4 Posisi Tidur Tepat Agar Tak Sakit Punggung _*

Jakarta, CNN Indonesia —

Pasti menyebalkan ketika bangun tidur langsung disambut dengan sakit punggung yang makin menjadi. Niatnya, ingin tidur biar tubuh tak lelah dan jadi bugar, tapi sayangnya sakit punggung tak kunjung hilang.

Tenang, mungkin cara atau posisi tidur Anda yang salah sehingga punggung makin sakit. Penelitian menyebut, sekitar 84 persen orang dewasa bakal mengalami hal ini. Solusinya? Posisi tidur yang benar.

Manusia menghabiskan hampir sepertiga hidupnya untuk tidur maka manfaatkan hal ini untuk membantu tubuh mendapatkan ‘kejayaannya’ kembali. Posisi yang Anda pilih saat tidur dapat berdampak besar pada kenyamanan dan kesehatan tulang belakang.

Mengutip Bright Side, berikut empat posisi tidur yang disarankan untuk mengurangi risiko nyeri punggung bawah.

1. Fetal position

Posisi ini dikenal sebagai posisi tidur bayi. Posisi tidur ini merupakan posisi tidur palig populer.

Anda hanya perlu berbaring miring dengan lutut ditekuk ke arah dada. Posisi ini mirip dengan posisi meringkuk bayi saat masih di dalam rahim.

Posisi ini memungkinkan persendian untuk beristirahat dan menciptakan banyak ruang. Posisi ini juga memungkinkan punggung membebaskan cakram (bantalan spons) antara tulang belakang. Posisi ini juga disebut sangat baik untuk orang yang mengalami hernia diskus seperti tokoh Hye-jin di Hometown Cha Cha Cha.

2. Tengkurap dengan bantal di bawah perut

Banyak orang mengira, tidur tengkurap atau telungkup adalah posisi yang tak baik karena bisa menyebabkan sakit leher. Tapi buat Anda yang sakit punggung, posisi ini boleh dicoba.

Posisi ini akan membantu mengurangi tekanan pada cakram di tulang punggung. Untuk melakukannya, Anda hanya perlu tengkurap kemudian meletakkan bantal di perut bagian bawah dan panggul.

3. Terlentang dengan bantal

Posisi ini adalah posisi yang paling baik untuk mengurangi ketegangan pada titik tekanan di punggung. Posisi ini memungkinkan Anda mendistribusikan berat badan ke seluruh tubuh secara merata dan meningkatkan keselarasan tulang belakang serta organ dalam.

Tidurlah terlentang kemudian letakkan bantal di bawah lutut. Jika ingin lebih nyaman, maka letakkan gulungan handuk kecil di bawah punggung Anda.

4. Posisi tidur miring ke samping

Jika Anda tidur miring, pastikan Anda bergantian antara kiri dan kanan agar tidak membuat terlalu banyak tekanan di satu sisi, yang pada akhirnya dapat menyebabkan ketidakseimbangan otot.

Agar lebih nyaman, tempatkan bantal di antara kedua kaki dan ‘kempit’ seperti guling. Ini berfungsi untuk menjaga tulang belakang, pinggul, dan panggul agar tetap sejajar.

(chs)

[Gambas:Video CNN]



Sumber : cnnindonesia.com
Featured Image : unsplash.com
Alhamdulillah Allohumma Sholli ‘Ala Nabiyina Muhammad Wa Ahlihi Wa Ashhabihi Wa Ummatihi. Subhanallah wa bihamdihi ‘adada khalqihi wa ridha nafsihi wa zinata ‘arsyihi wa midada kalimatihi. Jazakumullah sudah ikut men-share (membagikan) konten ini, insya Alloh jadi amal jariyah untuk kebaikan dunia akhirat kita. Aamiin

Report

What do you think?