15 Cara Wanita Minta Dilamar Menurut Islam _*

Pada umumnya cara wanita minta dilamar menurut islam atau cara wanita mengajak ta’aruf pria tentu merasa malu mengungkapkan keinginannya agar dilamar menurut islam oleh seorang pria yang ia percaya dapat menjadi imamnya dalam keluarga. Namun ternyata pria shalih tak kunjung datang untuk memintanya menjadi istri. Tentu wanita akan memberikan kode atau mengungkapkan secara langsung agar tidak menjadi beban di hatinya.

Jika ada seorang pria shalih yang diketahui dengan baik keluhuran akhlaknya, kemantapan imannya serta sangat ideal untuk menjadi pasangan hidup, apakah wanita hanya bisa berdiam diri? tentunya berhubungan dengan hukum wanita melamar lelaki dalam islam ya sobat? Bagaimana rasanya ketika pria itu ternyata tiba tiba menyebar undangan pernikahannya? Nah sobat, pasti wanita tersebut akan merasa kecewa berat. Mengapa dahulu kita tak berani menawarkan diri untuk dilamar menurut islam dan mengapa tidak mengungkapkan perasaannya.

Informasi bagi kaum lelaki nih sobat mengenai cara wanita menyatakan cinta dalam islam, berikut 15 Cara Wanita Minta Dilamar Menurut Islam. Jika sobat pembaca laki laki mengalami hal ini dan memiliki keinginan yang sama pada wnaita tersebut, hendaknya segera menjalankan segala hal yang menjurus pada pernikahan islami secara halal agar menjadi jalan ibadah.

1. Menawarkan Diri Secara Langsung

Ada sebuah hadits tentang hukum wanita minta dinikahi dalam islam yang mengisahkan seorang wanita datang kepada Rasulullah kemudian menawarkan diri kepada beliau shallallau ‘alaihi wasallam. Ia berkata, “Wahai Rasulullah, apakau engkau membutuhkanku?” ujarnya. Saat itu ada putri sahabat Anas bin Malik. Ia langsung terkejut mendengarnya.

Ia pun kemudian menilai wanita itu tak memiliki rasa malu. Ia berkata, “Alangkah sedikit rasa malunya,” tuturnya. Namun Anas justru menimpali putrinya itu dengan berkata, “Dia lebih baik darimu. Dia senang kepada Rasulullah sehingga menawarkan dirinya untuk beliau,” ujarnya. (HR. Al Bukhari dari Anas bin Malik).

2. Memakai Perantara atau Wali

Jika wanita pemalu, tentu sang cara wanita minta dilamar menurut islam tidak menyampaikannya secara langsung kepada pria yang ingin dijadikannya suami namun dengan cara menemukan cinta sejati dalam islam. Wanita yang melakukan cara wanita minta dilamar menurut islam menyampaikan keinginannya dipinang hendaklah melalui perantara wali. Sang wali bertugas menyampaikan kepada pria yang diinginkan wanita tersebut

untuk meminangnya. Jika wanita tersebut malu mengutarakan pada walinya? Maka cara wanita minta dilamar menurut islam untuk cara memperjuangkan cinta dalam islam  mengungkapkan keinginannya kepada wanita yang lebih tua, entah ibu, bibi, kakak dsb. Wanita ini yang kemudian akan menyampaikan kepada wali agar menawarkan wanita tersebut pada pria yang dimaksud.

3. Dengan Pertolongan Ayah Wanita

Dari Abdullah bin Umar r.a. bahwa Umar bin Khattab r.a. ketika Hafshah (putrinya) menjanda dia berkata : “Aku datang kepada Utsman bin Affan lalu aku tawarkan Hafshah kepadanya”, kemudian ia (Utsman) menemuiku dan berkata : “Setelah saya pertimbangkan maka saat ini saya belum berkeinginan untuk nikah”

Lalu aku (Umar) menemui Abu Bakar r.a. seraya berkata : “Jika engkau mau, aku ingin mengawinkan engkau dengan Hafshah” Maka Abu Bakar hanya diam saja tanpa menjawab sedikitpun. Maka aku (Umar) berdiam selama beberapa malam, kemudian Rasulullah s.a.w. datang meminangnya, lalu aku nikahkan dia (Hafshah) dengan beliau” (H.R. Bukhari Juz XI hal 80)

4. Melalui Saudara Lain

Ummu Habibah binti Abu Sufyan berkata : “Wahai Rasulullah kawinlah dengan saudara perempuanku putri Abu Sufyan. Beliau bertanya : “Apakah kamu menyukai yang demikian itu?” Saya (Ummu Habibah) menjawab : “Saya tidak asing lagi bagimu dan engkaulah yang paling kuinginkan untuk menyertaiku dalam kebaikan saudara perempuanku” (H.R. Bukhari)

5. Menanyakan Keinginan untuk Menikah

Dalam riwayat lain Sahal bin Sa’ad –radiallahu anh- berkata, “Seorang wanita datang kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dan mengatakan, ‘Ya Rasulallah, aku menyerahkan diriku untukmu (bersedia dinikahkan).’ Salah seorang shahabat berkata, ‘Kawinkan saja dengan saya.” Maka Rasulullah bersabda,” Aku nikahkan kamu dengannya dengan mahar berupa bacaan Al-Qur’an yang kamu miliki.” (Bukhari)

6. Sering Menceritakan Banyak Teman Wanitanya telah Menikah

Teman wanita – teman wanitanya yang sudah satu per satu dilamar dan menikah biasanya membuat sebagian wanita jadi bertanya – tanya, kapankah ia akan dilamar. Keinginan yang muncul tersebut kemudian diutarakan lewat cara wanita minta dilamar menurut islam, ia sambil menceritakan tentang teman wanita teman wanitanya yang segera menikah dengan tujuan memancing lelaki.

7. Membahas tentang Masa Depan

Biasanya jika wanita sudah mulai menanyakan dan membahas akan cara wanita minta dilamar menurut islam artinya sudah memantapkan diri akan memiliki keluarga sehingga sering melakukan pembicaraan masa depan.

8. Membicarakan tentang Anak

Cara wanita minta dilamar menurut islam lainnya ialah dengan perubahan sikapnya yang menjadi lebih suka dengan anak kecil. jika saat ini wanita mulai senang bermain dengan anak anak bisa jadi itu merupakan bentuk keseriusannya jika suatu hari kelak ia akan menjadi ibu dan biasanya ini merupakan kode wanita ingin segera dilamar.

9. Menetapkan Batas Waktu Ta’aruf

Kode yang terakhir yang perlu sobat tahu nih para muslimah pria. Ini sepertinya sudah kode keras dari si wanita, Jika wanita sudah terang terangan mengatakan untuk memberikan batas waktu akan ta’aruf artinya ia sudah ngga mau basa basi lagi merupakan cara wanita minta dilaamr menurut islam dengan mengatakan jika ia tidak mau hanya sekedar ta’aruf. Komitmen waktu yang dibuatnya memang mengarahkan sobat untuk segera melamarnya.

10. Menyampaikan Melalui Orang Tua Pria

Biasanya seorang wanita yang melakukan cara wanita minta dilamar menurut islam dan menjadi jelas status hubungannya, akan mendekati orang tua si pria. Misalnya sering memberi makanan, mengirim salam lewat sms, mengucapkan selamat ulang tahun, bersilaturahmi dengan orang tua di saat si pria tidak ada di rumah, menyampaikan perilhal keseriusannya kepada keluarga.

11. Sering Bercerita Kebahagiaan Setelah Pernikahan

Cara wanita minta dilamar menurut islam dilakukan dengan bercerita kehidupan pernikahan untuk menceritakan potret keluarga bahagia dan betapa menariknya itu semua. Hal itu dimaksudkan untuk memancing bahwa wanita memiliki keinginan untuk segera dilamar dan dinikahi.

12. Memberikan Sindiran

Cara wanita minta dilamar menurut islam misalnya wanita berkata ingin serius, menjalin hubungan ke tingkat yang lebih jauh yakni pernikahan. Wanita mengatakan hal hal semacam ini dengan cara yang tepat, dan tidak sambil bercanda agar si pria juga serius memikirkannya.

13. Bercerita Orang Tuanya Ingin Punya Cucu

Mungkin pria harus paham ketika wanita melakukan cara wanita minta dilamar menurut islam dengan memancing dengan orang tua. Yakni kalau orang tua sudah menginginkan cucu. Sehingga untuk jalan tersebut tentunya harus dilakukan dengan jalan lamaran dan jalan pernikahan.

14. Membicarakan dan Sering Membahas tentang Memasak

Wanita yang tadinya tidak punya ketertarikan memasak tiba tiba mengejutkan pria yang ber ta’aruf dengan makanan yang dimasaknya sendiri. Cara wanita minta dilamar menurut islam lalu mengaku bahwa ia telah mengikuti kursus memasak. Ketika ditanya,

reaksinya bermacam- macam ada yang langsung mengaku bahwa mengikuti kursus memasak adalah upaya dalam mempersiapkan dirinya untuk membina rumah tangga. Namun ada pula sebagian cara wanita minta dilamar menurut islam yang memberikan jawaban ambigu sehingga menjadikan pria berfikir dan segera melamarnya.

15. Memperbaiki Diri Baik Secara Akhlak maupun Pakaian

Salah satu ciri ketika wanita melakukan cara wanita minta dilamar menurut islam ialah karena merasa dirinya telah pantas menjalani rumah tangga, ia akan memperbaiki dirinya. Mulai dari penampilan fisiknya, ia yang tadinya suka dengan penampilan yang modern mengikuti syariat islami dan merubah penampilannya menjadi lebih dewasa dan pantas sebagai seseornag wanita yang beristri.

Ia akan lebih suka mengenakan baju muslimah cantik cantik untuk menampilkan penampilan yang islami dan dewasa. Apalagi merpakan suatu kebanggaan bagi dirinya jika pasangannyadipuji karena memiliki dirinya yang cantik dan telah pantas diperistri. Wanita juga menjadi lebih rajin beribadah saat merasa dirinya telah siap melangkah ke bahtera rumah tangga. Mereka meminta petunjuk dari Allah untuk meyakinkan diri kepada pria yang mereka pilih.

Menjalani ibadah juga salah satu upaya untuk memperbaiki dirinya. Dengan ibadah wanita akan menjadi pribadi yang lebih tenang dan merasa aman karena merasa ada di dalam lindungan-Nya. Ia bahkan tak segan untuk mengajak pasangannya untuk beribadah bersama. Karena baginya, pria tersebut kelak akan menjadi imam baginya dan keluarga mereka kelak.

Demikian yang dapat disampaikan penulis, tentunya jika memang siap menikah lahir dan batin tak ada yang perlu ditunda ya sobat, semoga menjadi wawasan islami yang bermanfaat, sampai jumpa di artikel berikutnya, terima kasih.

Sumber : dalamislam.com

Alhamdulillah Allohumma Sholli ‘Ala Nabiyina Muhammad Wa Ahlihi Wa Ashhabihi Wa Ummatihi. Subhanallah wa bihamdihiadada khalqihi wa ridha nafsihi wa zinata ‘arsyihi wa midada kalimatihi. Jazakumullah sudah ikut men-share (membagikan) konten ini, insya Alloh jadi amal jariyah untuk kebaikan dunia akhirat kita. Aamiin

Report

What do you think?