in ,

4 Bukti Keterkaitan Risalah Kenabian dengan Ekonomi _*

Risalah kenabian mengajak pentingnya prinsip keadilan ekonomi

REPUBLIKA.CO.ID, — Ayat-ayat Alquran  yang berbicara tentang kehidupan, alam semesta dan manusia, menegaskan adanya hubungan korelasional antara peristiwa yang berbeda, berdasarkan hukum kausalitas atau sebab-akibat. 


Norma-norma yang dihadirkan dan ditampilkan Alquran itu mengambil bentuk dan dimensi tertentu. Oleh karena itu, seseorang diajak untuk meneliti, mendalami, mengkaji dan menganalisis sunnah dan hukumnya. Allah SWT berfirman:  


قَدْ خَلَتْ مِنْ قَبْلِكُمْ سُنَنٌۙ فَسِيْرُوْا فِى الْاَرْضِ “Sungguh, telah berlalu sebelum kamu sunnah-sunnah (Allah), karena itu berjalanlah kamu ke (segenap penjuru) bumi…” (QS Ali Imran 137). 


Ada banyak ayat Alquran  yang menegaskan adanya sunnah, atas dasar bahwa risalah adalah aturan dan landasan untuk menerangi jalan di tengah kegelapan. Allah SWT berfirman:  


وَلَقَدْ اَنْزَلْنَآ اِلَيْكُمْ اٰيٰتٍ مُّبَيِّنٰتٍ وَّمَثَلًا مِّنَ الَّذِيْنَ خَلَوْا مِنْ قَبْلِكُمْ وَمَوْعِظَةً لِّلْمُتَّقِيْنَ “Dan sungguh, Kami telah menurunkan kepada kamu ayat-ayat yang memberi penjelasan, dan contoh-contoh dari orang-orang yang terdahulu sebelum kamu dan sebagai pelajaran bagi orang-orang yang bertakwa.” (QS An Nur 34). 


Alukah telah menguraikan secara singkat beberapa risalah kenabian yang disampaikan Alquran berkaitan dengan masalah ekonomi. 


Pertama, keterkaitan misi kenabian dengan keberadaan kaum borjuis. Allah SWT berfirman:  


وَمَاۤ اَرۡسَلۡنَا فِىۡ قَرۡيَةٍ مِّنۡ نَّذِيۡرٍ اِلَّا قَالَ مُتۡـرَفُوۡهَاۤ ۙاِنَّا بِمَاۤ اُرۡسِلۡـتُمۡ بِهٖ كٰفِرُوۡنَ‏. وَقَالُوْا نَحْنُ اَكْثَرُ اَمْوَالًا وَّاَوْلَادًاۙ وَّمَا نَحْنُ بِمُعَذَّبِيْنَ


“Dan setiap Kami mengutus seorang pemberi peringatan kepada suatu negeri, orang-orang yang hidup mewah (di negeri itu) berkata, “Kami benar-benar mengingkari apa yang kamu sampaikan sebagai utusan.” Dan mereka berkata, “Kami memiliki lebih banyak harta dan anak-anak (daripada kamu) dan kami tidak akan diazab.” (QS Saba 34-35).


Ayat-ayat Alquran  ini menjelaskan kepada kita sebuah sunnah objektif, menerjemahkan korelasi antara perilaku dan reaksi kaum borjuis dengan para rasul dan nabi yang menyerukan kepada agama Allah SWT dan meluruskan penyimpangan ideologi, sosial, politik, dan ekonomi.  


Kedua, hubungan antara kehancuran bangsa dan sikap kaum borjuis. Ayat-ayat Alquran  menunjukkan penegasan adanya hubungan objektif antara terjadinya ketidakadilan dan korupsi ekonomi dan sosial dalam suatu masyarakat, dan antara kehancuran, kehancuran dan pembusukan bangsa-bangsa sepanjang perjalanan sejarahnya.  Allah SWT berfirman:  


وَاِذَآ اَرَدْنَآ اَنْ نُّهْلِكَ قَرْيَةً اَمَرْنَا مُتْرَفِيْهَا فَفَسَقُوْا فِيْهَا فَحَقَّ عَلَيْهَا الْقَوْلُ فَدَمَّرْنٰهَا تَدْمِيْرًا “Dan jika Kami hendak membinasakan suatu negeri, maka Kami perintahkan kepada orang yang hidup mewah di negeri itu (agar menaati Allah), tetapi bila mereka melakukan kedurhakaan di dalam (negeri) itu, maka sepantasnya berlakulah terhadapnya perkataan (hukuman Kami), kemudian Kami binasakan sama sekali (negeri itu).” (QS Al Isra 16).


Ayat ini menegaskan bahwa tindakan dan perilaku kaum borjuis dan orang-orang boros, yang dikendalikan pandangan utilitarian materialistis, mengarah pada penyebaran korupsi dan ketidakadilan, penyebaran kemiskinan dan kesengsaraan, dan pemborosan uang dan energi, yang berarti keruntuhan dan kemerosotan entitas ekonomi, disintegrasi struktur sosial dan ekonomi, dan penyebaran korupsi yang menyebabkan kehancuran seluruh masyarakat. 



Sumber : republika.co.id
Alhamdulillah Allohumma Sholli ‘Ala Nabiyina Muhammad Wa Ahli Wa Ashhabihi Wa Ummatihi. Subhanallah wa bihamdihi ‘adada khalqihi wa ridha nafsihi wa zinata ‘arsyihi wa midada kalimatihi. Jazakumullah sudah ikut men-share (membagikan) konten ini, insya Alloh jadi amal jariyah untuk kebaikan dunia akhirat kita. Aamiin

Report

What do you think?

Written by jumat berkah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

GIPHY App Key not set. Please check settings