4 Amalan yang Dapat Mengangkat Derajat Manusia _* QF7

Sudah tidak aneh lagi jika manusia menginginkan derajat yang tinggi, baik dari sisi pandang manusia atau menurut pandangannya Allah SWT. Berbagai cara yang mereka lakukan untuk bisa meraih posisi yang tinggi atau untuk bisa meraih kemuliaan.

Ada sebagian dari kita yang terlalu berambisi untuk meraih itu semua, alhasil ia menghalalkan berbagai cara tidak melihat apakah cara itu halal atau haram. Tetapi Islam mengajarkan kepada kita bahwa kita harus berpikir sebelum bertindak.

Kita sebagai umat Islam harus mencari tahu apakah cara yang kita lakukan tersebut dihalalkan atau tidak. Berikut terdapat 4 perkara yang bisa mengangkat derajat seseorang. Menurut Jawahirul Lu’luiya, Syekh Muhammad Bin Abdullah Al Murdani Al Dimyathi menjelaskan:

“Empat perkara yang bisa mengangkat derajat seseorang hingga mencapai derajat mulia meski sedikit amal dan ilmunya toleransi, rendah hati, dermawan, dan Budi luhur.”

Jadi kita tidak harus memiliki amal dan ilmu yang tinggi untuk memperoleh derajat yang mulia, akan tetapi dengan kita memiliki 4 sifat tersebut maka kita bisa meraih derajat kemuliaan di sisi-Nya.

1. Sikap Toleransi

Toleransi adalah sikap saling menghargai antar sesama manusia. Jika ada orang lain yang berbeda pendapat dengan kita, yang berbeda keyakinan dengan kita maka sepatutnya kita tidak menghakimi mereka, karena itu semua sudah menjadi hak mereka sebagai manusia untuk memilih.

Sikap toleransi juga bisa menghindari dari kekerasan antar sesama. Sikap toleransi akan menciptakan pada kondisi rukun dan damai.

2. Sikap Rendah Hati

Seseorang yang memiliki sikap rendah hati berarti dia bukanlah orang yang sombong dan tinggi hati. Allah SWT akan meninggikan derajat kepada siapa saja yang mau bersikap rendah hati. Nabi SAW bersabda:

“Sesungguhnya Allah telah mewahyukan kepadaku untuk menyuruh kalian bersikap rendah hati, sehingga tidak ada seorangpun yang membanggakan dirinya dihadapan orang lain dan tidak seorangpun yang berbuat aniaya terhadap orang lain.” (HR. Muslim)

3. Sikap Dermawan

Sikap dermawan ini berarti dia senang berbagi pada sesama. Tidak Bakhil kepada orang lain. Sikap dermawan dengan senang hati memberi sebagian hartanya kepada orang yang membutuhkan. Maka dari itu sikap dermawan ini bisa membantu kita untuk mengangkat derajat kita di sisi-Nya

4. Sikap Berbudi Luhur

Pada dasarnya sikap Berbudi luhur ini saling keterkaitan dengan sikap dermawan. Karena jika seseorang tersebut telah mampu bersikap dermawan, maka seorang tersebut juga memiliki sifat yang berbudi luhur.

Berbudi luhur ini adalah termasuk akhlak terpuji dan mulia. Dan sikap ini juga mampu membantu kita untuk mengangkat derajat yang mulia di sisi-Nya.

Itulah 4 perkara yang bisa kita miliki dan kita praktekkan di dunia, agar di hari akhir nanti ditempatkan posisi yang mulia di sisi-Nya.

Sumber : dalamislam.com

Alhamdulillah Allohumma Sholli ‘Ala Nabiyina Muhammad Wa Ahlihi Wa Ashhabihi Wa Ummatihi. Subhanallah wa bihamdihi ‘adada khalqihi wa ridha nafsihi wa zinata ‘arsyihi wa midada kalimatihi. Jazakumullah sudah ikut men-share (membagikan) konten ini, insya Alloh jadi amal jariyah untuk kebaikan dunia akhirat kita. Aamiin

Report

What do you think?

dalamislam

Written by dalamislam