in , ,

2 Jenis Ruqyah Yang Dilarang dalam Islam _*

Menurut para ulama, yang dimaksud dengan ruqyah adalah suatu bacaan dan doa yang dibacakan dan ditiupkan untuk mencari kesembuhan.

Bacaan yang dimaksud adalah bacaan yang berasal dari Al Qur’an, dzikir dan doa yang diajarkan Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam, dan berbahasa Arab. Ruqyah jenis ini kerap disebut dengan ruqyah syar’iyyah.

Jika bacaan dan doa yang dibacakan tidak berasal dari Al Qur’an atau bukan merupakan dzikir dan doa yang diajarkan Nabi Muhammad shallallahu ‘alaiahi wasallam dan tidak berbahasa Arab, maka ruqyah tersebut dilarang.

Syekh Hafizh bin Ahmad Hakami menyatakan,

“Ruqyah yang terlarang adalah ruqyah yang tidak terdiri dari al-Qur‟an atau as-Sunnah dan tidak berbahasa Arab. Ruqyah seperti itu termasuk bacaan untuk mendekatkan diri kepada syetan. Sebagaimana yang dilakukan oleh para dukun dan tukang sihir. Bacaan seperti itu juga banyak dijumpai dalam kitab-kitab mantra dan rajah seperti Kitab Syamsul Ma’arif dan Syumusul Anwar dan lainnya. Hal itu merupakan upaya musuh Islam untuk merusak Islam, padahal sesungguhnya Islam bersih dari hal semacam itu.”

Kitab A’lamus Sunnah al-Mansyurah : 155

Ada dua jenis ruqyah yang dilarang, yaitu sebagai berikut.

1. Ruqyah Syirikiyyah

Yang dimaksud dengan rukyah syirikkiyah adalah ruqyah yang mengandung kemusyrikan.

Termasuk dalam ruqyah syirikiyyah adalah mantra-mantra atau jampi-jampi yang tidak berasal dari Al Qur’an dan As Sunnah.

Bacaan dalam ruqyah syirikiyyah biasanya berasal dari nenek moyang yang diwariskan secara turun temurun atau dukun.

2. Ruqyah Sihriyyah

Jika ruqyah syirikiyyah adalah ruqyah yang mengandung kemusyrikan, ruqyah sihriyyah adalah ruqyah yang mengandung sihir.

Biasanya, yang dibaca dalam ruqyah sihriyyah adalah mantra atau jampi-jampi pemanggil jin.

Tujuan pemanggilan jin ini adalah untuk mengeluarkan jin atau penyakit yang ada dalam tubuh seseorang. Bisa juga memindahkan jin atau penyakit tersebut ke makhluk lain.

Hukum ruqyah dalam Islam untuk ruqyah syirikiyyah maupun ruqyah sihriyyah adalah haram karena tidak sesuai dengan syariat Islam.

Wallahu a’lam.

Sumber : dalamislam.com

Alhamdulillah Allohumma Sholli ‘Ala Nabiyina Muhammad Wa Ahli Wa Ashhabihi Wa Ummatihi. Subhanallah wa bihamdihi ‘adada khalqihi wa ridha nafsihi wa zinata ‘arsyihi wa midada kalimatihi. Jazakumullah sudah ikut men-share (membagikan) konten ini, insya Alloh jadi amal jariyah untuk kebaikan dunia akhirat kita. Aamiin

Report

What do you think?

Written by jumat berkah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *