3 Keutamaan membaca Surat Al-kahfi dan Penjelasannya

Selain dianjurkan untuk membaca surat yasin, umat muslim juga dianjurkan untuk membaca serta menghafal ayat surat kahfi.

Membaca surat al kahfi merupakan hal-hal yang disunnahkan pada hari jumat.

Banyak umat islam yang menyarankan bahwa membaca surat al kahfi merupakan salah satu amalan hari jumat bagi wanita yang sangat dianjurkan.

Al Kahfi merupakan surat ke-18 dalam Alquran yang berarti para penghuni goa.

Surat ini mengisahkan tujuh pemuda saleh dan seekor anjing yang mengasingkan diri dari pengejaran penguasa zalim dan kafir.

Sebenarnya suart al kahfi tidak harus pada hari jumat saja untuk dibaca, namun ahri-hari lainnya juga dianjurkan. Berikut ini keutamaan membaca surat al-kahfi:

1. Terhindar dari Fitnah Dajjal

Umat islam yang membaca serta menghafal surat al kahfi dihari jumat, niscaya akan dijauhi dari fitnah dajjal.

Dari hadits Ibnu Umar R.A:

مَنْ قَرَأَ سُوْرَةَ الْكَهْفِ فِي يَوْمِ الْجُمْعَةِ سَطَعَ لَهُ نُوْرٌ مِنْ تَحْتِ قَدَمِهِ إِلَى عَنَانِ السَّمَاءَ يُضِيْءُ لَهُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ وَغُفِرَ لَهُ مَا بَيْنَ الْجُمْعَتَيْنِ

Siapa yang membaca Surat Al-Kahfi pada hari Jum’at, maka akan memancar cahaya dari bawah kakinya sampai ke langit, akan meneranginya kelak pada hari kiamat, dan diampuni dosanya antara dua jumat.” (HR. Abu Bakr bin Mardawaih).

2. Akan disinari Cahaya Pada Hari Kiamat

Nabi SAW bersabda:

مَنْ قَرَأَ سُورَةَ الْكَهْفِ فِى يَوْمِ الْجُمُعَةِ أَضَاءَ لَهُ مِنَ النُّورِ مَا بَيْنَ الْجُمُعَتَيْنِ

Barangsiapa yang membaca surat Al Kahfi pada hari Jum’at, dia akan disinari cahaya di antara dua Jum’at.” (HR. An Nasa’i dan Baihaqi)

Di hadits lain, Nabi SAW bersabda:

مَنْ قَرَأَ سُورَةَ الْكَهْفِ لَيْلَةَ الْجُمُعَةِ أَضَاءَ لَهُ مِنَ النُّورِ فِيمَا بَيْنَهُ وَبَيْنَ الْبَيْتِ الْعَتِيقِ

Barangsiapa yang membaca surat Al Kahfi pada malam Jum’at, dia akan disinari cahaya antara dia dan Ka’bah.” (HR. Ad Darimi)

Keutamaan ini diperkuat dengan hadits lain:

من قرأ سورة الكهف كما أنزلت، كانت له نوراً يوم القيامة من مقامه إلى مكة، ومن قرأ عشر آياتٍ من آخرها ثم خرج الدجال لم يسلط عليه

Siapa yang membaca surat Al Kahfi seperti saat ia diturunkan, maka ia akan mendapatkan cahaya di hari kiamat yang panjangnya dari tempat ia berada sampai ke Makkah. Siapa yang membaca sepuluh ayat akhir dari surat Al Kahfi, kemudian Dajjal muncul, maka ia tidak akan mampu menguasainya“. (HR. Al Hakim).

ومن قرأها كلها كانت له نور ما بين السماء والارض

Siapa yang membaca surat Al Kahfi secara keseluruhan, maka ia akan mendapatkan cahaya antara langit dan bumi“. (HR. Ahmad)

3. Melindungi Rumah dari Gangguan Syaiton

Dari berbagai jenis jenis syaitan tentunya ada jenis syaitan yang suka mengganggu.

Terlebih lagi apabila manusia tersebut kurang dekat dengan Allah SWT.

Dengan membaca surat al kahfi, syaitan akan menghindar dari rumah.

Karena syaitan tidak suka dengan rumah yang terlindung dengan ayat ayat suci alquran.

Ibnu Mardawaih dari Abdullah Bin Mughaffal menyebutkan bahwa rumah yang dibacakan surat Al-Kahfi dan Al-Baqoroh tidak akan dimasuki setan sepanjang malam itu.

Sumber : Dalamislam.com
3 Keutamaan membaca Surat Al-kahfi dan Penjelasannya
Alhamdulillah Allohumma Sholli ‘Ala Nabiyina Muhammad Wa Ahlihi Wa Ashhabihi Wa Ummatihi. Subhanallah wa bihamdihi ‘adada khalqihi wa ridha nafsihi wa zinata ‘arsyihi wa midada kalimatihi.


Posted

in

by