13 Jenis Tanaman untuk Menurunkan Berat Badan

Jakarta, CNN Indonesia —

Usaha menurunkan berat badan memang bisa dilakukan dengan berbagai cara. Salah satunya memanfaatkan tanaman yang mungkin sudah tidak asing lagi atau pernah Anda temui.

Biasanya, penggunaan tanaman erat kaitannya dengan pengobatan herbal. Tapi, ternyata ada juga jenis tanaman untuk menurunkan berat badan secara efektif. Seperti berikut dilansir dari Healthline.

1. Kembang sepatu

Ekstrak kembang sepatu atau nama lainnya Hibiscus rosa-sinensis sudah sejak lama dipercaya bisa menurunkan berat badan karena mampu menurunkan penyerapan pati dan glukosa.

Selain itu, seduhan teh kembang sepatu yang dikonsumsi rutin dapat meredam tekanan darah sistolik serta diastolik, sehingga kadar lemak darah tetap stabil.

2. Caralluma fimbriata

Caralluma fimbriata merupakan bahan suplemen herbal untuk diet. Tanaman satu ini dapat meningkatkan kadar serotonin dan neurotransmitter untuk memengaruhi nafsu makan.

Menurut hasil penelitian, konsumsi 1 gram Caralluma fimbriata cukup efektif dalam membakar lemak perut.

3. Gymnema sylvestre

Tanaman Gymnema sylvestre berasal dari hutan tropis India, Afrika, dan Australia. Ekstrak gymnema telah terbukti ampuh menurunkan berat badan pada hewan dan manusia.

Mengonsumsi ekstrak gymnea juga dapat menekan rasa lapar sehingga Anda lebih sedikit mengonsumsi kalori.

4. Ekstrak biji kopi mentah


Pekerja memperlihatkan biji kopi arabika Gayo kualitas ekspor saat penyortiran di Takengon, Aceh Tengah, Aceh. ANTARA FOTO/Irwansyah PutraIlustrasi. Kopi juga jadi salah satu jenis tanaman untuk menurunkan berat badan. (ANTARA FOTO/Irwansyah Putra)

Ekstrak biji kopi mentah yang tidak dipanggang juga termasuk jenis tanaman untuk menurunkan berat badan karena mengandung tinggi asam klorogenat.

Senyawa asam klorogenat berkhasiat dalam menjaga kadar gula darah tubuh, menurunkan tekanan darah, sampai mengatur proses metabolisme jadi lebih maksimal.

5. Fenugreek

Tanaman fenugreek sering kali dijadikan rempah atau bumbu masak karena berasal dari keluarga kacang-kacangan. Fenugreek jadi salah satu tanaman herba untuk menurunkan berat badan.

Fenugreek dapat membantu mengendalikan nafsu makan. Hal ini didapat karena kandungan serat, protein, karbohidrat, lemak, dan zat besi yang cukup tinggi.

6. Cabai rawit


Harga cabai sehari menjelang puasa Ramadan stabil Rp 30 ribu perkilogram untuk cabai rawit di Pasar Senen, Jakarta 16 Mei 2018. (CNN Indonesia/ Hesti Rika)Ilustrasi. Sebagai jenis tanaman yang menurunkan berat badan, cabai mengandung capsaicin yang memiliki banyak manfaat. (CNN Indonesia/Hesti Rika)

Selain memberi cita rasa pedas saat dikonsumsi, senyawa capsaicin pada cabai rawit disebut dapat membantu menurunkan berat bada. Capsaicin dipercaya mampu meningkatkan proses metabolisme.

Capsaicin juga dapat mengurangi rasa lapar untuk membantu penurunan berat badan, serta meningkatkan jumlah kalori yang dibakar sepanjang hari.

7. Jahe

Tanaman jahe lebih dulu dikenal dalam pengobatan tradisional untuk mengatasi peradangan, rasa mual, serta gangguan pencernaan.

Berdasarkan penelitian, senyawa fenolik aktif, yaitu gingerol, pada jahe cukup efektif memperbaiki profil lipid, mengurangi kadar glukosa sekaligus mempercepat laju metabolisme.

Simak jenis tanaman untuk menurunkan berat badan lainnya di halaman berikutnya…

Jenis Tanaman untuk Menurunkan Berat Badan


BACA HALAMAN BERIKUTNYA



Sumber : cnnindonesia.com
Featured Image : unsplash.com
Alhamdulillah Allohumma Sholli ‘Ala Nabiyina Muhammad Wa Ahli Wa Ashhabihi Wa Ummatihi. Subhanallah wa bihamdihiadada khalqihi wa ridha nafsihi wa zinata ‘arsyihi wa midada kalimatihi. Jazakumullah sudah ikut men-share (membagikan) konten ini, insya Alloh jadi amal jariyah untuk kebaikan dunia akhirat kita. Aamiin

Report

What do you think?