4 Manfaat Air Hangat Untuk Asam Lambung dan Kesehatan Pencernaan _*

Kebanyakan dari kita selalu memulai kebiasaan bangun tidur di pagi hari dengan minum 1 gelas air putih, secangkir teh atau kopi dan sebagainya. Namun Untuk orang yang mengkonsumsi air putih di pagi hari biasanya merupakan air dingin. Akan tetapi cara terbaik yang bisa dilakukan sebenarnya adalah minuman air putih dalam keadaan hangat pada saat perut masih kosong di pagi hari ataupun sepanjang hari sebab banyak kegunaan dari air putih hangat tersebut seperti manfaat air hangat untuk asam lambung. Minum air hangat sangat baik untuk sistem pencernaan sekaligus merangsang pengangkatan racun yang berpengaruh pada sistem kekebalan tubuh. Para ahli juga mengatakan jika cara terbaik untuk memulai hari adalah dengan minum segelas air hangat yang bisa juga ditambahkan dengan lemon sehingga bisa mengurangi aktifitas radikal bebas di dalam tubuh sekaligus memberikan pelindung dari segala macam penyakit. Untuk lebih jelasnya tentang manfaat air hangat untuk asam lambung, berikut ini kami punya ulasan selengkapnya.

Penyebab Asam Lambung atau GERD

Penyakit asam lambung atau GERD pada umumnya terjadi karena tidak berfungsinya lower esophageal sphinchter atau LES. LES merupakan lingkaran otot pada bagian bawah dari esofagus yang berfungsi sebagai pintu otomatis dan akan terbuka saat ada makanan atau minuman yang turun ke lambung. Sesudah makanan tersebut masuk maka LES akan menutup kembali untuk mencegah asam dan juga makanan yang ada dalam lambung tidak naik kembali ke esofagus.

  1. Memperbaiki Pencernaan

Selain ada banyak manfaat air kelapa untuk asam lambung, minum 1 gelas air hangat dalam keadaan perut kosong sangat baik untuk membersihkan racun di dalam tubuh yang akan berpengaruh pada kesehatan. Air dan cairan lainnya akan merangsang sistem pencernaan dan membantu tubuh untuk mencerna sekaligus menghilangkan sisa makanan dalam tubuh dengan lebih baik sehingga asam lambung tidak akan naik. Sedangkan jika air putih yang diminum dalam keadaan dingin bisa membahayakan karena pencernaan akan bekerja lebih keras sekaligus menciptakan timbunan lemak.

  1. Menghilangkan Sakit Perut dan Nyeri

1 cangkir air hangat terkadang juga bisa menjadi obat terbaik untuk mengurangi rasa sakit pada saat asam lambung sedang kambuh sehingga rasa sakit dan nyeri bisa diredakan. Selain itu, mengkonsumsi air putih dalam keadaan hangat juga sangat baik untuk mengurangi kram menstruasi dan juga sakit kepala. Air hangat mempunyai efek yang menenangkan tubuh sehingga otot perut bisa dikendurkan dan menghindari kejang atau kram. Menurut beberapa penelitian yang sudah dilakukan, minum air hangat sangat baik untuk merangsang sirkulasi yang membuatnya sangat ideal untuk mengatasi kram otot.

  1. Melancarkan Gerakan Usus

Berbicara tentang pencernaan, air hangat bisa membantu anda untuk teratur dalam pergerakan usus sehingga bisa mengurangi rasa sakit sebab dehidrasi bisa menyebabkan masalah kronis khususnya konstipasi. Saat tinja terakumulasi dalam usus maka akan menghambat pergerakan dari usus dan akhirnya sisa makanan tidak bisa diuraikan dengan baik dan menimbulkan sakit di area perut.

  1. Membersihkan Pencernaan

Salah satu penyebab dari asam lambung adalah karena pencernaan yang tidak bersih. 1 cangkir air panas di pagi hari sangat baik untuk membersihkan tubuh dan mengeluarkan racun dalam tubuh. Air dan juga cairan sangat baik untuk memecah makanan dalam perut sekaligus menjaga sistem pencernaan agar bisa berjalan dengan baik. Air hangat akan membantu dalam proses pemecahan makanan lebih cepat sehingga lebih mudah dicerna dan mencegah asam lambung dalam pencernaan naik sehingga juga bisa dijadikan solusi maag terbaik.

Manfaat air hangat untuk asam lambung ternyata juga sangat baik untuk mendinginkan lambung, mengatasi rasa sakit pada lambung dan berbagai manfaat lain untuk pencernaan sehingga sangat disarankan untuk memulai hari dengan mengkonsumsi setidaknya 1 cangkir air hangat setiap hari.

Sumber : manfaat.co.id
Featured Image : unsplash.com
Alhamdulillah Allohumma Sholli ‘Ala Nabiyina Muhammad Wa Ahlihi Wa Ashhabihi Wa Ummatihi. Subhanallah wa bihamdihi ‘adada khalqihi wa ridha nafsihi wa zinata ‘arsyihi wa midada kalimatihi. Jazakumullah sudah ikut men-share (membagikan) konten ini, insya Alloh jadi amal jariyah untuk kebaikan dunia akhirat kita. Aamiin