15 Pahala Qurban dalam Islam

Di Idul Adha banyak yang melakukan keutamaan ibadah Qurban ya sobat, mungkin sobat sudah melihatnya secara langsung di wilayah terdekat sobat, nah sobat, qurban itu sendiri memang salah satu amalan yang disukai oleh Allah di hari raya Idul Adha dan memiliki pahala luar biasa sehingga tka heran jika banyak umat muslim bersemangat untuk menggapai pahalanya.

Nah sobat, agar kita lebih bersemangat lagi dalam berbuat kebaikan yakni dalam melakukan keutamaan dan hikmah Qurban Idul Adha , kali ini penulis menjelaskan secara detail apa saja pahala bagi orang yang berqurban, tentunya yang ikhlas karena Allah dan tidak pamrih serta tidak diniatkan untuk pamer ya sobat, yuk simak selengkapnya sekaligus dalilnya berikut, 15 Pahala Qurban dalam Islam.

1. Derajat Naik Mulai dari Ketika Membeli Hewan Qurban

Sahabat Ali ra mengatakan : “Barangsiapa berangkat dari rumah hendak membeli hewan qurban, maka setiap langkahnya memperoleh 10 kebaikan dan dihilangkannnya 10 keburukan, serta dinaikan 10 derajat.” (Jawahir Zadah). Nah sobat, ketika sudha niat dan melakukan perjalanan untuk membeli hewan qurban dan menjauhi kesalahan dalam ibadah qurban, ketika itulah perjalanan pahala dimulai, yakni naik derajatnya.

2. Amalan yang Disukai Allah

Tidak ada suatu amalan yang paling dicintai oleh Allah dari Bani Adam ketika hari raya Idul Adha selain menyembelih hewan kurban. Sesungguhnya hewan itu akan datang pada hari kiamat (sebagai saksi) dengan tanduk, bulu, dan kukunya. Dan sesungguhnya darah hewan kurban telah terletak di suatu tempat di sisi Allah sebelum mengalir di tanah. Karena itu, bahagiakan dirimu dengannya.” (HR. Tirmidzi, Ibnu Majah, dan Hakim)

3. Dihapus Keburukannya

Aku memberi pahala kepadanya,setiap bulu dari badan hewan kurbannya 10 kebaikan,aku hapus 10 keburukan,serta kunaikan 10 derajat,baginya setiap rambut menjadi gedung di surga,seorang bidadari yang ayu dan kendaraan bersayap berkecepatan tinggi,ia kendaraan ahli surga…”(Zahratul riyadl). Nah sobat, ketika berqurban, kebaikan meningkat dan keburukan terhapus, dan hal itu dihitung dari setiap bulu hewan yang diqurbankan, tentu luar biasa sekali ya sobat pahalanya sebab menjadi amalan penghapus dosa maksiat.

4. Menyelamatkan dari Bahaya Dunia Akherat

Ingatlah bahwa kurban itu termasuk amal-amal penyelamat, yang menyelamatkan pemiliknya dari kejelekan dunia dan bahaya di akherat” (Zubdatul wa’idhin). Nah sobat, tiap orang yang melakukan kebaikan tentu dibalas dengan kebaikan ya, untuk orang yang beramal qurban karena Allah serta melakukan hal benar mengenai tata cara Qurban Idul Adha, baginya juga akan dijauhkan dari bahaya dunia akherat karena telah melakukan perintah Allah.

5. Pahala Mulai dari Membeli hingga Membagikan Dagingnya

  • Tawar menawar pada waktu membeli hewan Qurban, pembicaraannya dianggap tasbih.
  • Ketika Kambing ditidurkan untuk disembelih, semua makhluk memohon ampun untuknya hingga hari kiamat.
  • Semburan darahnya, tiap tetesnya dijadikan 10 malaikat yang terus menerus meminta ampun hingga hari kiamat.
  • Apabila sesuap daging yang telah dibagikan dan dimakan seperti memerdekakan anak cucu Nabi Ismail.

6. Mendapat Kasih Sayang Allah

Maka shalatlah untuk Rabbmu dan sembelihlah hewan.” (QS. Al Kautsar: 2). Nah sobat, ketika seseorang melakukan perintah Allah dalam rangka untuk menggapai ridhoNya, tentu juga akan mendapat kebaikan yang sama dari Allah bahkan berlipat kalinya, yakni mendapat kasih sayang dari Allah di dunia dan di akherat.

7. Menjalankan Perintah Agama

Syaikh Abdullah Alu Bassaam mengatakan, “Sebagian ulama ahli tafsir mengatakan; Yang dimaksud dengan menyembelih hewan adalah menyembelih hewan qurban setelah shalat Ied”. Jika tidak ada yang qurban setelah shalat Idul Adha tentu sebuah pemandangan yang menyedihkan ya sobat, sebab tidak ada yang menjalankan perintah agama, dengan qurban, tandanya telah menjalankan perintah agama dan memuliakan islam.

8. Dekat dengan Allah

Udh-hiyah adalah hewan ternak yang disembelih pada hari Iedul Adha dan hari Tasyriq dalam rangka mendekatkan diri kepada Allah karena datangnya hari raya tersebut (lihat Al Wajiz, 405 dan Shahih Fiqih Sunnah II/366). Jelas bahwa orang yang qurban dan meniatkan karena Allah akan dekat dengan Allah sebab telah menjalankan apa yang Allah perintahkan.

9. Amalan yang Paling Dicintai Allah

Ibunda ‘Aisyah radhiyallahu’anha menceritakan bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Tidaklah anak Adam melakukan suatu amalan pada hari Nahr (Iedul Adha) yang lebih dicintai oleh Allah melebihi mengalirkan darah (qurban), maka hendaknya kalian merasa senang karenanya.” (HR. Tirmidzi, Ibnu Majah dan Al Hakim dengan sanad sahih, lihat Taudhihul Ahkam, IV/450).

Bagi sobat yang bisa berqurban hendaknya merasa bersyukur ya sobat sebab mendapat jalan rezei dari Allah untuk bisa melakukan qurban tersebut sebab tidak semua orang mendapat rezeki seperti yang sobat miliki, nah sobat, dengan memiliki rezeki untuk qurban, sobat harus bersyukur karena bisa melakukan amalan yang dicintai Allah.

10. Memuliakan Syiar Islam

Pada hari idul Adlha lebih utama dari pada sedekah yang senilai atau harga hewan qurban atau bahkan sedekah yang lebih banyak dari pada nilai hewan qurban. Karena maksud terpenting dalam berqurban adalah mendekatkan diri kepada Allah. Disamping itu, menyembelih qurban lebih menampakkan syi’ar islam dan lebih sesuai dengan sunnah (lihat Shahih Fiqh Sunnah 2/379 & Syarhul Mumthi’ 7/521). Jelas ya sobat bahwa dengan berqurban maka telah melakukan syiar islam dan memuliakan ajarannya.

11. Mendapat Jalan Kebaikan Dunia Akherat

Barangsiapa yang berkelapangan (harta) namun tidak mau berqurban maka jangan sekali-kali mendekati tempat shalat kami.” (HR. Ibnu Majah 3123, Al Hakim 7672 dan dihasankan oleh Syaikh Al Albani). Orang yang melakukan qurban dengan niat semata karena  Allah akan mendapat kebaikan dunia akherat yakni memiliki rezeki yang lebih berkah dan kemudahan ketika di akherat nanti.

12. Didoakan Malaikat

Karena setiap pagi Allah mengutus dua malaikat, yang satu berdo’a: “Yaa Allah, berikanlah ganti bagi orang yang berinfaq.” Dan yang kedua berdo’a: “Yaa Allah, berikanlah kehancuran bagi orang yang menahan hartanya (pelit).” (HR. Al Bukhari 1374 & Muslim 1010). Tentu senang ya sobat, jika bisa mendapat doa dari malaikat dimana malaikat selalu dekat dengan Allah dan sobat memiliki kesempatan untuk berada dalam kebaikan karena doa malaikat tersebut.

13. Pahala dari Wujud Syukur

“Dan bagi setiap umat Kami berikan tuntunan berqurban agar kalian mengingat nama Allah atas rezki yang dilimpahkan kepada kalian berupa hewan-hewan ternak (bahiimatul an’aam).” (QS. Al Hajj: 34). Yang namanya qurban tentu dilakukan oleh orang yang mampu ya sobat, tentu sebuah wujud syukur jika sobat berqurban dimana rezeki yang sobat terima itu berasal dari Allah, dan dengan sobat bersyukur maka sobat mendapat rezeki yang jauh lebih berkah lagi.

14. Pahala Kebaikan untuk Keluarga dan Orang Terdekat

Pada masa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam seseorang (suami) menyembelih seekor kambing sebagai qurban bagi dirinya dan keluarganya.” (HR. Tirmidzi dan beliau menilainya shahih, lihat Minhaajul Muslim, 264 dan 266). Jika sobat berqurban untuk keluarga, tentu keluarga sobat juga mendapat kebaikannya yakni mendapat pahalanya juga jadi sobat membawa jalan kebaikan bagi sekeluarga dengan kebaikan yang sobat lakukan.

15. Tidak Memberatkan Namun Berpahala Luar Biasa

Dahulu kami penah bersafar bersama Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam lalu tibalah hari raya Iedul Adha maka kami pun berserikat sepuluh orang untuk qurban seekor onta. Sedangkan untuk seekor sapi kami berserikat sebanyak tujuh orang.” (Shahih Sunan Ibnu Majah 2536, Al Wajiz, hal. 406).

Nah sobat, sobat tentu paham bahwa qurban bisa dilakukan secara patungan jika memang kemampuan yang dimiliki sebatas tersebut, hal itu tentunya tidak memberatkan sebab bisa dilakukan sesuai kemampuan, namun qurban yang boleh patungan sesuai aturan islam hanya sapi atau kerbau dan unta ya sobat.

Dan sobat, untuk ini tentu tak bisa meremehkan, yakni jika memang punya kemampuan sendiri jauh lebih baik untuk qurban sendiri tidak dengan melakukannya bersama sama atau semua tergantung niatnya ya sobat yang penting tetap adil untuk semuanya sesuai syariat islam.

Nah sobat, setelah mengetahui apa saja pahala qurban, tentu sekarang sobat lebih bersemangat lagi untuk melakukan amal kebaikan yang paling disukai oleh Allah di hari raya Idul Adha ini ya sobat terlebih jika sobat adalah orang yang mampu tentu tak boleh menyia nyiakan amalan berbuat baik yang luar biasa dengan pahala yang amat banyak ini.

Oke sobat, sampai jumpa di artikel berikutnya, sempga artikel kali ini bermanfaat untuk sobat semua dan dapat diambil pelajaran positifnya dalam kehidupan sehari hari. Terima kasih, semoga bahagia selalu dunia akherat.

Sumber : Dalamislam.com
5 Keistimewaan Hari Idul Fitri yang Penuh Kemenangan
Alhamdulillah Allohumma Sholli ‘Ala Nabiyina Muhammad Wa Ahlihi Wa Ashhabihi Wa Ummatihi. Subhanallah wa bihamdihi ‘adada khalqihi wa ridha nafsihi wa zinata ‘arsyihi wa midada kalimatihi.


Posted

in

by