in , ,

14 Alasan Bulan Ramadhan Bulan Mulia _*

 Sesungguhnya Allah Ta’ala mengkhususkan bulan Ramadhan di antara bulan-bulan lainnya dengan keutamaan yang agung dan keistimewaan yang banyak seperti amalan pelebur dosa di bulan ramadhan. Allah Ta’ala berfirman,

شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِي أُنْزِلَفِيهِ الْقُرْآنُ هُدًى لِلنَّاسِ وَبَيِّنَاتٍ مِنَ الْهُدَى وَالْفُرْقَانِ فَمَنْشَهِدَ مِنْكُمُ الشَّهْرَ فَلْيَصُمْهُ وَمَنْ كَانَ مَرِيضًا أَوْ عَلَى سَفَرٍ فَعِدَّةٌمِنْ أَيَّامٍ أُخَرَ

“(Beberapa hari yangditentukan itu ialah) bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan(permulaan) Al-Qur’an sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasanmengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang batil).

Karena itu, barangsiapadi antara kamu yang hadir (di negeri tempat tinggalnya) di bulan itu, makahendaklah ia berpuasa pada bulan itu. Dan barangsiapa yang sakit atau dalamperjalanan (lalu ia berbuka), maka (wajiblah baginya berpuasa), sebanyak hariyang ditinggalkannya itu, pada hari-hari yang lain” (QS. Al-Baqarah [2]:185).

Kenapa ramadhan istimewa?berikut 14 Alasan Bulan Ramadhan BulanMulia

1. Bulan Maghfirah(Pengampunan)

HR Bukhari, Muslim, tentang amalan saat puasa ramadhan Abu Daud : “Siapa saja yang berpuasa Ramadhan dengan penuh iman dan mengharapkan ridha Allah, maka akan diampuni dosa – dosanya yang telah lalu”.

2. Pahala yang berlipatganda

Selain pengampunan dosa, Allah juga menyediakan bonus pahala berlipat – ganda bagi yang berbuat baik di bulan Ramadhan yakni keutamaan puasa ramadhan selama 30 hari. HR Bukhari Muslim : “Setiap amal anak adam dilipat – gandakan pahalanya. Tiap satu kebaikan, dilipatkan 10 kali lipat hingga 700 kali lipat.” Amalan – amalan sunnah di bulan Ramadhan, pahalanya dianggap setara dengan amalan wajib (HR Baihaqi dan Ibnu Khuzaimah)

3. Dibukanya pintuSurga dan ditutupnya pintu Neraka

HR Muslim tentang tujuan berpuasa di bulan ramadhan : “Jika datang bulan Ramadhan, terbuka pintu surga selebar – lebarnya, dan tertutup pintu neraka serapat – rapatnya, dan setan – setan terbelenggu.”

4. Puasa adalah ibadahIstimewa

Hadist Qudsi riwayat Bukhari Muslim tentang keistimewaan orang yang berpuasa di bulan ramadhan: “Setiap amalan anak Adam itu untuk dirinya, kecuali puasa. Puasa itu untuk Aku, dan Aku yang akan membalasnya, karena ia (orang yang beriman) meninggalkan syahwat dan makanannya karena Aku.”

5. Orang berpuasadicintai Allah

Puasa menjadi sarana untukmendekatkan diri pada Allah. Bila seorang hamba sudah dekat pada Allah,permintaan apa saja akan mudah dikabulkan – Nya. Hadist Qudsi riwayat Bukhari :“Kalau Aku telah mencintai seorang hamba,Aku akan menjadi pendengaran untuk telinganya, menjadi penglihatan untukmatanya, menjadi pegangan untuk tangannya, dan menjadi langkah untuk kakinya.”

6. Dikabulkannya do’aQS Al – Baqarah : 186

Dan bila hamba – hamba – Ku bertanya kepadamu tentang Aku, katakanlahbahwa Aku dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdo’a, apabila diaberdo’a, maka hendaklah mereka itu memenuhi segala perintah – Ku dan berimankepada – Ku.” Berdoa di bulan Ramadhan memilki tempat khusus.

HR Ahmad dan Tirmidzi : “Tiga do’a yang tidak ditolak : do’a orangyang berpuasa hingga berbuka, do’a pemimpin yang adil, dan do’a orang yangteraniaya. Allah mengangkat do’a mereka ke langit. Demi kebesaran-Ku, engkaupasti akan Ku-tolong meski tidak sekarang.”

7. Mengharap turunnyaLailatul – Qadr

Pada bulan Ramadhan, Allahmenurunkan malam yang sangat mulia. Begitu mulianya malam tersebut, Allahmenggambarkan bahwa nilainya lebih daripada seribu bulan (Qs Al – Qadr : 3)Dikatakan mulia karena malam itulah awal Al – Quran diturunkan. Beberapa hadistshahih meriwayatkan lailatul – qadr itu ada pada sepuluh hari terakhir bulanRamadhan.

HR Imam Ahmad : “Lailatul – qadr adalah di akhir bulanRamadhan, tepatnya di sepuluh malam terakhir, malam ke – 21, 23, 25, 27 atau29. Barang siapa yang mengerjakan qiyamul – lail (shalat malam) pada malamtersebut karena mengharapkan ridha – Ku, maka diampuni dosanya yang lampau danyang akan datang.”

Mengapa di akhir Ramadhan,bukan awal Ramadhan ? Karena 20 malam sebelumnya, orang yang beriman mengasahdan mempersiapkan jiwanya sebagai persiapan untuk menyambut lailatul – qadrAl–Quran menyebutkan bahwa karakteristik lailatul – qadr adalah :

  • Pada malam itu turun malaikat-malaikat danmalaikat Jibril dengan izin Tuhan mereka untuk mengatur segala urusan.
  • Malam itu penuh kesejahteraan dan kedamaiansampai terbit fajar (QS Al-Qadr : 4 – 5.

8. Puasa meningkatkankesehatan

Rasulullah menyebutkan : “Berpuasalah kamu agar menjadi sehat.”(Al-Hadist)

  • Mengistirahatkan organ-organ pencernaan
  • Meningkatkan sistem kekebalan tubuh (berpuasaternyata dapat meningkatkan sel darah putih dengan pesat)
  • Menghambat pertumbuhan dan perkembangan bakteri,virus dan sel – sel kanker
  • Membersihkan tubuh dari racun, kotoran danampas; mempercepat regenasi kulit; menciptakan keseimbangan elektrolit di dalamlambung; memperbaiki fungsi hormon dan organ reproduksi; mempercepat regenerasisel – sel tubuh; meningkatkan fungsi fisiologis organ tubuh dan meningkatkanfungsi susunan saraf.
  • Meningkatkan kemampuan menahan diri danmengendalikan hawa nafsu.

9. Menumbuhkan harapandan sikap optimis

Di saat seseorangberpuasa, ada sesuatu yang sedang diharapkan. Harapan itu kian besar menjelangsore. Sehari penuh menahan lapar dan haus, lalu datang waktu berbuka, menimbulkanrasa gembira dan lega karena harapannya sudah terkabul. Alhamdulillah. Apalagiharapan untuk bertemu dengan Allah menjadikan hidup lebih bermakna. HR Bukhari“Setiap orang yang berpuasa selalumendapat dua kegembiraan, yakni tatkala berbuka puasa dan saat bertemu dengantuhannya.”

10. Masuk surga melaluipintu khusus

HR Bukhari : “Sesungguhnya di surga ada sebuah pintu yangdisebut Rayyaan, yang akan dilewati oleh orang – orang yang berpuasa pada harikiamat nanti; tidak dibolehkan seorang pun melewatinya selain mereka. Ketikamemasuki pintu tersebut semuanya, kemudian pintu tersebut akan ditutup selama –lamanya.”

11. Minum air telagaRasulullah SAW (al kautsar)

HR Ibnu Khuzaimah danBaihaki : “Barang siapa di bulan Ramadhanmemberi makan pada orang yang berbuka puasa, maka itu menjadi ampunan bagi dosa– dosanya, dan mendapat pahala yang sama seperti orang yang berpuasa tanpadikurangi sedikitpun. Para sahabat berkata : Wahai Rasulullah, tidak semua kamipunya makanan untuk diberikan kepada orang yang berbuka. Beliau berkata : Allahmemberikan pahala kepada orang yang memberi buka puasa meski sebutir kurma,seteguk air, dan setetes susu… Barang siapa yang memberi minum orang yangberpuasa, maka Allah akan memberinya minum dari telaga dimana ia tidak akan hausuntuk selamanya hingga ia masuk surga.”

12. Momentum untukberkumpul dengan keluarga

Pada tanggal 1 Syawal,umat Islam merayakan hari raya Idul Fitri, hari kemenangan setelah berperangdengan syetan dan mengendalikan hawa nafsu selama bulan Ramadhan. Momentum IdulFitri pada hakekatnya adalah merayakan kembali kepada fitrah yang asli dansuci.

Memperbaharui tali ukhuwahdan silaturrahim antara sesama muslim dengan saling bermaafan. Menghubungkansilaturrahim sangat dianjurkan oleh Islam. HR Bukhari : “Siapa yang ingin rezekinya diperbanyak dan umurnya dipanjangkan,hendaklah ia menghubungkan tali silaturrahim.”

13. Mencerahkan danmenguatkan jiwa (qaulan – tsaqiilaa)

Pada malam – malamRamadhan, sangat dianjurkan melakukan shalat malam dan tadarus Al-Quran. “Waktu yang paling baik untuk shalat malamsesungguhnya seperdua atau sepertiga malam terakhir” (QS Al-muzammil : 3)Demi semaraknya syiar Islam pada bulan Ramadhan, diperbolehkan melakukantarawih pada awal malam setelah shalat isya berjamaah di masjid. Shalat malammerupakan peneguhan jiwa dan peningkatan derajat menjadi orang – orang yangmulia (QS Al-Isra : 79) Sesudah shalat malam, dianjurkan pula untuk membacaal-Quran dan memahami maknanya. Dengan demikian, seseorang akan mendapatwawasan yang luas dan mendalam karena Al-Quran adalah sumber pengetahuan danilham. Dengan keteguhan jiwa dan wawasan itulah Allah kemudian akan memberikanperkataan yang berat dan berbobot serta berwibawa. Ucapan – ucapan – Nya akanselalu berisi kebenaran. (QS Al-Muzammil : 4-5)

14. Momentum mensucikanharta (tazkiyatul maal)

Setiap muslim yangberpuasa Ramadhan dan mampu, diwajibkan mengeluarkan zakat fitrah sebesar 2.5Kg per orang berupa bahan – bahan makanan pokok. Disamping untuk menolong paradhuafa (fakir miskin), zakat dapat mensucikan hartanya. Harta yang telahdisucikan akan mendatangkan barakah dan menghindarkan pemiliknya dari siksa apineraka. Harta yang barakah akan membawa ketenangan jiwa, kedamaian hati dankesejahteraan batin. Sebaliknya, harta yang tidak barakah akan mengundangkekhawatiran dan kegelisahan.

Semua kebaikan, berkah,dan anugerah ini diberikan untuk kaum muslimin dengan datangnya bulan yangpenuh berkah ini. Oleh karena itu, hendaklah kaum muslimin menyambut bulan inidengan kegembiraan dan keceriaan, memuji Allah yang telah mempertemukannya(dengan bulan Ramadhan), dan meminta pertolongan kepada-Nya untuk dapat berpuasadan mengerjakan berbagai amal shalih di bulan Ramadhan.

Sesungguhnya Ramadhanadalah bulan yang agung dan mulia, bulan yang penuh berkah bagi umat Islam.Kami memohon kepada Allah Ta’ala untuk menganugerahkan keberkahan bulanRamadhan kepada kami. Sampai jumpa di artikel berikutnya, terima kasih.

Sumber : dalamislam.com

Alhamdulillah Allohumma Sholli ‘Ala Nabiyina Muhammad Wa Ahli Wa Ashhabihi Wa Ummatihi. Subhanallah wa bihamdihi ‘adada khalqihi wa ridha nafsihi wa zinata ‘arsyihi wa midada kalimatihi. Jazakumullah sudah ikut men-share (membagikan) konten ini, insya Alloh jadi amal jariyah untuk kebaikan dunia akhirat kita. Aamiin

Report

What do you think?

Written by jumat berkah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *