3 Amalan yang Paling Dicintai Allah SWT _* QF6

Agama Islam adalah agama yang paling sempurna. Di dalam Al-Qur’an juga disebutkan bahwa sebaik-baiknya agama adalah agama Islam. Dan manusia diciptakan oleh Allah SWT dengan tujuan yang mulia, yaitu untuk beribadah kepada Allah SWT. Sehingga dapat menduduki orang yang paling mulia di sisi Allah, dengan catatan kita harus bertaqwa kepada Allah SWT.

Sebagaimana firman Allah SWT, yang artinya:

“Sesungguhnya yang paling mulia di sisi Allah adalah orang yang paling bertaqwa.” (QS. Al-Hujarat: 13).

Berbicara tentang amal shaleh, dalam Islam banyak amal shaleh yang bisa mendatangkan keridhaan Allah SWT. Tidak hanya menegakkan shalat lima waktu saja, kita berbuat amal shaleh sesuai dengan apa yang Rasulullah anjurkan kita juga bisa memperbaiki Ridha Allah SWT.

Lalu kira-kira apa saja amal shaleh yang paling Allah cintai? Sehingga kita mendapat ridhaNya. Pertanyaan ini juga pernah diutamakan oleh salah satu sahabat kepada Rasulullah SAW.

Sebagaimana hadist riwayat Ini Bukhari dan Muslim, Dari Abu Amr asy-Syabani – namanya Sa’d bin Iyaa, berkata: “Pemilik rumah ini telah menceritakan kepadaku-sambil menunjuk rumah Abdullah bin Mas’ud Radhiyallahu Anhu dengan tangannya, ia berkata: ‘Aku bertanya kepada Nabi SAW, ‘Amalan apakah yang paling dicintai Allah SWT? Beliau menjawab, “Shalat pada waktunya.” Aku (Abdullah bin Mas’ud) mengatakan, ‘Kemudian apa lagi?’ Beliau SAW menjawab, “Berbakti kepada dua orang tua.” Aku bertanya lagi, ‘Lalu apa lagi?’ Beliau SAW menjawab, “Jihad di jalan Allah.”

Ibnu Mas’ud Radhiyallahu berkata, “Itu semua telah diceritakan oleh Rasulullah SAW kepadaku, sekiranya aku menambah (pertanyaanku), pasti Beliau SAW akan menambah (jawaban beliau) kepadaku.”

Berikut 3 Amalan yang paling dicintai Allah SWT:

1. Shalat pada Waktunya

Sebagaimana kita ketahui bersama, shalat merupakan tiang agama. Shalat merupakan rukun Islam kedua yang diwajibkan bagi umat muslim. Dan shalat tepat pada waktunya adalah suatu keutamaan bagi umat muslim. Sesuai dengan firman Allah SWT, yang berbunyi:

“Sesungguhnya shalat memiliki waktu yang telah ditetapkan bagi orang beriman.” (QS. An-Nisa:103).

Rasulullah SAW juga pernah ditanya, amalan apakah yang paling afdhol, Beliau menjawab, “Shalat diawal waktunya.” (HR. Abu Daud).

2. Berbakti Kepada Orang Tua

Selain shalat pada waktunya, berbakti kepada orang tua menjadi amalan kedua yang dicintai Allah SWT. Sesuai firman Allah SWT dalam Al-Qur’an:

“Dan kami perintahkan kepada manusia (berbuat baik) kepada dua orang ibu-bapaknya, yang bertambah-tambah, dan menyapihnya dalam dua tahun. Bersyukurlah kepadaku dan kepada dua orang ibu bapakmu, hanya kepada-Kulah kembalimu.” (QS. Luqman:14).

Jadi berbakti kepada kedua orang tua adalah suatu amalan yang begitu penting untuk mendapat Ridha Allah SWT.

3. Jihad di Jalan Allah SWT

Amalan ketiga ini juga tidak kalah besar kedudukannya dengan amalan-amalan lainnya. Jihad di jalan Allah SWT memiliki ganjaran pahala yang besar.

Para ulama mengatakan, menuntut ilmu adalah bagian dari jihad di jalan Allah, karena agama ini bisa terjaga dengan dua hal yaitu dengan ilmu dan berperang (berjihad) dengan senjata. Sampai-sampai sebagian ulama berkata, “Sesungguhnya menuntut ilmu lebih utama daripada jihad di jalan Allah dengan pedang.”

Allah menjanjikan surga bagi mereka yang berjihad. Rasulullah SAW bersabda: “Wajib atas kalian berjihad di jalan Allah SWT, karena sesungguhnya kalian berjihad di jalan Allah itu merupakan salah satu pintu dari pintu-pintu surga, Allah akan menghilangkan dengannya dari kesedihan dan kesusahan.”

Itulah 3 amalan yang disebutkan Rasulullah untuk meraih cintaNya Allah SWT dan mendapatkan Ridha Allah SWT.

Sumber : dalamislam.com

Alhamdulillah Allohumma Sholli ‘Ala Nabiyina Muhammad Wa Ahlihi Wa Ashhabihi Wa Ummatihi. Subhanallah wa bihamdihi ‘adada khalqihi wa ridha nafsihi wa zinata ‘arsyihi wa midada kalimatihi. Jazakumullah sudah ikut men-share (membagikan) konten ini, insya Alloh jadi amal jariyah untuk kebaikan dunia akhirat kita. Aamiin

Report

What do you think?

dalamislam

Written by dalamislam