17 Keutamaan Waktu Subuh Dalam Islam dan Dalilnya _* FE6

Subuh menurut kamus besar bahasa indonesia (KBBI) adalah waktu antara terbit fajar sd menjelang terbit matahari. Subuh adalah waktu yang amat istimewa, waktu dimana terjadi pergantian dari malam ke pagi, dari gelap menuju terang.

Subuh sering diungkapkan secara khusus dalam beberapa ayat Al Qur’an, diantaranya ialah :

“Dan demi subuh apabila fajarnya mulai menyingsing”. (QS At Takwir : 18)

“Katakanlah:ku berlindung kepada Tuhan Yang Menguasi subuh”. (QS Al Falaq :1)

Jika anda sering bangun pagi dan mendengarkan adzan subuh tentu anda akan mendengar kalimat “Ashsalatu khairum minan naum” yang artinya “shalat lebih baik daripada tidur” dimana kalimat tersebut tidak terdapat pada adzan di waktu shalat lain, dalam kalimat tersebut Allah memberikan isyarat Kasih sayang pada hamba-Nya dimana pada waktu tersebut diperintahkan untuk menjalankan shalat subuh.

Waktu subuh sendiri memiliki banyak keistimewaan dalam islam yaitu sebagai berikut :

1. Disaksikan Oleh Para Malaikat

Subuh begitu istimewa bagi hingga Allah SWT menurunkan perintah shalat subuh sebagaimana firman Nya dalam QS Al Isra : 78

“dirikanlah shalat sesudah matahari tergelincir sampai gelap malam, dan dirikanlah pula shalat subuh, sesungguhnya shalat subuh itu disaksikan malaikat”.

Orang yang menjalanan shalat subuh akan mendapat perhatian Allah pada hari kiamat karena berkumpulnya para malaikat malam dan siang di waktu tersebut dimana para malaikat melaporkan langsung kepada Allah SWT apa saja yang dikerjakan hamba-Nya di waktu subuh dan mendoakan kebaikan bagi mukmin yang menjalankan shalat subuh.

2. Salah Satu Penyebab Masuk Surga

Terkadang kaum mukmin lalai dalam menjalankan shalat subuh, lebih memilih untuk melanjutkan tidur nya daripada bangun untuk melaksanakan shalat. Orang yang menjalankan shalat subuh tepat waktu bagi nya akan menjadi jalan masuk surga.

“barang siapa yang mengerjakan shalat bardain (subuh dan ashar) maka dia akan masuk surga”.(HR Bukhari no 574 dan Muslim no 635)

3. Salah Satu Penghalang Masuk Neraka

Shalat subuh yang memiliki jumlah rakaat paling sedikit dibanding shalat wajib lainnya, terkadang menjadi shalat terberat bagi sebagian umat muslim. Bagi yang menjalankan shalat subuh bagi nya dapat menjadi penghalang masuk neraka seperti disampaikan dalam hadist berikut :

“sekali kali tidak akan masuk neraka orang yang mengerjakan shalat sebelum matahari terbit di ufuk timur”. (HR Muslim – Abu Daud)

4. Berada Dalam Jaminan Allah

“Barang siapa shalat subuh maka dia berada dalam jaminan Allah”. (HR Muslim no 163).

Orang yang menjalankan shalat subuh mendapat jaminan keselamatan dari Allah, Allah akan memberikan perlindungan sepanjang hari tersebut, membuat hari menjadi lebih bersemangt dan terhindar dari rasa malas.

5. Pahala Seperti Shalat Semalaman

Bagi yang menjalankan shalat subuh berjamaah, Allah memberikan keistimewan berupa pahala seolah olah orang tersebut menjalankan shalat sepanjang malam.

“Dan barang siapa yang shalat subuh berjamaah makan seolah olah dia shalat seluruh malamnya”. (HR Muslim no 656)

6. Bercahaya di Hari Kiamat

Bekas wudhlu dan langkah kaki orang yang menjalankan shalat subuh berjamaah akan menjadi cahaya di hari kiamat menurut islam kelak yang akan membedakan dengan umat lainnya dan menjadi jalan mendapat syafaat Nabi Muhammad SAW seperti sabda Rasulullah berikut :

“Berikanlah kabar gembira kepada orang yang  banyak berjalan dalam kegelapan (isya’ dan subuh) menuju masjid, dengan cahaya yang sangat terang pada hari kiamat kelak”. (HR Ibnu Majah – Tirmidzi)

7. Lebih Baik Dari Dunia dan Isinya

Shalat subuh dianggap sebagai amalan yang kebaikannya melebihi dunia beserta isinya “Dua rakaat shalat subuh itu lebih baik dari dunia beserta isinya”. (HR Muslim – Ahmad)

8. Melepaskan Tiga Ikatan Syetan

Syetn senantiasa menjerumuskan manusia untuk menjauhi perintah Allah, shalat subuh dapat melepaskan diri dari tipu daya syetan “syetan membuat tiga ikatan di tengkuk salah seorang dari kalian ketika tidur. Di setiap ikatan syetan akan mengatakan : malam masih panjang, tidurlah! Jika dia bagun dan berdzikir pada Allah, lepaslah satu ikatan. Jika dia berwudhu, lepas lagi satu ikatan. Jika dia kemudian mengerjakan shalat, lepaslah ikatan yang terakhir”

9. Terhindar Dari Kencing Syetan

Syetan senantiasa punya cara untuk menyesatkan manusia, mereka tidak pernah lelah menggoda manusia dari segala penjuru, mereka melakukan tindakan agar manusia menghindari perbuatan perbuatan yang baik. Dalam sebuah hadist riwayat Al Bukhari dan Muslim Ibnu Masud Radhiyallahu anhu bahwa salah satu tindakan syetan yang menyesatkan ialah mengencingi manusia, orang orang yang bangun kesiangan hingga lalai dalam menjalankan shalat subuh.

Disebutkan kepada Nabi Muhammad SAW ada seorang laki laki yang tidur semalaman hingga waktu pagi dan kehilangan waktu subuh, maka Rasulullah bersabda “Laki laki itu telah dikencingi setan pada telinganya”. Agar terhindar dari hal tersebut manusia sudah selayaknya bangun di awal waktu subuh dan menjalankan shalat subuh tepat waktu.

10. Waktu Terkabulnya Doa

Pada waktu subuh malaikat siang dan malam berkumpul, barang siapa yang menjalankan shalat subuh dan memohon doa, akan didoakan oleh seluruh malaikat dan disampaikan langsung kepada Allah. manfaat doa dalam islam pada kondisi seperti ini memang mustajab.

“Pada waktu itu adalah tersebarnya rahmat, banyak permintaan yang diberi dan dikabulkan, dan juga nikmat semakin sempurna kala itu”. (Syarh Shahih Muslim 6:36)

11. Waktu Pembagian Rejeki

Pada waktu subuh, malaikat membagi rejeki kepada semua umat manusia, dianjurkan untuk berdoa atau membaca Al Qur’an setelah shalat subuh, barang siapa yang shalat subuh dan memohon rejeki maka Allah akan memberikan keberkahan yang lebih padanya seperti hadist Rasulullah berikut

“seusai shalat subuh janganlah kamu tidur sehingga melalaikan kamu untuk mencari rejeki”. (HR Thabrani) 

doa pembuka rezeki dari segala penjuru memang sangat tepat jika anda panjatkan di waktu datangnya shalat subuh. Karena waktu tersebut merupakan awal dari aktivitas.

12. Waktu yang Baik Untuk Berdzikir

Dzikir adalah tanda seorang mukmin mengingat dan memuji Allah, orang yang mengetahui keutamaan berdzikir di waktu subuh akan mendapat ketenangan hati dan merupakan waktu yang dianjurkan oleh Allah “Maka bertasbihlah kepada Allah di waktu kamu berada di petang hari dan waktu berada di waktu subuh”. (QS Ar Ruum : 17) 

13. Mendapat Keselamatan

Rasulullah pernah bersabda “sesungguhnya Allah jika menurunka bala dari langit kepada penduduk bumi, maka Allah akan menghindarkannya dari pemakmur masjid”. (HR Askari). Arti dari hadist tersebut ialah, orang yang menjalankan shalat subuh berjamaah akan terhindar dari mara bahaya, contoh yang pernah terjadi ialah ketika terjadi tsunami beberapa tahun silam di Aceh, jamaah yang sedang shalat subuh di masjid itu terhindar, padahal jika kita logika pada saat itu daerah sekitar seutuhnya tersapu oleh tsunami.

14. Diampuni Dosa Dosa

Allah menjanjikan pengampunan bagi orang orang yang senantiasa menjalankan shalat subuh dan memohon ampunan atas dosa dosa pada waktu tersebut. Setelah shalat subuh dianjurkan untuk membaca kalimat “subhanallah wa bihamdihi subhanallahil adzim” sebanyak 100 x yang artinya :

“Maha suci Allah dengan segala puji bagi-Nya, Maha suci Allah yang Maha Agung”. Rasulullah bersabda “barang siapa mengucapkan subhanallah wa bihamdihi subhanallahil adzim seratus kali dalam sehari, ia akan diampuni segala dosa dosa nya sekalipun dosa nya itu sebanyak buih di laut”. (HR Muslim dan Tirmidzi)

15. Terhindar Dari Munafik

“batas antara kita dengan orang orang munafik adalah yang menghadiri shalat isya’ dan shalat subuh. Hal itu dikarenakan orang munafik tidak akan sanggup untuk menghadiri kedua shalat tersebut”. (HR Imam Malik)

Hadist tersebut menjelaskan bagi yang menjalankan shalat subuh dapat terhindar dari ciri orang munafik.

16. Dapat Melihat Allah

Manusia dapat melihat Allah saat berada di surga nanti, Allah Dzat Yang Maha Agung akan menampakkan diri-Nya di hadapan hamba hamba Nya yang dikehendaki termasuk di hadapan hamba hamba-Nya yang selalu menjaga shalat subuhnya. Hal ini berdasarkan hadist Rasulullah

“kami sedang duduk bersama Rasulullah SAW, ketika melihat bulan purnama. Beliau berkata : sungguh, kalian akan melihat Rabb kalian sebagaimana kalian melihat bulan yang tidak terhalang dalam melihatnya. Apabila kalian mampu, janganlah kalian menyerah dalam melakukan shalat sebelum terbit matahari dan shalat sebelum terbenam matahari, maka lakukanlah”. (HR Al Bukhari dan Muslim)

17. Mendapat Pahala Seperti Pahala Haji dan Umrah

Orang yang menjalankan shalat subuh berjamaah dlanjutkan dengan berdzikir hingga matahari terbit dan ditutup shalat 2 rakaat (shalat Isyraq) akan mendapatkan pahala senilai dengan pahala haji dan umrah, hal ini berdasarkan pada hadist berikut :

“siapa yang shalat subuh dengan berjamaah, lalu duduk berdzikir kepada Allah sehingga matahari terbit, kemudian shalat dua rakaat, maka ia mendapatkan pahala haji dan umrah sempurna”. (HR Al Tirmidzi oleh Al Albani dalam Al Misykah no 971)

Biasakan bangun pagi dan menjalankan shalat subuh tepat waktu, selain menjalankan kewajiban sebagai umat muslim, shalat subuh juga memberi hikmah berupa melatih kedisiplinan diri dan mencegah rasa malas. Sampai disini dulu ya sobat ulasan artikel kali ini. Sekian dan terima kasih.

Sumber : dalamislam.com
Alhamdulillah Allohumma Sholli ‘Ala Nabiyina Muhammad Wa Ahlihi Wa Ashhabihi Wa Ummatihi.
Alhamdulillah Allohumma Sholli ‘Ala Nabiyina Muhammad Wa Ahlihi Wa Ashhabihi Wa Ummatihi. Subhanallah wa bihamdihi ‘adada khalqihi wa ridha nafsihi wa zinata ‘arsyihi wa midada kalimatihi. Jazakumullah sudah ikut men-share (membagikan) konten ini, insya Alloh jadi amal jariyah untuk kebaikan dunia akhirat kita. Aamiin

Report

What do you think?

dalamislam

Written by dalamislam