17 Cara Memperjuangkan Cinta dalam Islam – _*

Cinta memang sebuah kebutuhan dasar yang diinginkan oleh setiap manusia. setiap orang tentu memiliki rasa cinta, entah itu cinta kepada keluarga, orang terdekat, atau pada suatu hal yang menjadi impiannya. Ada berbagai macam cara untuk mengungkapkan dan memperjuangkan cinta, tindakan yang dilakukan berbeda beda sesuai karakter dan pemahaman serta kesempatan yang dimiliki orang tersebut untuk melakukannya. Tentu anda juga pernah merasakan perasaan cinta atau memperjuangkan sesuatu yang berhubungan dengan cinta bukan?

Cinta menurut pandangan islam adalah tentang naluri dan tentang nafsu, cinta sejati menurut islam ialah cinta yang timbul dalam rangka untuk dan karena Allah, karena mengharap ridhoNya, dan karena ingin menjadikannya sebagai jalan ibadah. Islam tidak melarang seeorang untuk mencintai sesuatu, justru islam adalah agama yang penuh dengan kasih sayang dan cinta.

Lalu bagaimanakah sebaiknya seorang mukmin ketika sedang mencintai sesuatu? Bagaimana cara mendapatkan atau memperjuangkannya dengan cara yang diridhoi Allah dan sesuai syariat islam? Tentu anda ingin tahu lebih lanjut bukan, bagaimana islam memandang hal tersebut? untuk memahami lebih lanjut, dalam kesempatan kali ini penulis akan menguraikan secara jelas mengenai cara memperjuangkan cinta dalam islam.

1. Perjuangkan dengan Cara yang Jujur

“Sesungguhnya kejujuran akan menunjukkan kepada kebaikan, dan kebaikan itu akan mengantarkan ke surga. Seseorang yang berbuat jujur oleh Allah akan dicatat sebagai orang yang jujur. Dan sesungguhnya bohong itu akan menunjukkan kepada kezaliman, dan kezaliman itu akan mengantarkan ke arah neraka”. (HR Bukhar muslim).

Dalam memperjuangkan cinta, wajib untuk menyampaikan segala sesuatu sesuai kenyataan yang ada, misalnya ialah mengenai kondisi diri dan niatnya, jangan sampai memperjuangkan cinta karena ingin mengejar sesuatu yang bersifat duniawi misalnya karena uang atau karena jabatan. ayat Al Qur’an tentang cinta sejati menjelaskan bahwa pada intinya cinta harus disampaikan dengan jujur tanpa adanya kebohongan.

2. Tetap Menjaga Pandangan

“Janganlah engkau iringkan satu pandangan kepada wanita yang bukan mahram dengan pandangan lain, karena pandangan yang pertama itu halal bagimu, tetapi tidak yang kedua!“. (HR Abu Daud). Mencintai seseorang yang belum menjadi muhrimnya tentu tak boleh berlebihan, misalnya dalam memandangnya, walaupun memiliki perasaan lebih dan tidak mendekat secara langsung, melihat yang bukan muhrim juga termasuk zina mata yang harus dihindari. Lebih baik berjuang dengan sabar hingga mendapatkan hubungan yang halal. tips jatuh cinta dalam islam memang menganjurkan untuk tetap menjaga diri dan kehormatan.

3. Niatkan Karena Allah

“Dan siapakah yang lebih sesat daripada orang yang mengikuti hawa nafsu mereka belaka dengan tidak mendapat petunjuk dari Allah sedikitpun”. (QS Qasas : 50). Jangan mencintai karena hawa nafsu seperti karena fisik atau harta, sebab nantinya akan dihinakan Allah oleh hal tersebut. nantinya akan tampak kenyataan yang sesungguhnya dan menimbulkan penyesalan karena sejak awal tidak dimulai dengan niat mencintai karena Allah. keutamaan cinta dalam islam ialah sebagai jalan untuk beribadah kepadaNya.

4. Melamar dan Menikahi

“Dan nikahilah orang yang masih membujang diantara kamu dan juga orang orang yang layak menikah dari hamba hamba sahaya mu yang laki laki dan perempuan. Allah akan memberikan kemampuan pada mereka dengan karunia Nya dan Allah maha luas pemberian Nya”. (QS An Nur : 32). Jalan terbaik untuk memperjuangkan cinta ialah menghubungi wali dan menyampaikan perasaan secara baik baik, dan segera melamar serta menikahi orang dicinta tersebut. tidak masalah yang melamar laki laki atau perempuan sebab hukum wanita melamar lelaki dalam islam juga diperbolehkan. Hal itu jauh lebih baik daripada zina.

5. Mendekat Pada Allah

“Jika ia mendekat pada Ku sejengkal, Aku mendekat padanya sehasta, Jika ia mendekat pada Ku sehasta, Aku mendekat padanya sedepa. Dan jika ia datang kepada Ku dengan berjalan, maka Aku mendatanginya dengan cepat”. (HR Bukhari). Jangan lupa libatkan Allah dalam setiap urusan termasuk urusan yang berhubungan dengan memperjuangkan cinta. Tetap mendekat dan memperbanyak amal kebaikan kepada Allah serta memohon petunjuk yang terbaik darinya.

6. Tidak Berlebihan

“Cintailah seseorang sedang sedang saja, siapa tahu di suatu hari nanti dia akan menjadi musuhmu, dan bencilah orang yang engkau benci secara biasa saja, siapa tahu pada suatu hari nanti dia akan menjadi kecintaanmu”. (HR Tirmidzi). Dari hadist tersebut jelas bahwa dalam emncintai seseorang atau sesuatu tidaklah diperbolehkan mencintai secara berlebihan karena suatu hari bisa saja terjadi sesuatu yang membalikkan perasaan seseorang tersebut.

7. Jauhi Zina

“Barang siapa beriman kepada Allah dan hari akhir, maka janganlah berkhalwat (berduaan) dengan seorang wanita tanpa dsertai mahram nya karena sesungguhnya yang ketiga adalah syetan”. (HR Ahmad). Dalam memperjuangkan cinta, yang terutama harus dihindari ialah zina, yakni zina dalam bentuk apapun baik zina hati, zina mata, zina pikiran, maupun zina perbuatan sebab semuanya ialah perbuatan yang tergolong dosa

Dalam hal ini misalnya ialah memperjuangkan cinta dengan menyatakannya tetapi tidak segera menghalalkan hubungan, kedua orang yang saling mencintai tersebut menjalin hubungan yang tidak diperbolehkan syariat agama seperti berpacaran, tentunya hal ini tak boleh dilakukan dan bukanlah perbuatan baik yang dicontohkan Rasulullah.

8. Jauhi Berandai Andai

“Setiap bani adam mempunyai bagian dari zina, … zina hati dengan berngan angan dan kemaluan lah yang membenarkan atau menggagalkannya”. (HR Bukhari). Tidak diperbolehkan berandai andai tentang sesorang apalagi yang belum muhrimnya, sebab termasuk perbuatan yang menjurus pada zina hati.

9. Berdoa

Berdoalah kepada ku pastilah aku kabulkan untukmu”. (QS Al Mukmin : 16). Jangan lupa berdoa setiap selesai menjalankan shalat wajib dan sampaikan perasaan yang disimpan kepada Allah, sehingga nantinya ketika berjuang segala bentuk usaha yang dilakukan akan mendapatkan ridhoNya dan segala urusan menjadi lebih berkah.

10. Shalat istikharah

“Ya Tuhanku, janganlah Engkau membiarkan aku seorang diri, Engkaulah ahli waris yang paling baik”. (Al Anbiya : 89). Shalat istikarah juga dianjurkan untuk mendapatkan kemantapan hati, dengan menjalankan shalat istikharah, Allah akan memberi petunjuk terbaik apa yang seharusnya dilakukan sehingga terhindar dari jalan sesat atau langkah yang salah.

11. Menghubungi Keluarga Terdekatnya

Untuk bisa menjalin hubungan dengan seseorang, tentu bukan hanya hubungan dengan orang tersebut, semuanya berhubungan langsung dengan keluarga atau orang terdekatnya yang turut membantunya mempertimbangkan segala urusan. Jauh lebih baik jika berusaha mengenal orang terdekatnya terlebih dahulu seperti orang tua dan keluarganya.

12. Mencari Rezeki yang Halal

Berjuang tentu membutuhkan modal baik lahir maupun batin, secara batin dapat dilakukan dengan rajin beribadah dan rajin berdoa, sedangkan pada aspek lainnya yaitu tentang tanggung jawab terlebih sebagai seorang laki laki yang sudah selayaknya bertanggung jawab pada keluarga, selama waktu penantian wajib diisi dengan kegiatan yang bermanfaat seperti mencari rejeki yang halal.

13. Memperbaiki Diri

Selalu memperbaiki diri dari segi akhlak danhati sehingga nantinya akan mendapat jodoh yang terbaik dan mendapat hasil dari apa yang diperjuangkan tersebut yang terbaik pula, sebagai manusia tak boleh merasa baik, harus selalu merasa rendah diri di hadapan Allah. Memperbaiki diri akan menjadikan seseoraang menjadi lebih baik bagi orang yang sedang diperjuangkan.

14. Diam

Jika merasa belum siap untuk menyampaikan cinta tersebut, maka jalan yang terbaik adalah diam. Diam mencegah dari fitnah dan mecegah dari hawa nafsu. Diam adalah jalan terbaik sambil menunggu dan memperbaiki diri menerima petunjuk yang terbaik dari Allah sehingga hati akan terasa tenang dan jauh dari gelisah karena menyadari semua yang ada di dunia ini haknya Allah. seperti kisah cinta Ali bin Abi Thalib dan Fatimah yang awalnya sellau diperjuangkan dalam diam hingga Allah menunjukkan jalan pada mereka untuk bersatu.

15. Menyibukkan dengan Hal yang Bermanfaat

Selama memperjuangkan cinta, wajib mengisi waktu dengan segala hal yang bermanfaat agar nantinya bisa menjadi orang yang terbaik untuk seseorang yang dicintai. Alangkah lebih baik jika seseorang yang diperjuangkan nantinya bisa hidup bersama dalam kelancaran dan keberkahan, bukan menyusahkan atau membebani.

16. Memperbanyak Silaturahmi

Perbanyak silaturahmi dengan keluarga dan teman teman, silaturahmi dapat memperluas rejeki dan melapangkan jodoh, hal ini akan berpengaruh pula pada perjuangan cinta yang sedang dilakukan, tentunya akan mendapat banyak doa karena hubungan kebaikan yang dijalin dengan banyak orang. Tak perlu menutup diri dengan alasan kesetiaan, silaturahmi tidak bermaksud untuk melakukan perbuatan tercela tetapi untuk mencari ridho Allah.

17. Tegas

Dalam menyampaiakan atau memperjuangkan cinta tentu dibutuhkan ketegasan, yakni tegas dalam menyampaikan niat baik dan mengajak menuju jenjang yang lebih serius, tegas yang dimaksud ialah tegas dalam hal menjalankan perjuangan itu sendiri sesuai syariat islam, yakni dengan cara melamar secara langsung dan membuktikan keseriusan dengan menikah.

Jadi sekarang anda sudah memahami bagaimana cara mmeperjuangkan cinta sesuai syariat islam bukan? lakukan hal tersebut secara nyata agar cinta tersampaiakan dengan baik dan ke depannya berjalan sesuai dengan jalur yang ditentukan Allah. Terima kasih sudah membaca, semoga menjadi wawasan islami yang bermanfaat untuk anda, salam hangat dari penulis.

Sumber : dalamislam.com
Alhamdulillah Allohumma Sholli ‘Ala Nabiyina Muhammad Wa Ahlihi Wa Ashhabihi Wa Ummatihi. Subhanallah wa bihamdihi ‘adada khalqihi wa ridha nafsihi wa zinata ‘arsyihi wa midada kalimatihi. Jazakumullah sudah ikut men-share (membagikan) konten ini, insya Alloh jadi amal jariyah untuk kebaikan dunia akhirat kita. Aamiin