in , ,

13 Cara Menjaga Kesehatan di Bulan Ramadhan _*

Berpuasa di bulanramadhan memang membutuhkan perencanaan yang baik, pasalnya kita akan diujidengan banyak hal yang bisa membuat kita down secara mental maupun secarafisik. Karena pada dasarnya, pada bulan puasa, tidak mengkonsumsi apapun selamawaktu tertentu akan membuat tubuh menjadi tidak stabil apabila pola makansetelahnya kita lakukan dengan tidak teratur.

Dalam menjalani ibadah puasa di bulan ramadhan, alangkah baiknya kita melakukan upaya-upaya untuk menjaga kesehatan tubuh. Berikut adalah 13 cara menjaga kesehatan di bulan ramadhan :

1. Sahurlah dengan makanan berserat.

Makanan berserat merupakan jenis makanan yang dapat memberikan sensasi kenyang lebih banyak meskipun dimakan dengan porsi sedikit. Selain membuat perut lebih kenyang, juga terdapat banyak manfaat seperti mengurangi kadar kolesterol, menurunkan berat badan (karena tidak mengandung lemak) dan sebagainya. Sangat cocok apabila dikonsumsi tatkala sahur. Contohnya adalah sayur.

2. Mengkonsumsi air putih tatkala sahur ataupun buka.

Kebiasaan orang berpuasa adalah minum minuman yangmanis. Padahal hal tersebut dapat mengakibatkan naiknya kadar gula darah danmeningkatnya potensi obesitas selama bulan ramadhan. Bahkan ungkapan yang kitadengar perihal “berbuka dengan yangmanis” pada dasarnya bukan Hadist yang berasal dari Rasulullah, danRasulullah tidak pernah sekalipun meriwayatkan hadist tersebut. Hadist yangbenar adalah :

“Biasanya Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam berbuka puasa dengan ruthab sebelum salat (Maghrib). Jika tidak ada ruthab (kurma muda) maka dengan tamr (kurma matang), jika tidak ada tamr maka beliau meneguk beberapa teguk air”

(HR. Abu Daud 2356, dishahihkan Al Albani dalam Shahih Sunan Abi Daud)

Baca juga:

3. Konsumsi makanan yang kaya protein

Cara menjaga kesehatan di bulan ramadhan berikutnya adalah dengan konsumsi makanan bergizi. Makanan kaya protein juga merupakan hal yang menjadi poin utama. Pasalnya, protein merupakan zat yang dapat membantu pertumbuhan otot, berbeda dengan karbohidrat apabila terlalu banyak dikonsumsi maka akan menambah penimbunan lemak.

4. Konsumsi olahan buah-buahan tanpa gula

Jus, dan segala macam yang berasal dari buah-buahan tanpa ditambahi gula merupakan hal yang sehat dan berguna untuk dikonsumsi tatkala sahur maupun dikala buka, selain bervitamin tinggi, beberapa jenis buah juga dapat meningkatkan kinerja pencernaan agar berfungsi secara teratur.

5. Tidur teratur

Di bulan puasa, juga sangat dianjurkan tidur secara teratur. Yang dimaksud adalah jangan terlalu berlebihan tidur di siang hari dan begadang di malam hari, apabila tidak memiliki tujuan yang bermanfaat. Tidur di siang hari mengakitbatkan menurunnya gerak tubuh secara drastis, hal ini bisa mengakibatkan metabolisme melambat.

6. Lakukan Olahraga ringan

Tentu saja hanya karena puasa, lantas tidak boleh menghambat kita dalam berolah raga, pasalnya mengeluarkan keringat juga bagus untuk tubuh. Asalkan, porsi olahraga yang dilakukan harus benar-benar terkontrol agar tidak terlalu lelah saat puasa.

7. Konsumsi vitamin saat sahur

Apabila tiba waktunya sahur, boleh hukumnya apabila mengkonsumsi vitamin untuk menjaga nutrisi. Terlebih lagi untuk menghadapi keseharian yang sibuk, vitamin juga bermanfaat untuk menjaga kondisi tubuh agar tidak cepat lelah.

Baca juga:

8. Stabilkan porsi makanan saat berbuka

Tidak berlebihan, itulah intinya. Pasalnya di sore hari kita akan cenderung lapar mata, alias ingin memakan apa saja. Padahal sejatinya makan sedikit pun juga sudah cukup. Terlebih karena di malam hari kita tidak akan melakukan kegiatan fisik yang berarti, jadi kita harus menjaga porsi makan agar berat badan tidak bertambah

9. Kurangi makan camilan di malam hari

Meskipun siang tidak diperbolehkan makan, tentu saja jangan sampai urusan makan kita perbanyak di malam hari. Hal tersebut menjadi tidak sehat. Selain lambung jadi tidak bisa membiasakan pada kondisi lapar, otak pun akan terkontaminasi dengan bayang-bayang makanan yang harus dikonsumsi di malam hari.

10. Kurangi kontak dengan layar digital

Smartphone dan Laptop kadang menjadi penghibur utama saat kita bosan dalam berpuasa. Namun alangkah baiknya kalau penggunaannya dikurangi, pasalnya terlalu sering menatap layar laptop atau smartphone terkadang membuat mata cepat lelah. Bisa mengakibatkan pusing bahkan vertigo apabila dilakukan terus menerus.

11. Waktu Mandi Harus Konsisten

Yang dimaksud adalah membersihkan diri namun tidak terlalu larut maupun terlalu pagi. Tujuannya agar tidak mengakibatkan demam dan dapat menganggu kondisi fisik. Adapun apabila di malam hari terbangun dengan kondisi junub, maka mandi lah menggunakan air hangat.

Baca juga:

12. Beraktifitas secara normal

Berpuasa dengan semangat seperti hari-hari biasa juga merupakan upaya menjaga kesehatan. Pasalnya selain kita akan melupakan bahwa kita sedang menahan rasa lapar, kegiatan tersebut juga melatih metabolisme untuk terbiasa dalam kondisi perut kosong. Jika kau berpikir lapar, maka kau lapar. Jika kau berpikir tidak apa apa maka kau tidak apa apa. Sugesti dari alam bawah sadar merangsang tubuh untuk terbiasa.

13. Beribadah dan berdo’a

Tentu saja, diatas menjagakesehatan secara fisik, menjaga kesehatan secara rohani juga sangat perludilakukan. Dengan lebih mendekatkan diri kepada Allah, maka kejiwaan akan lebihbahagia dan setiap ibadah yang kita lakukan tidak akan terasa berat.

Tentu saja 13 cara menjaga kesehatan di bulan ramadhan diatas merupakan upaya yang boleh dilakukan agar ibadah puasa kita lebih khusyu’ dan berkah, dikarenakan tidak terganggu faktor-faktor sakit yang disebabkan dari kelalaian kita dalam menjaga kesehatan.

Semoga bermanfaat dan kita selalu diberi pentunjukuntuk berilmu dan beriman di jalan yang benar. InsyaAllah

Hamsa,

Sumber : dalamislam.com

Alhamdulillah Allohumma Sholli ‘Ala Nabiyina Muhammad Wa Ahli Wa Ashhabihi Wa Ummatihi. Subhanallah wa bihamdihi ‘adada khalqihi wa ridha nafsihi wa zinata ‘arsyihi wa midada kalimatihi. Jazakumullah sudah ikut men-share (membagikan) konten ini, insya Alloh jadi amal jariyah untuk kebaikan dunia akhirat kita. Aamiin

Report

What do you think?

Written by jumat berkah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *