3 Bahaya Orang Munafik yang Harus dihindari

[ad_1]

Yang dimaksud dengan munafik adalah orang yang melakukan perbuatan nifaq yaitu menampakakan Islam dan kebaikan tetapi menyembunyikan kekufuran dan kejahatan.

Dari pengertian di atas dapat dikatakan bahwa orang munafik kerapkali tidak sejalan antara ucapan dan perbuatan. Karena itu, kita wajib menjauh dan waspada karena perilaku dan perbuatan mereka sangat berbahaya.

Adapun bahaya orang munafik sebagaimana disebutkan dalam Al Qur’an di antaranya sebagai berikut.

1. Bertujuan Membuat Kekacauan

Ciri-ciri orang munafik diantaranya kerap berkhianat, berdusta, dan melakukan adu domba. Tujuannya adalah untuk membuat kekacauan.

Allah subhanahu wa ta’ala berfiman dalam surat At Taubah ayat 47 sebagai berikut.

Jika mereka berangkat bersama-sama kamu, niscaya mereka tidak menambah kamu selain dari kerusakan belaka, dan tentu mereka akan bergegas maju ke muka di celah-celah barisanmu, untuk mengadakan kekacauan di antara kamu; sedang di antara kamu ada orang-orang yang amat suka mendengarkan perkataan mereka dan Allah mengetahui orang-orang yang zalim.

QS. At Taubah : 47

2. Menyuruh Kepada Kemungkaran

Orang munafik kerapkali menyuruh pada kemunkaran dan melarang orang lain untuk berbuat yang ma’ruf. Dalam surat At Taubah ayat 67 Allah subhanahu wa ta’ala berfirman,

Orang-orang munafik laki-laki dan perempuan sebagian dengan sebagian yang lain adalah sama, mereka menyuruh membuat yang munkar dan melarang berbuat yang ma’ruf dan mereka menggenggamkan tangannya. Mereka telah lupa kepada Allah, maka Allah melupakan mereka. Sesungguhnya orang-orang munafik itu adalah orang-orang yang fasik.

QS. At Taubah : 67

3. Memecah Belah Umat

Telah disebutkan sebelumnya bahwa orang-orang munafik sangat berbahaya bahkan lebih berbahaya dari orang kafir karena mereka kerap mempermainkan agama.

Sifat orang munafik dalam Islam seperti ini dapat berujung pada terpecah belahnya umat, hancurnya agama Islam dari dalam, dan menghancurkan sebuah negara.

Allah subhanahu wa ta’ala befirman dalam surat Al Hujurat ayat 6 sebagai berikut.

Hai orang-orang yang beriman, jika datang kepadamu orang fasik membawa suatu berita, maka periksalah dengan teliti agar kamu tidak menimpakan suatu musibah kepada suatu kaum tanpa mengetahui keadaannya yang menyebabkan kamu menyesal atas perbuatanmu itu.

QS. Al Hujurat : 6

Orang-orang munafik sangat dibenci Allah subhanahu wa ta’ala dan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam karena itu kita diperintahkan untuk tidak mengikuti mereka, menjauhi dan waspada terhadap perbuatan mereka.

Dalam surat Al Qalam ayat 10-11 Allah subhanahu wa ta’ala berfirman,

Dan janganlah kamu ikuti setiap orang yang banyak bersumpah lagi hina. Yang banyak mencela, yang kian ke mari menghambur fitnah.

QS. Al Qalam : 10-11

Adapun balasan bagi orang-orang munafik adalah neraka jahanam. Allah berfirman dalam surat Al Baqarah ayat 206 sebagai berikut.

Dan apabila dikatakan kepadanya, “Bertakwalah kepada Allah”, bangkitlah kesombongannya untuk berbuat dosa. Maka cukuplah (balasannya) neraka Jahannam dan sungguh neraka Jahannam itu tempat tinggal yang terburuk.

QS. Al Baqarah : 206

Wallahu a’lam.

[ad_2]

Sumber : Dalamislam.com

Alhamdulillah Allohumma Sholli ‘Ala Nabiyina Muhammad Wa Ahlihi Wa Ashhabihi Wa Ummatihi. Subhanallah wa bihamdihi ‘adada khalqihi wa ridha nafsihi wa zinata ‘arsyihi wa midada kalimatihi.

Report

Avatar

Written by dalamislam