13 Tips Mendidik Anak Secara Islami, dijamin Anak Menjadi Sholih-Sholihah

[ad_1]

Ada beragam teknik pengasuhan orangtua untuk mendidik anak-anak yang dapat diterapkan. Salah satunya yang telah diterangkan dalam ajaran agama Islam.Jika Mama dan Papa seorang muslim, cara mendidik menurut pedoman dalam Alquran dan ajaran Nabi Muhammad SAW ini bisa menjadi pilihan yang tepat.

Ada beragam teknik pengasuhan orang tua yang mendidik anak-anaknya yang dapat di terapkan. Cara mendidik menurut pedoman dalam al-quran dan ajaran nabi Muhammad SAW ini bisa menjadi pilihan yang tepat dalam mendidik anak.

Nabi muhammad bersabda:

ู‚ูŽุงู„ูŽ ุงู„ู†ูŽู‘ุจููŠูู‘ ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ุงู„ุตูŽู‘ู„ูŽุงุฉู ูˆูŽุงู„ุณูŽู‘ู„ูŽุงู…ู: {ู…ูŽุง ู†ูŽุญูŽู„ูŽ ูˆูŽุงู„ูุฏูŒ ูˆูŽู„ูŽุฏูŽู‡ู ุฃูŽูู’ุถูŽู„ูŽ ู…ูู†ู’ ุฃูŽุฏูŽุจู ุญูŽุณูŽู†ู}.

Artinya: Nabi SAW bersabda: โ€œTidak ada pemberian seorang ayah untuk anaknya yang lebih utama dari pada (pendidikan)ย โ€ (HR At-Tirmidzi dan Al-Hakim)

Dengan menerapkan cara mendidik anak sesuai islami. Diharapkan si kecil dapat memiliki akhlak atau pribadi yang baik sehingga siap bersaing di masa depan.

ูˆูŽู‚ูŽุงู„ูŽ ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ุงู„ุตู‘ูŽู„ูŽุงุฉู ูˆูŽุงู„ุณู‘ูŽู„ูŽุงู…ู: {ู„ูุฃู†ู’ ูŠูุคูŽุฏู‘ูุจูŽ ุงู„ุฑู‘ูŽุฌูู„ู ูˆูŽู„ูŽุฏูŽู‡ู ุฎูŽูŠู’ุฑูŒ ู„ูŽู‡ู ู…ูู†ู’ ุฃู†ู’ ูŠูŽุชูŽุตูŽุฏู‘ูŽู‚ูŽ ุจูุตูŽุงุนู}.

Artinya: Nabi SAW bersabda: โ€œSeseorang mendidik anaknya itu lebih baik baginya dari pada ia menshadaqahkan (setiap hari) satu sha.โ€ (HR At-Tirmidzi). Dalam mendidik anak ada beberapa cara yang bisa dilakukan yaitu:

1. Memperdengarkan al-quran secara rutin

Cara mendidik anak baiknya di mulai sejak si kecil berada di dalam kandungan. Salah satunya adalah dengan mendengarkan lantunan ayat suci Al-Quran.

Memperbanyak mengaji saat kehamilan hingga buat hari lahir dapat membawa ketenangan dan keberkahan.

2. Mengajarkan dasar-dasar agama Islam

Mengajarkan dasar-dasar agama adalah kewajiban setiap orang tua. Pendidikan ini akan menumbuhkan iman pada diri anak sehingga dapat tumbuh menjadi pribadi yang memegang teguh ajaran islam dalam kehidupan.

Kitab al- amali dari imam al-baqir dan imam ash shadiq menjelaskan tahapan awal mengenalkan anak kepada allah swt.

3. Mengajarkan shalat dan diberikan contoh nyata

Dalam agama islam shalat merupakan tianh agama. Sehingga disebut juga sebagai pondasi utama untuk menjalankan kehidupan.

Mulai dari usia balita dengan mengajarkan berwudhu dan shalat secara urut. Meskipun tuntunan gerakan ada yang salah tetap tuntunlah agar dia terbiasa.

4. Mengajarkan tauhid pada anak

Kewajiban orang tua yang perlu diajarkan pada anak yaiut mengajarkan tauhid. Tauhid atau mengenalkan allah SWT perlu dilakukan sejak dini.

Menanam Tauhid sejak dini bertujuan untuk membentuk pribadi yang berakhlak baik sehingga dapat tumbuh menjadi manusia yang bermoral. Agar terhindar dari prilaku buruk.

5. Mengajarkan puasa

Puasa merupakan salah satu rukun islam sehingga wajib diajarkan oleh para orang tua. Kita harus dapat memulai dengan menjelaskan pengertian puasa.

Orang tua dapat mengajarkan puasa saat anak anak berusia 6 tahun. Si kecil mulai puasanya dengan latihan berpuasa setengah hari.

6. Memberikan naman yang baik

Agama islam mengajarkan untuk memberi nama panggilan yang baik kepada anak. Pemberian nama merupakan doa untuk si kecil.

Dengan nama panggilan yang baik doa yang diberikan pun akan baik pula.

7. Membacakan kisah nabi sebagai suri teladan

Membacakan kisah-kisah penuh ajaran kebaikan ini juga dapat membentuk buah hati menjadi pribadi yang lebih baik dimasa depan. Selain itu, anak pun akan menerapkan nilai-nilai baik sesuai syariat islam dalam kehidupannya.

8. Membiasakan untuk mengucapkan salam

Mengajarkan anak untuk mengucapkan salam menjadi salah satu cara mendidik anak dalam agama islam yang perlu diterapkan oleh orang tua. Agar anak memperhatikan salam.

alam merupakan bentuk doa kepada orang lain, ada hadits yang menerangkan:
ูˆูŽู‚ูŽุงู„ูŽ ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ุงู„ุตูŽู‘ู„ูŽุงุฉู ูˆูŽุงู„ุณูŽู‘ู„ูŽุงู…ู: {ุฃูŽูƒู’ุฑูู…ููˆุง ุฃูŽูˆู’ู„ูŽุงุฏูŽูƒูู…ู’ ูˆูŽุฃูŽุญู’ุณูู†ููˆุง ุขุฏูŽุงุจูŽู‡ูู…ู’}.

Artinya: Nabi SAW bersabda: โ€œMuliakanlah anak-anak kalian dan ajarilah mereka tata krama.โ€ (HR Ibnu Majah).

9. Membiasakan diri bersikap sederhana

Membiasakan anak untuk bersikap sederhana dalam kehidupan merupakan salah satu penerapan dari tauladan Rasulullah SAW. Meskipun Rasulullah SAW memiliki kekuatan dan kekuasaan memimpin umat muslim, tetapi beliau tidak pernah mengandalkan kekuasaan tersebut untuk mengambil keuntungan pribadi.

10. Memperhatikan pergaulan

Penting bagi setiap orang tua untuk memperhatikan pergaulan anak-anaknya. Pastikan si kecil berada dalam lingkup pertemanan yang positif.

11. Mempererat hubungan mama dan anak

Seorang mama merupakan orang yang perlu dimuliakan oleh anak-anaknya. Hal ini karena surga anak berada di bawah telapak kaki ibu.

Jadi diperlukan jalinan atau hubungan baik antara mama dan anaknya. Ada hadits yang menjelaskan:

ูˆูŽู‚ูŽุงู„ูŽ ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ุงู„ุตูŽู‘ู„ูŽุงุฉู ูˆูŽุงู„ุณูŽู‘ู„ูŽุงู…ู: {ุฅูู†ูŽู‘ ููู‰ ุงู„ู’ุฌูŽู†ูŽู‘ุฉู ุฏูŽุงุฑู‹ุง ูŠูู‚ูŽุงู„ู ู„ูŽู‡ูŽุง ุฏูŽุงุฑู ุงู„ู’ููŽุฑูŽุญู ู„ูŽุง ูŠูŽุฏู’ุฎูู„ูู‡ูŽุง ุฅูู„ุงูŽู‘ ู…ูŽู†ู’ ููŽุฑูŽู‘ุญูŽ ุงู„ุตูู‘ุจู’ูŠูŽุงู†ูŽ}.

Artinya: Nabi SAW bersabda: โ€œSungguh di dalam surga itu ada rumah yang disebut rumah kebahagiaan yang tidak dimasuki kecuali orang yangย membahagiakan anak-anakย kecil.โ€ (HR Abu Yaโ€™la dari Aisyah RA).

12. Mengajarkan sedekah atau berbagai kepada sesama

Bersedekah perlu diajarkan oleh orang tua sejak dini. Agar anak terbiasa melakukannya hingga dewasa.

Sedekah atau berbagi pada sesama dapat dilakukan dalam bentuk ilmu, barang ataupun uang.

13. Mengajarkan adab-adab yang baik

Adab-adab yang baik ini perlu diajarkan sejak dini. Adab-adab yang baik ini meliputi perilaku atau sopan santun anak terhadap orang lain.

Orang tua wajib mengajarkan anak untuk menghormati sesama, selalu bersikap jujur, murah hati dan adil.

Anak adalah amanah bagi setiap orang tua. Oleh karena itu sudah menjadi kewajiban bagi keduanya untuk mendidik anak tumbuh menjadi orang yang shaleh dan dapat berkembang dengan sebaik-baiknya.

[ad_2]

Sumber : Dalamislam.com

Alhamdulillah Allohumma Sholli โ€˜Ala Nabiyina Muhammad Wa Ahlihi Wa Ashhabihi Wa Ummatihi. Subhanallah wa bihamdihi โ€˜adada khalqihi wa ridha nafsihi wa zinata โ€˜arsyihi wa midada kalimatihi.

Report

What do you think?

dalamislam

Written by dalamislam