mantan adalah sesuatu yang tidak disukai oleh Allah. Jangankan berpacaran atau memiliki mantan, terus menerus memikirkan seseorang selain suaminya sendiri adalah termasuk zina dalam Islam dan tidak disukai oleh Allah. Allah itu pencemburu. Allah tidak akan pernah suka melihat hambaNya terlalu mencintai dengan berlebihan sesuatu selain Dia.

Jika Anda berpacaran, kemudian Allah menariknya dari kehidupan Anda, maka Allah sebenarnya memiliki maksud lain seperti upayanya dalam cara bertaubat dari zina dan memberi kesempatan hambaNya lebih fokus untuk beribadah.

Kembalilah pada ridho Allah, pergi dan lupakan mereka-mereka yang membuat kita terlalu terlena selain kepada Allah. Untuk melupakan seseorang memang bukan perkaran mudah, apalagi jika Anda sudah memiliki beberapa komitmen yang ingin Anda wujudkan di masa depan. Semoga cara menghilangkan rasa cinta atau melupakan seseorang dalam Islam berikut ini membantu Anda melupakan seseorang.

Cara Melupakan Seseorang dalam Islam  

  1. Memohon kekuatan kepada Allah SWT

Ketika Allah menarik nikmat yang tidak disukai Allah maka secepatnya Allah akan menarik nikmat yang Anda sedang rasakan. Salah satunya adalah nikmat menyayangi seseorang lebih dari Allah SWT.

Memang tidak ada yang salahnya menyayangi seseorang, namun ketika rasa sayang itu melebihi sayang kepada Allah, maka jelas hal itu tidak baik. Untuk melupakan seseorang menurut Islam yang pertama adalah teruslah memohon kekuatan kepada Allah SWT. Kekuatan disini adalah upaya dan tekad untuk benar-benar melupakannya.

Tidak hanya dirinya, namun dengan segala kenangannya. Allah berfirman : “Bolah jadi kamu membenci sesuatu sedangkan ia baik untukmu dan boleh jadi kamu menyukai sesuatu namun ia amat buruk bagimu. Allah maha Mengetahui sednagkan kamu tidak mengetahuinya”

  1. Memperbanyak shalat sunnah dan membaca Al-Quran

Allah berfirman dalam Surah Ar-Rad ayat 8 yang artinya : “Bahwa dengan mengingat Allah saja, hati akan menjadi tenang”. Saat kita melupakan seseorang pasti hati kita sakit dan obat sakit hati sesungguhnya adalah dengan kembali mendekat kepada Allah sang pemilik hati manusia. Bagaimana caranya? Yaitu dengan memperbanyak shalat sunnah dan membaca ayat suci Al-Qur’an.

Dengan menyertakan Allah dalam segala usaha dan berjuang kembali mendekat kepadaNya, Allah akan memudahkan keinginan Anda untuik melupakan seseorang.

  1. Menerima kenyataan

Terimalah kenyataan bahwa Anda  memang harusnya tidak menyayangi seseorang berlebihan sebelum menikah. Bahwa Anda harus benar-benar meninggalkannya. Bahwa Allah tidak menyukai umatNya berhubungan dengan lawan jenis sebelum waktunya. Yakinkan diri bahwa hal ini tidak baik. Percayalah bahwa jodoh akan datang tanpa Anda minta. Tekadkan bulat dan segera untuk melupakannya.

  1. Membuang segala hal tentang dia

Ini adalah hal yang juga penting. Percuma jika Anda niat untuk melupakan seseorang tapi Anda masih saja menyimpan hal-hal yang berhubungan dengan dia. Hapus nomornya, segera hapus pertemanannya, blokir instagramnya atau media apapun yang memudahkan Anda untuk menghubunginya kembali.

Jika ia pernah memberikan barang, Anda bisa mengumpulkannya dalam satu kotak lalu diletakkan di tempat yang jauh dari pandangan Anda.

5. Menyibukkan diri

Usahakan untuk menyibukkan diri setiap hari. Jangan biarkan dia untuk menguasai pikiran Anda. Buat diri Anda sesibuk mungkin dari awal hari hingga petang sehingga Anda tidak memiliki waktu untuk memikirkan dia terus menerus.

Anda bisa bekerja lebih rajin dari sebelumnya atau menyibukkan diri dengan bermain di luar bersama teman-teman. Selain itu, Anda juga dapat melakukan hobi Anda yang mungkin saat itu tidak sempat Anda lakukan karena terlalu sibuk memikirkannya.

Dengan hal-hal seperti ini, selain Anda dapat mudah untuk melupakannya, Anda bisa meningkatkan produktivitas kerja dan membangun korelasi baik dengan teman-teman Anda.

  1. Hindari semua hal tentang dia

Selain membuang segala hal tentang dia seperi menghapus nomor telelpon dan memblokir seluruh sosial medianya. Anda juga perlu menghindari hal-hal apapun yang berhubungan dengan dia. Misalnya saja jangan pergi ke tempat-tempat yang pernah Anda kunjungi bersamanya atau jangan mendengarkan lagu kesukaanya. Hindari untuk memancing pikiran Anda kembali untuk memikirkannya.

  1. Menceritakan masalah Anda kepada orang lain

Menceritakan masalah kepada orang lain adalah hal penting. Namun, orang lain yang dimaksud disini adalah orang yang bisa Anda percayai. Dengan menceritakannya kepada orang lain, maka Anda lebih akan merasa tenang karena beban Anda sedikit terobati. Selain itu Anda juga bisa mendapatkan saran-saran yang tepat dari teman-teman Anda sehingga proses melupakan seseorang tersebut menjadi lebih mudah.

  1. Berlatih berfikir positif

Buang segala pikiran-pikiran negatif yang selama ini mengganggu Anda. Ganti pikiran negatif Anda dengan hal-hal yang lebih positif. Buat pikiran Anda lebih senyaman mungkin agar tidak merugikan diri sendiri maupun orang lain. Yakinkan pikiran Anda bahwa dia bukanlah yang terbaik.

Jika dia yang terbaik, dia akan datang kepada Anda dan meminang Anda. Membuat pikiran positif adalah cukup dengan menangislah secukupnya untuk meredakan dan melegakan perasaan yang menggangu Anda. Kemudia shalatlah dan membaca Al-Quran. Hal ini akan membantu pikiran Anda jauh lebih positif.

  1. Menenangkan jiwa secara sehat

Selain membuang pikiran-pikiran negatif jauh-jauh dan menggantinya dengan pikiran positif , jiwa juga perlu ditenangkan. Dengan keadaan memiliki jiwa yang terbelenggu dengan luka hati, maka hal ini perlu Anda lepaskan. Agar nantinya proses melupakan seseorang tersebut, bisa Anda lakukan dengan mudah.

Untuk menenangkan jiwa agar lebih damai untuk menerima segala kenyataan, Anda bisa mendekatkan diri dan berpasrah kepada Allah SWT bahwa apapun yang Dia kehendaki adalah hal yang terbaik. Jodoh akan datang ketika Anda telah siap.

  1. Ganti kesedihan dengan keceriaan

Perasaan sedih saat harus meninggalkan lalu melupakan seseorang memang hal yang sangat wajar. Namun, terus berlarut-larut dalam kesedihan juga tidak baik bagi kehidupan Anda. Terpuruk dalam kesedihan malah semakin membuat Anda bersedih dan mengingat tentang dia. Inilah yang semakin membuat Anda semakin susah untuk melupakannya.

Untuk itu, cobalah untuk bersikap ceria misalnya dengan menonton program-program komedi atau selalu tersenyum menampakkan keceriaan hingga akhirnya Anda benar-benar bisa ceria kembali.

  1. Mengingat keburukannya

Salah satu cara yang paling ampuh dan tidak boleh terlewatkan untuk melupakan seseorang adalah dengan mengingat keburukan yang pernah ia lakukan kepada Anda. Memang tidak ada manusia sempurna, manusia adalah tempatnya salah dan dosa.

Akan tetapi, keburukan-keburukan yang Anda ingat bisa jadi memotivasi dan meyakinkan Anda bahwa memang dia bukanlah seseorang yang terbaik. Dengan begitu, Anda akan lebih mudah melupakan orang yang pernah menyakiti Anda.

  1. Tidak membencinya berlebihan

Anda memang berniat untuk melupakannya, tetapi bukan berarti Anda harus membencinya terlalu berlebihan. Apapun yang berlebihan sama sekali tidak disukai oleh Allah. Mungkin saja di lain waktu, Anda malah yang membutuhkannya. Melupakan memang boleh tetapi jangan membencinya.

  1. Percaya kepada Allah SWT

Setelah melakukan cara-cara di atas, cara yang paling akhir adalah dengan percaya segala ketetapan yang telah diputuskan oleh Allah. Allah tidak akan pernah memberi cobaan di luar kemampuan manusia. Allah pasti akan menggantinya dengan sesuatu yang lebih baik.

Mungkin saja, Allah menghendaki Anda untuk melupakannya sebab ia memang bukan yang terbaik untuk Anda. Percaya saja bahwa Allah telah memberikan yang terbaik untuk Anda. Anda bisa menerapkan cara mendapatkan jodoh menurut islam yakni dengan membaca doa untuk mendapatkan jodoh dalam islam dan upaya lainnya.

Doa yang bisa Anda panjatkan untuk membantu melupakan seseorang dengan mudah sekaligus sebagai cara mengatasi galau dalam islam adalah :

Yamhullahu ma yasau, wa yusbit, wa indahu ummul kitab

Artinya : “Allah menghapus apa yang Dia kehendaki dan menetapkan apa yang Dia kehendaki dan di sisiNyalah terdapat ummul kitab.” Demikian cara melupakan seseorang dalam Islam.

Tingkatkan pengetahuan Anda tentang ayat al quran tentang poligami, pentingnya mengenal Allah, hukum menolak jabatan dalam islam, hukum tidak sengaja mendahului imam ketika sholat berjamaah, hukum sholat berjamaah dengan wanita yang bukan muhrim, wanita yang dirindukan surga. wanita bercadar dalam islam dan hukum memakai jilbab. Semoga bermanfaat.

Sumber : dalamislam.com

Alhamdulillah Allohumma Sholli ‘Ala Nabiyina Muhammad Wa Ahli Wa Ashhabihi Wa Ummatihi. Subhanallah wa bihamdihi ‘adada khalqihi wa ridha nafsihi wa zinata ‘arsyihi wa midada kalimatihi. Jazakumullah sudah ikut men-share (membagikan) konten ini, insya Alloh jadi amal jariyah untuk kebaikan dunia akhirat kita. Aamiin

Report

What do you think?

Written by jumat berkah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *