3 Kemungkinan Jawaban Doa yang Diajukan Hamba ke Allah SWT | Astaghfirullah


Terdapat 3 kemungkinan respons doa seorang hamba ke Allah SWT

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Mungkin sebagian dari kita pernah merasa mengapa doa yang selalu dipanjatkan tak kunjung dikabulkan oleh Allah SWT. Namun, percayalah, Allah SWT mendengar doa-doa kita. Jika kita berdoa, Allah akan menyikapi doa tersebut dengan tiga hal berikut ini.


عَنْ أَبِي سَعِيدٍ الخدري رضي الله عنه ، أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ :  مَا مِنْ مُسْلِمٍ يَدْعُو بِدَعْوَةٍ لَيْسَ فِيهَا إِثْمٌ ، وَلَا قَطِيعَةُ رَحِمٍ ، إِلَّا أَعْطَاهُ اللهُ بِهَا إِحْدَى ثَلَاثٍ : إِمَّا أَنْ تُعَجَّلَ لَهُ دَعْوَتُهُ ، وَإِمَّا أَنْ يَدَّخِرَهَا لَهُ فِي الْآخِرَةِ ، وَإِمَّا أَنْ يَصْرِفَ عَنْهُ مِنَ السُّوءِ مِثْلَهَا . قَالُوا : إِذًا نُكْثِرُ . قَالَ : اللهُ أَكْثَرُ


Dalam sebuah hadits riwayat Ahmad dari jalur Abu Sa’id Al-Khudri RA, disebutkan bahwa seorang Muslim yang memanjatkan doa pada Allah SWT, maka Allah SWT akan memberinya tiga hal selama yang bersangkutan tidak berbuat dosa dan memutuskan silaturahim. 


Apa saja tiga hal itu? Pertama, Allah SWT akan segera mengabulkan doanya. Kedua, Allah akan menyimpan doa tersebut untuknya di akhirat kelak. Ketiga, Allah SWT akan membuat hamba tersebut terhindar dari kejelekan yang serupa.  


Kemudian, para Sahabat Nabi SAW saat itu menyampaikan, “Jika demikian, kami akan memperbanyak doa”. Lantas Nabi SAW berkata, “Allah SWT yang memperbanyak mengabulkan doa-doa kalian.”


Karena itu, bagi kita sebagai seorang Muslim, tidak perlu khawatir doa-doa yang telah secara khusyu disampaikan lalu merasa Allah SWT tidak mengabulkannya. Sebab, kalau pun doa itu tidak dikabulkan di dunia, Allah SWT akan menjaga doa tersebut untuk di akhirat kelak.  


Jadi tenang saja, dan yakinlah pada diri Anda bahwa Allah SWT senantiasa mendengar doa-doa yang selalu diucapkan para hamba-Nya dan kelak doa itu akan memiliki manfaat untuk kita.   


BACA JUGA: Kekuatan Militer Turki Bisa Ubah Konsep Perang Dunia





Sumber : republika.co.id

Alhamdulillah Allohumma Sholli ‘Ala Nabiyina Muhammad Wa Ahli Wa Ashhabihi Wa Ummatihi. Subhanallah wa bihamdihi ‘adada khalqihi wa ridha nafsihi wa zinata ‘arsyihi wa midada kalimatihi. Jazakumullah sudah ikut men-share (membagikan) konten ini, insya Alloh jadi amal jariyah untuk kebaikan dunia akhirat kita. Aamiin

Leave a Reply