3 Keistimewaan Nabi Hud yang Harus diketahui _*

Paling tidak ada tiga pendapat mengenai nama lengkap Nabi Hud ‘alaihis salam, yaitu sebagai berikut.

  • Pertama, nama lengkapnya adalah Hud bin Syalikh bin Arfakhasyadz bin Sam bin Nuh ‘alaihis salam.
  • Kedua, nama lengkap Nabi Hud adalah ‘Abir bin Syalikh Arfakhasyadz bin Sam bin Nuh ‘alaihis salam.
  • Dan ketiga, nama lengkap Hud adalah Abdullah bin Rabah bin al Jarud bin ‘Aad bin ‘Aush bin Iram bin Sam bin Nuh ‘alaihis salam.

Nabi Hud ‘alaihis salam juga memiliki beberapa keistimewaan, di antaranya sebagai berikut.

1. Berasal dari Bangsa Arab

Nabi Hud ‘alaihis salam adalah salah satu Nabi yang berasal dari bangsa Arab. Nabi lainnya adalah Nabi Shalih ‘alaihis salam, Nabi Syu’aib ‘alaihis salam, dan Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam. Hal ini didasarkan atas hadits berikut.

Dari Adu Dzarr, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Di antara mereka ada empat Nabi yang berasal dari bangsa Arab (yaitu) Hud, Shalih, Syu’aib, dan Nabimu, wahai Abu Dzarr.”

HR. Ibnu Hibban

Karena itulah, beberapa pendapat mengatakan Nabi Hud ‘alaihis salam adalah orang yang pertama kali berbicara dengan bahasa Arab.

2. Nabi dan Rasul Pertama yang Berhaji

Wadi Usfan atau lembah Asafan adalah suatu lembah yang terletak di padang pasir dan tidak ada petunjuk jalan. Sehingga siapapun yang melewati lembah tersebut tanpa hati-hati akan tersesat.

Menurut sebuah riwayat, paling tidak ada 70 nabi dan rasul yang pernah melintasi Wadi Usfan termasuk Nabi Hud ‘alaihis salam untuk berhaji yang notabene merupakan rukun Islam kelima.

Dari Ibnu Abbas radhiyallahu ‘anhu, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam pernah bertanya kepada Abu Bakar, saat melintasi lembah (Wadi) Usfan. “Wahai Abu Bakar, lembah apa ini?” Abu Bakar menjawab, “Lembah Usfan.” Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Nabi Hud dan Nabi Shalih ‘alaihis salam pernah melewati (melintasi) lembah ini di atas unta merah yang tali kendalinya terbuat dari serabut. Pakaian mereka berupa jubah, baju luarnya terbuat dari bulu yang bergaris-garis. Mereka mengucapkan talbiyah dan melaksanakan ibadah haji di Baitul ‘Atiq (ka’bah).

HR. Bukhari, Muslim, Abu Dawud, Tirmidzi, dan An-Nasai, serta Imam Ahmad bin Hanbali

3. Salah Satu Nabi dan Rasul yang Mulia

Nabi Hud ‘alaihis salam diutus oleh Allah subhanahu wa ta’ala untuk menyeru kepada kaumnya yaitu kaum ‘Aad agar kembali kepada Allah.

Dalam surat Al Ahqaf ayat 21 Allah subhanahu wa ta’ala berfirman,

“Dan ingatlah saudara kaum ‘Aad yaitu ketika dia mengingatkan kaumnya di bukit-bukit pasir dan sesungguhnya telah terdahulu beberapa orang pemberi peringatan sebelumnya dan setelahnya (dengan berkata), “Janganlah kamu menyembah selain Allah, aku sungguh khawatir nanti kamu ditimpa azab pada hari yang besar.”

QS. Al Ahqaf : 21

Tafsir Al Qur’an Hidayatul Insan menyatakan bahwa yang dimaksud dengan saudara kaum ‘Aad adalah Nabi Hud ‘alaihis salam yaitu salah seorang rasul yang mulia.

Allah subhanahu wa ta’ala melebihkan Nabi Hud ‘alaihis salam dengan dakwahnya kepada agama-Nya dan membimbing manusia kepada-Nya.

Wallahu a’lam.

Sumber : dalamislam.com

Alhamdulillah Allohumma Sholli ‘Ala Nabiyina Muhammad Wa Ahlihi Wa Ashhabihi Wa Ummatihi. Subhanallah wa bihamdihiadada khalqihi wa ridha nafsihi wa zinata ‘arsyihi wa midada kalimatihi. Jazakumullah sudah ikut men-share (membagikan) konten ini, insya Alloh jadi amal jariyah untuk kebaikan dunia akhirat kita. Aamiin

Report

What do you think?