4 Penyebab Uang Cepat Habis dalam Islam _* MJ3

Dalam ajaran islam semua sudah ada aturannya seperti tentang kesehatan, makanan termasuk juga tentang keuangan.

Dalam beberapa kasus banyak yang merasa uang yang mereka cepat habis dan tidak tau arahnya kemana hingga uang habis begitu saja.

Tahukah anda semua itu ada penyebabnya seperti penyebab bangkrutnya usaha kecil ataupun penyebab dolar menguat.

Berikut ini adalah penyebab uang cepat habis menurut islam, mari kita simak satu per satu agar anda dapat menghindari penyebabnya:

1. Boros

Berdasarkan hadist yang berbunyi:

Dan orang-orang yang apabila membelanjakan (harta), mereka tidak berlebih-lebihan, dan tidak (pula) kikir, dan adalah pembelanjaan itu) di tengah-tengah antara yang demikian.” (QS. Al-Furqon :67)

Sudah jelas Islam sangat tidak menganjurkan perilaku boros karena boros adalah salah satu penyebab uang anda cepat habis, untuk itu dalam berbelanja dan apapun anda tidak boleh berlebihan dan sewajarnya saja.

2. Tidak bersedekah

Sedekah merupakan perintah dari Allah SWT, yang mana sedekah banyak sekali manfaatnya antara lain dapat menambah rezeki, mensucikan harta dan lain lain.

Namun apa jadinya bila ada seseorang yang mampu namun tidak bersedekah? Nah anda juga harus tahu bahwa tidak bersedekah merupakan penyebab uang cepat habis karena uang yang didapat tidak mendapat berkat dari Allah swt.

Adapun hadist yang berbunyi seperti dibawah ini:

Bersedekahlah kalian, karena sesungguhnya sedekah dapat menambah harta yang banyak. Maka bersedekahlah kalian, niscaya Allah menyayangi kalian. (Al-Wasail 6: 255, hadis ke 11)

3. Kikir atau pelit

Masih dengan hadist yang sama, yang berbunyi:

Bersedekahlah kalian, karena sesungguhnya sedekah dapat menambah harta yang banyak. Maka bersedekahlah kalian, niscaya Allah menyayangi kalian. (Al-Wasail 6: 255, hadis ke 11)

Sebagai umat islam kita diwajibkan bersedekah dan tidak boleh kikir ataupun pelit.

Karena sifat kikir atau pelit dapat mengundang murka Allah swt yang membuat rezeki tidak berkah hingga menjadi penyebab membuat uang cepat habis.

4. Tidak Beribadah

Seseorang yang malas beribadah tentu akan mengalami rezeki yang tersendat.

Maka apabila ingin rezeki terus datang dengan deras, jangan malas untuk beribadah.

Sumber : dalamislam.com

Alhamdulillah Allohumma Sholli ‘Ala Nabiyina Muhammad Wa Ahlihi Wa Ashhabihi Wa Ummatihi. Subhanallah wa bihamdihi ‘adada khalqihi wa ridha nafsihi wa zinata ‘arsyihi wa midada kalimatihi. Jazakumullah sudah ikut men-share (membagikan) konten ini, insya Alloh jadi amal jariyah untuk kebaikan dunia akhirat kita. Aamiin

Report

What do you think?

dalamislam

Written by dalamislam