15 Nama-Nama Surga yang Diabadikan dalam Alquran _*

Alquran mengabadikan beberapa nama surga

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Surga memiliki sejumlah nama yang disebutkan dalam Alquran. Beberapa di antaranya yang mungkin sangat kita kenal adalah Surga Firdaus. Namun apakah hanya itu? Atau apakah ada nama-nama surga yang lain?


Dilansir dari laman Mawdoo, nama surga pertama adalah Surga itu sendiri. Hal ini sebagaimana firman Allah SWT dalam surat An-Nahl Ayat 32. Nama ini memang telah umum digunakan dan menjadi salah satu jenis kebahagiaan atau kenikmatan.


الَّذِينَ تَتَوَفَّاهُمُ الْمَلَائِكَةُ طَيِّبِينَ ۙ يَقُولُونَ سَلَامٌ عَلَيْكُمُ ادْخُلُوا الْجَنَّةَ بِمَا كُنْتُمْ تَعْمَلُونَ  “(yaitu) orang-orang yang diwafatkan dalam keadaan baik oleh para malaikat dengan mengatakan (kepada mereka): “Salaamun’alaikum, masuklah kamu ke dalam surga itu disebabkan apa yang telah kamu kerjakan.” 


1. Jannah. Nama surga ini berasal dari huruf jim dan nun, bermakna tertutup dan tersembunyi. Kata ini dalam bahasa Arab memang sudah umum digunakan untuk mengacu pada surga, yang artinya yaitu kebun yang di dalamnya terdapat banyak pepohonan dan kurma  


2. Darul Khuldi. Disebut demikian karena memiliki keabadian yang kekal di mana tidak ada kematian di dalamnya. Istilah ini muncul sebagaimana Firman Allah SWT dalam surat Qaf ayat 34: 


ادْخُلُوهَا بِسَلَامٍ ۖ ذَٰلِكَ يَوْمُ الْخُلُودِ “Masukilah surga itu dengan aman, itulah hari kekekalan.”


3. Jannatul Ma’wa. Nama ini memiliki arti sebagai tempat berlindung. Jika ada di dalam tempat tersebut maka akan terlindungi dan menjadi tempat tinggal selamanya. Allah SWT berfirman: عِنْدَهَا جَنَّةُ الْمَأْوَىٰ “Di dekatnya ada surga tempat tinggal.” (QS An-Najm: 15). 


 

(function(d, s, id) { var js, fjs = d.getElementsByTagName(s)[0]; if (d.getElementById(id)) return; js = d.createElement(s); js.id = id; js.src = "https://connect.facebook.net/en_US/all.js#xfbml=1&appId=417808724973321&version=v2.8"; fjs.parentNode.insertBefore(js, fjs); }(document, 'script', 'facebook-jssdk'));

Sumber : republika.co.id

Alhamdulillah Allohumma Sholli ‘Ala Nabiyina Muhammad Wa Ahli Wa Ashhabihi Wa Ummatihi. Subhanallah wa bihamdihi ‘adada khalqihi wa ridha nafsihi wa zinata ‘arsyihi wa midada kalimatihi. Jazakumullah sudah ikut men-share (membagikan) konten ini, insya Alloh jadi amal jariyah untuk kebaikan dunia akhirat kita. Aamiin

Cara Berkah

facebook.com/reuniakbar212dimonas