15 Kiat Menjadi Pengusaha Sukses Menurut Islam _*

Menjadi pengusaha sukses adalah impian kita semua. Sukses bukanlah sesuatu yang kita gapai dengan cara yang instan, namun harus melalui cara panjang dan perjuangan yang keras. Jika kita hanya santai-santai di rumah saja tanpa melakukan apapun, maka kita tidak akan pernah bisa menjadi pengusaha sukses. Berikut adalah kiat menjadi pengusaha sukses menurut Islam :

  1. Niat

Niat akan membawa kita pada keberhasilan. Mustahil jika kita mendapatkan sesuatu tanpa ada niat untuk mendapatkannya. Niat saja memang idak cukup, namun niat adalah modal awal kita dalam meraih kesuksesan tersebut. Rasulullah SAW bersabda :

“Sesungguhya segala perbuatan adalah tergantung niatnya dan sesusungguhnya setiap orang (dibalas) berdasarkan yang diniatkan.” (HR Bukhari Muslim). Lalu sudahkah kita memilikki niat sukses? Niat positif akan membawa kesuksesan kepada kita.

  1. Mendoakan Saudara

Doakanlah saudara kita pada kebaikan yang sama tanpa sepengatahuan mereka. Jika kita mendoakannya tanpa ia ketahui, maka insha Allah kita akan mendoakan apa yang kita doakan. Saudara yang dimaksud bukan hanya saudara yang sehubungan darah, namun seluruh umat Islam di bumi ini adalah saudara kita. Cobalah untuk memikirkan saudara kita lalu kita panjatkan doa untuk kesuksesan mereka, jangan memberi tahu mereka dan biarkan doa dari para malaikat yang dikabulkan oleh Allah.

  1. Banyak Ilmu

Menuntut ilmu adalah kewaiban kita sebagai umat Islam. Akan menjadi sebuah kesalahan, jika kita menuntut ilmu tanpa diamalkan dan menjadi bohoh karena malas. Bertindak tanap menggunakan ilmu adalah seperti berjalan di kegelapan. Imam Syafi’i :

“Barangsiapa yang ingin sukses dunia raihlah dengan ilmu, barangsiapa yang ingin sukses akhirat raihlah dengan ilmu dan barangsiapa yang ingin sukses dunia akhirat, juga raihlah dengan ilmu. Apabila Anda ingin menjadi pengusaha sukses, maka pelajari ilmu-ilmu tentang leadership, manajemen keuangan, akuntansi, manajemen sumber daya manusia, manajemen produksi, manajeman pemasaran dan lainnya.”

Dengan menguasai konsep ilmu tersebut, maka tindakan dan keputusan yang akan Anda ambil adalah tepat dan sesuai sasaran. Kemudian pelajari juga ilmu yang berkaitan dengan agama yakni  Rukun IslamDasar Hukum Islam, Fungsi Iman Kepada Allah SWT, Sumber Syariat Islam, dan Rukun Iman  agar semakin menambah wawasan kia tentang keimanan.

  1. Berubahlah

Memang Allah yang menentukan, namun Allah juga menginginkan kita untuk memperbaiki kondisi dan keadaan kita yang belum baik. Allah befirman dalam QS Ar-Ra’d :11 bahwa

“Allah tidak akan mengubah suatu kaum kecuali kaumitu senidri yang mengubah keadaan mereka sendiri.” Sangat aneh memang jika kita mengeluh dengan keadaan kita sekarang, menyalahkan Allah karena tidak ada peningkatan pada hidup kita, akan tetapi kita sendiri yang tidak berubah. Berubahlah menjadi orang yang lebih baik, belajar, berlatih, berkumpul dengan orang-orang yang memiliki kemampuan dan wawasan yang mendukung kesuksesan kita.”

  1. Silaturahmi

Jaman sekarang di era kemajuan teknologi yang sangat pesat, memang seseorang yang jauh disana sudah dapat kita temui meskipun hanya dengan aplikasi chat di berbagai media sosial seperti faceboook, instagram, wa dan lainnya. Namun, silaturahmi tetaplah harus diperhatikan. Luangakanlah waktu untuk bersilaturahmi atau bertemu langsung.

“Barang siapa yang ingin panjang umur, rezekinya luas, diajuhkan dari kematian yang buruk, maka sebaiknya kamu bertakwa kepada Allah dan menyambung silaturahmi.” (HR Imam Bazar, Iman Hakim). Ada 3 kelompok yang wajib untuk Anda silaturahmi yaitu :

  • Orang-orang yang akan Anda bantu dnegan tulus ikhlas dan hanya untuk mengahrapkan ridho Allah. Membantu bukan hanya dnegan uang, namun juga dnegan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang Anda miliki
  • Orang-orang yang akan Anda ajak diskusi misalnya And abergabung dnegan asosiasiprofesi, sesama pengusaha dan sebagainya. Tujuannya adalah untuk berbagi informasi seputar usaha dan memperluas jaringan
  • Orang-orang yang memiliki banyak ilmu dan pengalaman yakni orang-orang sukses yang mau membagi ilmu seputar kesuksesannya
  1. Berdoa

Banyak orang yang sukses tapi malas berdoa, bahkan ada yang bilang berdoa itu percuma. Padahal itu dosa besar. Ikhtiar itu memang perlu, namun ikhtiar dengan bantuan doa akan membuat hasil yang lebih maksimal. Selain berdoa di waktu-waktu tertentu, kita harus memanjatkan doa kita setiap saat. Waktu-waktu mustajab biasanya pada setalah selesai adzan, selesai sholat wajib, menjelang berbuka puasa dan waktu mustajab yang lain. Jangan hanya berdoa pada saat kesulitan saja, namun berdoalan setiap saat. Mintalah pada Allah untuk dimudahkan, dilancarkan untuk mendapatkan hasil yang baik.

  1. Bertawakkal

Dari Umar bin Khatab ra, Nabi Muhammad SAW bersabda: “Jika kalian bertawakkal kepada Allah dengan sebenar-benarnya, maka Dia akan memberi rezeki sebagimana Dia memberi rezeki kepada burung yang pergi pagi hari dalanm keadaan lapar dan sore hari kembali dalam keadaan kenyang (at-Tirmidzi)”. Setelah kita ikhtiar dan berdoa, maka cara selanjutnya adalah bertawakkal kepada Allah. Sebab saat kita bertawakkal kepada Allah, langkah-langkah kita akan semakin dimudahkan oleh Allah.

  1. Sedekah

Allah berfirman “Nafkah yang dikeluarkan hartanya di jalan Allah seperti bulir benih yang menghasilkan tujuh bukir dimana setiap bulirnya memiliki seratus biji. Allah akan senantiasa melipatgandakan ganjaran. Allah Maha Luas lagi Maha Mengetahui. Sangat jelas disini bahwa Allah memberi balasan manusia yang bershadaqah di jalan Allah.”

  1. Bersyukur

Allah berfirman dalam QS Ibrahim: 7 yaitu

“Jika kamu bersyukur maka akan Aku tambah nikmatmu dan jika kamu kufur sesungguhnya siksa-Ku amat pedih.”

Jaidkan syukur sebagai bagian dari keseharian dan kebiasaa kita. Tidak melulu hanya bersyukur saat mendapatkan nikmat, namun juga bersyukur dnegan segala cobaan yang diberikan. Jangan perlit bersyukur karena nikmat Allah begitu luas. Bersyukur dan berterima kasihlah kepada Allah, maka nikmatmu akan Allah tambah.

  1. Bertaqwa

Jadilah orang-orang yang selalu bertaqwa kepada Allah, sebab dengan begitu kita akan selalu mendapat pertolongan atau rezeki dari Allah yang tidak disangka-sangka. Tingkatkan selalu ketaqwaan kita sebab dengan begitu Allah akan mudah untuk memberikan jalannya dalam meraih kesuksesan kita.

  1. Jujur

Kejujura adalah hal mutlak yang harus kita miliki sebagai seorang pengusaha. Tidak ada tawar menawar dalam hal ini. Kejujuran yang dimiliki oleh seorang pengusaha akan senantiasa menumbuhkan kepercayaan dari orang lain. Jika kita tidak jujur, maka orang lain akan enggan mempercayai kita.

  1. Visioner dan Kreatif

Sebagai seorang pengusaha, maka Anda harus memiliki pemikiran terdepan yang mampu meliaht serta menganalisis setiap perkembangan usahanya di masa depan. Sebab hal ini akan berpengaruh pada masa depan usahanya sendiri. Selain itu seorang pengusaha harus memiliki ide-ide kreatif, mampu melihat peluang dan memanfaatkan kesempatannya dengan baik.

  1. Planning dan Goal

Rasulullah adalah orang yang memiliki planning dan goal setting yang jelas. Seperti diketahui, seorang pengusaha haruslah melakukan perencanaan yang matang seperti keberhasilan yang kita impikan. Seorang pengusaha haruslah bekerja sesuia dengan rencana yang sudah dirancang sebaik mungkin. Jika ada kegagalan segera untuk menganalisanya dan cari solusinya.

  1. Menggaji Karyawan

Hadits Rasulullah yang diriwayatkan oleh Baihaqi mengatakan bahwa: “Berikanlah gaji atau upah kepada karyawan sebelum keringatnya mnejadi kering dan beritahukan ketentuan besarnya gaji atau upah sesuai dengan yang dikerjakannya. Maksudnya disini adalah seorang pengusaha yang mempunyai karyawan hendaknya dapat menggaji karyawannya sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan atau jangan diundur-undur. Gaji yang diberikan tepat waktu akan menjadi motivasi karyawna untuk meningkatkan kinerjanya.

  1. Berbisnis dengan Cinta

Menjadi pengusaha dengan cinta akan membuat kita dapat menikmati apa yang kita kerjakan. Tidak akan ada tekanan, sebab kita akan melakukannya dengan hati. Bekerja dengan cinta akan mendatangkan ketenangan dan semangat dalam diri. Sehingga apapun pekerjaannnya, hasilnya akan baik dan sesuai dengan rencana yang sudah kita konsepkan.

Demikian kiat menjadi pengusaha sukses menurut Islam. Percayalah jika kita mengikuti seluruh kiat-kiat tersbeut, maka Allah akan mendatangkan kemudahan kepada kita dan usaha kita menjadi lancar selalu. Pelajari pula Sukses Menurut IslamSukses Dunia Akhirat Menurut Islam, dengan Cara Sukses Menurut Islam. Semoga bermanfaat.

Sumber : dalamislam.com

Alhamdulillah Allohumma Sholli ‘Ala Nabiyina Muhammad Wa Ahlihi Wa Ashhabihi Wa Ummatihi. Subhanallah wa bihamdihiadada khalqihi wa ridha nafsihi wa zinata ‘arsyihi wa midada kalimatihi. Jazakumullah sudah ikut men-share (membagikan) konten ini, insya Alloh jadi amal jariyah untuk kebaikan dunia akhirat kita. Aamiin

Report

What do you think?