17 Keutamaan Puasa Daud Bagi Wanita yang Istimewa _* PA6

Ibadah puasa adalah salah satu dari ajaran islam. Bukan hanya berdampak bagi kesehatan, tapi puasa juga bisa dilihat dari banyak aspek lainya seperti spiritualitas, sosial, dan kebutuhan diri sendiri. Untuk itu, puasa sangat dianjurkan untuk dilakukan oleh muslim, khusunya wanita.

Wanita memiliki karakteristik yang khas dan secara fitrah memiliki dominasi perasaan yang lebih dibanding dengan laki-laki. Konsumtif, peka terhadap orang lain, cenderung perasa, lembut, adalah karakter khas wanita yang tidak dominan ada pada laki-laki. Untuk itu, puasa adalah melatih wanita untuk menahan diri dan bersabar. Walaupun puasa bukan hanya ditunjukkan untuk wanita, akan tetapi wanita dapat memahami bahwa puasa dapat melatih dirinya dan menjadikan dirinya sebagai muslimah yang baik.

Ada banyak jenis puasa yang bisa dilakukan oleh muslim dan muslimah. Diantaranya seperti

Untuk itu, berikut adalah keutamaan keutamaan puasa daud bagi wanita yang bisa didapatkan jika melaksanakannya. Keutamaan ini dilihat dari berbagai aspek diantaranya adalah aspek spiritual, kesehatan, sosial, dan aspek pribadi lainnya.

A. Dari Aspek Spiritual

Aspek spiritual dilihat dari bagaimana keutamaan puasa daud dapat meningkatkan keimanan, ketaqwaan, dan kedekatan diri kita kepada Allah SWT. Dalam setiap ibadah pastinya ada keutamaan terhadap aspek spiritual, mengingat bahwa setiap ibadah adalah perintah dari Allah SWT. Untuk itu, berikut adalah keutamaan dari pasa daud jika dilihat dari aspek spiritual.

  1. Mendekatkan Diri Kepada Allah

Dengan berpuasa kita akan banyak mendekatkan diri kepada Allah. Puasa daud yang dilaksanakan selang-seling satu hari tentunya mendorong ummat islam yang menjalankannya termotivasi untuk melaksanakan ibadah lainnya dengan benar kepada Allah SWT. Puasa memang bukan hanya menahan lapar, tetapi mendorong manusia lainnya untuk banyak ibadha dan mendekatkan diri kepada Allah SWT.

  1. Merasakan Nikmat dan Rahmat Allah Mengenai Hidup

Dengan berpuasa kita dapat merasakan nikmat dan rakhmat Allah mengenai hidup, karena berpuasa membuat kita mengenal rasa lapar dan mengenal nikmatnya berbuka. Kita bisa membayangkan bahwa jika manusia diberikan perintah untuk makan sepanjang hari, tentunya manusia akan kesulitan dan tersiksa. Dan Allah tidak memerintahkan hal tersebut kepada manusia.Termasuk dengan puasa daud kita bisa merasakan nikmatnya puasa, nikmatnya berbuka dan terus terpola dengan gaya hidup yang sehat.

  1. Mendapatkan Pahala dari Allah SWT

“Dan kebaikan apa saja yang kamu perbuat untuk dirimu niscaya kamu memperoleh (balasan) nya di sisi Allah sebagai balasan yang paling baik dan yang paling besar pahalanya.” (QS Al Muzammil : 20)

Ayat diatas menunjukkan bahwa dengan melakukan kebaikan apapun sejatinya Allah akan memberikan nikmat yang banyak kepada kita baik di dunia ataupun pahala untuk balasan di akhirat. Tentu saja puasa daud adalah salah satu ibadah atau kebaikan yang bisa kita lakukan, dan akan bernilai pahala jika Allah SWT ridho.

  1. Menjadikan Diri Mengingat Kebesaran Allah SWT

Dengan berpuasa daud, kita juga bisa terus mengingat kebesaran Allah, karena dengan berpuasa kita akan banyak berdzikir dan beribadah. Asalkan, puasa yang dijalankan adalah puasa yang sebenar-benarnya puasa dan benar-benar berniat untuk beribadah. Untuk itu, menjalankan puasa akan semakin membuat kita mengerti kebesaran-Nya lewat perintah puasa yang diturunkan.

  1. Mencontoh Sunnah Rasulullah SAW

“Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (balasan kebaikan pada) hari kiamat dan dia banyak menyebut Allah” (QS Al Ahzab : 21)

Melaksanakan puasa daud juga menunjukkan bahwa kita adalah umat Rasulullah SAW dan bisa menjalankannya membuktikan bahwa kita adalah ummatnya. Dengan begitu kita telah mendapatkan pahala dari Sunnah yang Rasulullah teladankan kepada ummatnya.

B. Dari Aspek Kesehatan

Puasa Daud ternyata tidak hanya memberikan efek hanya kepada aspek spiritual saja. Puasa juga memberikan efek terhadap aspek kesehatan. Tubuh kita sejatinya jika dilakukan puasa, maka akan memberikan efek yang luar biasa. Hal ini sekali lagi membutktikan bahwa ajaran islam tidak hanya berdampak pada satu aspek melainkan aspek lainnya.

Puasa Daud dari ajaran Islam yang rahmatan lil alamin tentunya bisa kita lakukan. Walaupun belum bisa rutin atau setiap hari melaksanakannya, tentu puasa daud bisa kita mulai sedikit-sedikit dan mencoba sekali-sekali. Tidak ada yang salah jika memang masih proses belajar. Tentu semuanya memiliki proses.

Untuk itu, berikut adalah keutamaan dari puasa daud, jika dilihat dari aspek kesehatan:

  • Melakukan Detoksifikasi Tubuh karena dengan berpuasa kita bisa mengkontrol makanan yang masuk dan racun-racun dalam tubuh akan keluar karena tubuh berhenti bekerja mengolah makanan.
  • Menjaga Stamina Tubuh, karena puasa membakar energi dan berbagai cadangan makanan kita. Dengan begitu tubuh akan semakin fit dan stamina terjaga karena metabolisme tubuh semakin membaik.
  • Menjaga Diri dari Makan-Makanan yang Haram akan dilakukan ketika berpuasa. Akan menjadi sia-sia melakukan puasa jika kita tetap makan-makanan yang haram. Sedangkan makan makanan yang haram akan membuat pahala hilang dari ibadah yang kita jalankan.
  • Membuat Pola Makan dan konsumsi sehat akan terjadi karena kita benar-benar mengkonsumsi makanan yang tidak terlalu banyak dan sehat. Tapi dengan berpuasa maka kita akan memilih makanan yang baik.
  • Membatasi Diri Untuk Banyak Konsumsi juga menjadi sebuah keutamaan dari puasa daud. Hal ini karena kita akan membatasi konsumsi, tidak banyak makan, ngemil, atau sekedar memenuhi hasrat makanan saja.

Untuk itulah puasa daud bisa kita lakukan jika hendak memiliki hidup sehat sekaligus mendapatkan pahala atas ibadah yang kita lakukan. Selain itu kita juga bisa mempelajari hal-hal berikut agar mendapatkan kesehatan dalam hidup kita, sesuai dengan islam.

C. Dari Aspek Sosial

Dari aspek sosial, puasa juga memiliki keutamaan. Keutamaan tersebut tentu dapat kita peroleh jika kita benar-benar ikhlas beribadah kepada Allah SWT dan melaksanakan puasa sesuai dengan yang di syariatkan.

  1. Empati Pada yang Kelaparan atau Tidak Mampu

Dengan beribadah puasa, khususnya puasa daud kita bisa berempati kepada mereka yang sering kelaparan dan tidak mampu untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Untuk itu, rasa empati ini bisa kita dapatkan ketika 1 hari kita puasa dan besoknya tidak puasa. Begitupun selanjutnya, kita akan merasakan betul bagaimana seseorang bisa hidup dan makan dalam kesehariannya.

Dari sini kita akan paham bahwa kita bersyukur dapat makan dan minum dengan cukup, tidak seperti orang-orang yang dalam kesulitan.

  1. Menghindarkan Diri dari Sikap Berlebih-Lebihan dalam Konsumsi

Dengan puasa daud, kita juga bisa menghindarkan diri dari sikap berlebih-lebihan dalam konsumsi. Orang yang berpuasa akan menahan dirinya dari sikap konsumtif sehingga uang yang dimiliki tidak hambur dan lebih banyak diorientasikan kepada amal shaleh dan sesuatu yang lebih bermanfaat.

  1. Bersikap Zuhud

Zuhud artinya hidup sederhana dan tidak berlebih-lebihan. Untuk itu, puasa juga bisa mengajarkan kita untuk hidup zuhud, sederhana, tidak berlebihan apalagi banyak menghambur-hamburkan uang untuk sesuatu yang tidak berfaedah.

D. Dari Aspek Pribadi Lainnya

Sungguh, ajaran islam sangat bermanfaat dan memberikan dampak yang besar bagi diri kita sendiri dan ummat islam lainnya. Tidak hanya aspek spiritual, kesehatan, dan sosial tapi puasa daud juga memiliki dampak lainnya. Dari aspek lainnya, puasa daud juga memiliki keutamaan. Keutamaan tersebut diantaranya adalah:

  • Mengatur Keuangan, dengan berpuasa kita bisa lebih menghemat pengeluaran dan tidak menghambur-hamburkan keuangan.
  • Membentuk Sikap Sabar, karena dengan puasa kita harus bersabar untuk tidak emosional, tidak mudah mengeluh, dan sabar dalam menahan haus dan dahaga
  • Menjauhi Sikap Sombong, karena dengan berpuasa daud kita bisa memahami bahwa sejatinya kita hanyalah hamba Allah yang bergantung kepadaNya, dan tidak ada lagi istilah kita menyombongkan diri. Karena tidak ada yang bisa dibanggakan kecuali kelak kita di Akhirat, selamat dari siksaan api neraka.
  • Menjaga Perkataan karena dengan berpuasa justru harus banyak berdzikir, berkata yang baik, bermanfaat. Akan sia-sia puasa daud yang dijalani jika pertkataan adalah perkataan yang buruk.

Untuk itu, berpuasa daudlah, karena banyak keutamaan dan manfaat bagi  Tujuan Penciptaan Manusia, Proses Penciptaan Manusia , Hakikat Penciptaan Manusia Konsep Manusia dalam Islam, dan Hakikat Manusia Menurut Islam sesuai dengan fungsi agama Dunia Menurut IslamSukses Menurut IslamSukses Dunia Akhirat Menurut Islam, dengan Cara Sukses Menurut Islam .

Sebagaimana Allah sampaikan, “Katakanlah: ‘Hai hamba-hamba-Ku yang beriman, bertakwalah kepada Tuhan­mu.’ Orang-orang yang berbuat baik di dunia ini memperoleh kebaikan. Dan bumi Allah itu luas. Sesungguhnya hanya orang-orang yang bersabar yang dicukupkan pahala mereka tanpa batas.” (QS Az Zumar : 10)

Demikian penjelasan tentang keutamaan puasa daud bagi wanita yang mengamalkannya agar menghasilkan pahala. Semoga bermanfaat bagi kita semua, Aamiin ya Rabbal A’lamin.

Sumber : dalamislam.com

Alhamdulillah Allohumma Sholli ‘Ala Nabiyina Muhammad Wa Ahlihi Wa Ashhabihi Wa Ummatihi. Subhanallah wa bihamdihi ‘adada khalqihi wa ridha nafsihi wa zinata ‘arsyihi wa midada kalimatihi. Jazakumullah sudah ikut men-share (membagikan) konten ini, insya Alloh jadi amal jariyah untuk kebaikan dunia akhirat kita. Aamiin

Report

What do you think?

dalamislam

Written by dalamislam