13 Manfaat Jujur Dalam Agama Islam _* OL4

Islam memerintahkan umat Islam untuk jujur ​​kepada dirinya sendiri dan orang lain. Perintah ini berulang kali hadir dalam Alquran dan hadits Nabi Muhammad SAW. Islam memerintahkan Muslim untuk mengatakan yang sebenarnya meskipun bertentangan dengan kepentingannya sendiri. Islam memerintahkannya untuk tidak menipu atau mengkhianati orang lain.

Seorang Muslim diperintahkan oleh Allah untuk menjadi jujur ​​dalam perkataan dan perbuatannya, baik secara pribadi maupun publik.Kejujuran dalam kata-kata berarti mengatakan kebenaran di segala situasi dan dalam segala situasi.

Kejujuran juga menyiratkan memenuhi janji, baik tertulis maupun yang diberikan secara lisan, dalam teks dan semangat. Kejujuran berarti memberi setiap orang hak tanggungan dan haknya tanpa meminta hak-hak ini. Berikut manfaat jujur  dan keutamaan jujur dalam islam yaitu :

1. Meningkatkan Kecintaan Allah SWT

Sudah sangat jelas bahwa ajaran agama islam sangat melarang umatnya untuk bersikap tidak jujur maupun berbohong. Bahkan sabda Nabi Muhammad SAW dengan tegas menyatakan perihal kejujuran dalam islam :

فَإِنَّ الْكَذِبَ يَهْدِيْ إِلَى الْفُجُوْرِ ، وَإِنَّ الْفُجُوْرَ يَهْدِيْ إِلَى النَّارِ

Sesungguhnya dusta membawa seseorang kepada kejahatan, dan kejahatan mengantarkan seseorang ke Neraka. Sebagaimana yang telah dirangkum dalam hadist tersebut maka jelas Allah SWT sangat membenci para pembohong.

Dan akan sangat mencintai kita sebagai umatnya jika ingin berkata jujur dan berbuat baik.Bukan tidak mungkin kita menjadi calon muslimin yang dimuliakan berikutnya.

2. Membawa Perdamaian

Islam memerintahkan kaum Muslim untuk jujur ​​kepada dirinya sendiri dan orang lain. Perintah ini berulang kali hadir dalam Alquran dan hadits Nabi Muhammad SAW. Islam memerintahkan Muslim untuk mengatakan yang sebenarnya meskipun bertentangan dengan kepentingannya sendiri di dalam banyak ayat tentang pergaulan dalam islam.

Islam memerintahkannya untuk tidak menipu atau mengkhianati orang lain. Seorang Muslim diperintahkan oleh Allah untuk menjadi jujur ​​dalam perkataan dan perbuatannya, baik secara pribadi maupun publik. Ini akan membawa kedamaian dimanapun.

3. Menjauhkan Dari Hal Yang Tidak Baik

Peringatan yang berat diberikan pada ayat berikut ini kepada para pedagang yang menipu:

“Celakalah orang-orang yang berurusan dengan penipuan, orang-orang yang, jika mereka harus menerima dengan mengukur dari orang-orang, ukuran yang pasti, tetapi jika mereka harus memberi dengan ukuran atau bobot kepada laki-laki, berikan lebih sedikit daripada seharusnya.

Apakah mereka tidak berpikir bahwa mereka akan dipanggil untuk bertanggung jawab  pada suatu hari yang perkasa ketika (semua) umat manusia akan berdiri di hadapan Tuhan semesta alam. “(133: 1-6).

4. Kejujuran Mempromosikan Identitas

Kejujuran adalah cerminan dari pemikiran dan perasaan Anda sendiri. Jika Anda ingin orang tahu siapa diri Anda sebenarnya, jujurlah dalam ekspresi diri Anda. Dan sebagai seorang muslim sejati pastinya anda tau bahwa ini akan mencerminkan pribadi baik.

5. Kejujuran menumbuhkan keberanian

Keberanian bukan tidak adanya rasa takut. Keberanian melakukan apa yang Anda tahu Anda inginkan atau perlu lakukan, terlepas dari ketakutan Anda. Dibutuhkan keberanian yang besar untuk mengatakan apa yang Anda rasakan. Seringkali sulit dan membutuhkan latihan dan kesabaran, tapi imbalannya sangat besar.

6. Kejujuran menunjukkan Anda peduli

Jujur dengan diri sendiri dan orang lain menunjukkan betapa Anda sangat peduli. Hal ini juga menunjukkan harga diri dan penghargaan terhadap orang lain. Sikap peduli membuat orang berhenti dan berpikir dan ini sangat dianjurkan dalam islam. Kejujuran yang lembut juga sangat menarik dan menarik.

7. Kejujuran menciptakan lingkaran cinta

Kejujuran memberi contoh yang mengajak orang lain untuk meniru. Bila orang lain merespons dengan jujur, itu bisa menciptakan kedekatan dan keaslian interpersonal lebih banyak. Hal ini sering diterjemahkan menjadi cinta dan dapat menciptakan evolusi hubungan cinta sesama muslim yang terus berlanjut tercantum dalam tips bersahabat dalam Islam.

8. Kejujuran menunjukkan kedewasaan dan penerimaan diri

Sering ada yang terluka dan sakit berhubungan dengan kejujuran. Orang dewasa menyampaikan ungkapan jujur ​​dengan gaya yang meminimalkan dampak menyakitkan. Ketika orang lain terluka, orang dewasa dan orang yang menerima dirinya tetap berada dalam hubungan untuk mengatasi rasa sakit yang dialami orang lain.

9. Kejujuran memupuk koneksi

Kejujuran bisa mendekatkan orang dengan menciptakan koneksi yang aman. Ini membentuk konteks untuk hubungan di mana kedua belah pihak merasa cukup aman untuk menjadi orang asli dalam interaksi mereka.

Hubungan semacam itu dapat mengundang dan memberdayakan masing-masing pihak untuk bekerja melalui beberapa masalah yang sangat pribadi.

10. Kejujuran terasa menggembirakan karena sangat membebaskan .

Menjadi otentik dan mengatakan apa yang Anda rasakan dan pikirkan terasa hebat! Dengan melakukannya, Anda membebaskan diri dari keterbatasan rasa takut.

11. Kejujuran menghilangkan emosi

Menyembunyikan perasaan atau informasi yang benar membuat sampah emosional. Ini dikenal sebagai gunnysacking , yang membutuhkan banyak energi untuk mengalahkan diri sendiri. Jujur dari awal setiap interaksi mencegah penumpukan sampah emosional dan membersihkan gosip emosi Anda.

12. Kejujuran menarik kejujuran lainnya

Jika kejujuran menjadi kebiasaan yang tidak disadari, Anda akan menjadi sangat menarik bagi orang jujur ​​lainnya. Kehidupan yang penuh dengan orang-orang otentik sangat diperkaya.

13. Kejujuran bisa membuat Anda tidak bermasalah

Kita semua tahu bagaimana Anda bisa menggali lebih dalam ke dalam lubang dengan kebohongan dan kebohongan. Jadi dari awal, jangan sampai kesana. Jaga agar tetap bersih dengan tetap jujur, terutama bila Anda takut akan konsekuensi yang diantisipasi.

Sekarang setelah Anda mengetahui manfaat kejujuran dalam islam bukan? Mengapa tidak mencoba mengamalkannya dan terus mengamalkannya mulai dari sekarang? Insha Allah syurga adalah jaminannya.

Sumber : dalamislam.com

Alhamdulillah Allohumma Sholli ‘Ala Nabiyina Muhammad Wa Ahlihi Wa Ashhabihi Wa Ummatihi. Subhanallah wa bihamdihi ‘adada khalqihi wa ridha nafsihi wa zinata ‘arsyihi wa midada kalimatihi. Jazakumullah sudah ikut men-share (membagikan) konten ini, insya Alloh jadi amal jariyah untuk kebaikan dunia akhirat kita. Aamiin

Report

What do you think?

dalamislam

Written by dalamislam