2 Cara Menghitamkan Kembali Sepatu Pudar _*

Jakarta, CNN Indonesia —

Sepatu yang dipakai rutin lama-kelamaan akan semakin pudar warnanya. Pudarnya warna sepatu akan terlihat kontras pada sepatu berwarna solid seperti hitam.

Cara menghitamkan sepatu pudar bisa dilakukan sendiri di rumah. Cukup siapkan peralatan Anda yang sudah disesuaikan dengan jenis material sepatu.

Warna hitam merupakan warna netral yang mudah dipadupadankan dalam berbusana. Warna hitam bagi sebagian besar orang memberikan rasa nyaman dan mampu meningkatkan rasa percaya diri.

Salah satu kekurangan dari sepatu hitam adalah jika warna memudar maka sepatu akan terlihat seperti barang lusuh, khususnya jika sepatu terbuat dari material kanvas.

Pemudaran warna sepatu hitam bisa disebabkan karena banyak hal dan untuk mengembalikan warna hitam seperti baru tentu Anda harus menghitamkannya kembali.

Akan tetapi penghitaman sepatu tidak dapat dilakukan sembarangan. Anda juga perlu memperhatikan jenis bahan sepatu tersebut. Berikut cara menghitamkan sepatu yang memudar.


Shanghai, China - August 5, 2016: New Vans Shoes Box. Vans (Cara menghitamkan kembali warna sepatu yang memudar untuk sepatu berbahan kanvas, primeknit, dan kulit (Ilustrasi Foto: Istockphoto/ Anilbolukbas)

1. Menghitamkan sepatu dengan pengecatan ulang

Penghitaman kembali sepatu dengan cara repaint dapat dilakukan pada sepatu berbahan kanvas dan primeknit.

Untuk melakukannya, Anda membutuhkan beberapa peralatan khusus. Peralatan ini bisa Anda temukan pada e-commerce populer atau pun online shop seperti Instagram.

Sebelum membeli perhatikan, teliti, dan pastikan apakah cat hitam khusus sepatu tersebut tidak luntur saat dicuci dan tidak kaku setelah pengecatan selesai dilakukan. Sebelum pengecatan ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan:

  • Sepatu dalam keadaan bersih (tidak kotor ataupun berdebu)
  • Tali sepatu telah dilepas.

Meski sepatu telah dalam keadaan bersih, Anda bisa menyikat halus dan lembut permukaan sepatu menggunakan sikat khusus sepatu. Para pencinta sneakers menyebut sikat jenis itu dengan istilah “Premium brush”.

Selanjutnya, siapkan peralatan yang diperlukan sebagai berikut:

  • Siapkan kuas jenis round brush ukuran 0.
  • Siapkan kuas jenis flat brush ukuran nomor 6 dan 8.
  • Cat hitam khusus sepatu.
  • Wadah cat (plastic atau besi).
  • Isolasi dan air.

Isolasi diperlukan untuk menutup bagian lain atau warna lain pada sepatu agar tidak ikut tercat hitam dan merusak warna sepatu lain.

Umumnya para pelaku usaha jasa cuci dan cat sepatu menggunakan perbandingan 1:1 antara cat hitam dan air. Tutorial penghitaman sepatu dapat Anda lihat pada media sosial YouTube.

Hindari menghitamkan sepatu kembali menggunakan spidol, pewarna kain, semir rambut, dan lain sebagainya karena bisa menyebabkan rembes atau luntur ke bagian dalam sepatu, akibatnya sepatu Anda malah menjadi kotor ke mana-mana.

2. Menghitamkan sepatu dengan menyemir

Satu-satunya cara menghitamkan sepatu pudar berbahan dasar kulit adalah dengan menyemir. Jika warna sepatu loafer atau pantofel Anda mulai pudar, semir sepatu adalah jawaban pasti agar sepatu Anda terlihat baru.

Banyak merek semir sepatu hitam yang bisa Anda temukan di pasaran, baik yang berupa cairan atau krim. Seperti sepatu berbahan kanvas, sikat dan bersihkan sepatu sebelum disemir. Anda juga bisa menggunakan kain lembut untuk membersihkan debu dan kotoran pada sepatu.

Baca petunjuk pemakaian agar tidak salah langkah mengembalikan kembali warna hitam sepatu.

Setelahnya jemur sepatu di tempat yang banyak angin namun hindari menjemur di bawah terik matahari langsung agar lem sepatu dan bahan tidak cepat rusak.

(imb/fef)

[Gambas:Video CNN]




Sumber : cnnindonesia.com
Alhamdulillah Allohumma Sholli ‘Ala Nabiyina Muhammad Wa Ahlihi Wa Ashhabihi Wa Ummatihi. Subhanallah wa bihamdihiadada khalqihi wa ridha nafsihi wa zinata ‘arsyihi wa midada kalimatihi. Jazakumullah sudah ikut men-share (membagikan) konten ini, insya Alloh jadi amal jariyah untuk kebaikan dunia akhirat kita. Aamiin

Report

What do you think?