3 Tips Mengobati Penyakit Hati _*

Manusia selalu berdoa agar dirinya dijauhi dari berbagai penyakit, supaya dirinya dapat melaksanakan aktivitas dengan baik dan lancar. Namun, ada salah satu penyakit yang tak kalah membahayakan manusia yang akan memberikan dampak negatif bagi dirinya sendiri bahkan bagi orang lain. Penyakit itu dinamakan dengan penyakit hati.

Penyakit hati adalah salah satu perbuatan tercela yang sering melintasi hati dan pikiran semua manusia. Penyakit hati ini biasanya dapat berupa iri hati terhadap kenikmatan dan keberuntungan yang orang lain dapatkan. Dan merasa bahwa dirinya mendapatkan nasib yang buruk dan dirinya menganggap bahwa hidup ini tidak adil.

Penyakit hati akan sangat berbahaya apabila dibiarkan sampai mendarah daging pada diri manusia. Maka dari itu kita harus mengobati dan menghilangkan penyakit hati dalam diri kita. Ada 3 cara agar penyakit hati dalam diri kita lekas hilang, di antaranya:

1. Menjaga Kekuatan Hati

Menjaga kekuatan hati bisa dilakukan dengan cara memperbanyak berdzikir kepada Allah terutama beristighfar atas segala dosa yang telah kita lakukan. Kemudian kita harus memperbanyak untuk mengingat kenikmatan yang Allah berikan kepada kita sebagai makhluk-Nya.

Dimana nikmatnya itu melebihi luas alam semesta bahkan nikmat sekecil apa pun terkadang kita tidak menyadari bahwa itu adalah nikmat yang Allah berikan kepada kita.

Cara lainnya adalah dengan memperbanyak berdoa kepada Allah agar dijauhkan dari sifat penyakit hati. Selain itu, bisa juga dengan cara mendekatkan diri pada-Nya yang bisa dengan cara beribadah dan selalu mensyukuri segala nikmat yang telah diberikan. Semua bentuk ibadah itu akan menjadi penjaga kekuatan bagi hati manusia

Karena akan ada orang terkadang secara nasib kurang beruntung daripada kita. Maka itulah diperlukannya kita selalu melihat ke bawah agar bisa senantiasa bersyukur dan saling membantu antarsesama, siapa saja yang membutuhkan pertolongan kita.

Juga kita perlu melihat ke atas tapi hal itu harus dijadikan sebagai motivasi dan pendorong bagi kita untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Bukan dijadikan sebagai bahan untuk menimbulkan penyakit hati.

2. Menghindari Pantangan

Selain dengan menjaga kekuatan hati kita harus menghindari pantangan sebagaimana halnya ketika kita disuruh dokter untuk menghindari bentuk-bentuk pantangan agar penyakit fisik kita lekas sembuh. Atau segala bentuk yang bisa memperparah sakit yang ada dalam diri kita.

Begitu pula dengan penyakit hati, orang yang sedang memiliki penyakit hati, maka dia harus menghindari hal-hal yang bisa menimbulkan penyakit hati. Atau  yang bisa menjadikan penyakit hati semakin parah.

Sumber dari penyakit hati adalah segala bentuk perbuatan maksiat dan dosa yang selalu dilakukan serta penyimpangan yang dilakukan oleh  manusia.

Kata Ibnu Al-Qayyim, cara untuk bisa menghindarkan diri dari penyakit hati yakni dengan melepaskan diri dari segala bentuk kemaksiatan dan jangan melakukan dosa yang lain karena hal itu akan memperparah penyakit hati dalam diri manusia

3. Mengobati Penyakit Hati

Sebagaimana halnya penyakit fisik, agar lekas sembuh syariatnya kita harus meminum obat atau mengobati penyakit tersebut. Begitu pula dengan penyakit hati, maka penyakit hati juga mempunyai obat agar penyakit itu lekas hilang dalam diri kita.

Obat untuk penyakit hati adalah dengan cara bertaubat kepada Allah SWT karena dengan bertaubat kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala dan memperbanyak istighfar maka Allah akan membersihkan hatinya dari segala macam bentuk penyakit hati. Orang yang bertaubat dari dosa itu sebagaimana orang yang tidak memiliki dosa atau dosanya akan dibersihkan.

Sumber : dalamislam.com

Alhamdulillah Allohumma Sholli ‘Ala Nabiyina Muhammad Wa Ahlihi Wa Ashhabihi Wa Ummatihi. Subhanallah wa bihamdihiadada khalqihi wa ridha nafsihi wa zinata ‘arsyihi wa midada kalimatihi. Jazakumullah sudah ikut men-share (membagikan) konten ini, insya Alloh jadi amal jariyah untuk kebaikan dunia akhirat kita. Aamiin

Report

What do you think?