3 Manfaat Belajar Bahasa Arab dalam Islam

 

Dalam agama Islam, tentunya bahasa Arab menjadi bahasa yang dianjurkan untuk dipelajari lebih dalam.

Alasannya adalah karena kitab suci umat Islam berbahasa Arab, apabila seorang muslim menguasai bahasa Arab, maka akan memudahkannya dalam membaca Al-Qur’an.

Mengenai manfaatnya, apa saja sih manfaat mempelajari bahasa Arab?

1. Memudahkan dalam Membaca Al-Qur’an

Kenapa memudahkan? Karena bahasa Al Qur’an menggunakan bahasa Arab.

وَلَقَدْ ضَرَبْنَا لِلنَّاسِ فِي هَذَا الْقُرْآنِ مِنْ كُلِّ مَثَلٍ لَعَلَّهُمْ يَتَذَكَّرُونَ . قُرْآنًا عَرَبِيًّا غَيْرَ ذِي عِوَجٍ لَعَلَّهُمْ يَتَّقُونَ

Artinya: “Sesungguhnya telah Kami buatkan bagi manusia dalam Al Quran ini setiap macam perumpamaan supaya mereka dapat pelajaran. (Ialah) Al Quran dalam bahasa Arab yang tidak ada kebengkokan (di dalamnya) supaya mereka bertakwa.” (QS. Az-Zumar: 27-28)

Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah rahimahullah berkata:

اللِّسَانُ العَرَبِي شِعَارُ الإِسْلاَمِ وَأَهْلِهِ

Artinya: “Bahasa Arab adalah syi’ar Islam dan syi’ar kaum muslimin.” (Disebutkan dalam Iqtidha’ Shirath Al-Mustaqim)

2. Memudahkan Menerjemahkan Ayat Al-Qur’an

Banyak orang yang membaca Al-Qur’an tetapi tidak tahu makna dan artinya. Maka itu tidak akan terjadi pada seseorang yang pandai bahasa Arab. Karena ia dapat menerjemahkan sendiri.

3. Memudahkan Memahami Ajaran Islam

Seseorang yang pandai berbahasa Arab, terutama paham kaedah-kaedah dalam ilmu nahwu akan semakin mudah memahami Islam daripada yang tidak mempelajarinya sama sekali.

Apalagi sebagai penyampai dakwah, menjadi seorang da’i, kyai atau ustadz, tentu lebih urgent lagi mempelajarinya agar mudah memberikan pemahaman agama yang benar pada orang banyak.

Sumber : Dalamislam.com

Alhamdulillah Allohumma Sholli ‘Ala Nabiyina Muhammad Wa Ahlihi Wa Ashhabihi Wa Ummatihi. Subhanallah wa bihamdihi ‘adada khalqihi wa ridha nafsihi wa zinata ‘arsyihi wa midada kalimatihi.

Report

What do you think?

Written by dalamislam