5 Adab Menjenguk Orang Sakit _*

Menjenguk orang sakit merupakan salah satu adab yang mulia dan Terdapat keutamaan dalam menjenguk orang sakit yaitu kita akan mendapatkan pahala yang besar.

Jika ada teman, saudara, atau orang tua hendaklah kita menjenguk orang yang sakit karena ini sesuai dengan hadits Rasulullah yaitu:

إِذَا عَادَ الرَّجُلُ أَخَاهُ الْمُسْلِمَ مَشَى فِيْ خِرَافَةِ الْجَنَّةِ حَتَّى يَجْلِسَ فَإِذَا جَلَسَ غَمَرَتْهُ الرَّحْمَةُ، فَإِنْ كَانَ غُدْوَةً صَلَّى عَلَيْهِ سَبْعُوْنَ أَلْفَ مَلَكٍ حَتَّى يُمْسِيَ، وَإِنْ كَانَ مَسَاءً صَلَّى عَلَيْهِ سَبْعُوْنَ أَلْفَ مَلَكٍ حَتَّى يُصْبِحَ

“Apabila seseorang menjenguk saudaranya yang muslim (yang sedang sakit) maka seakan-akan dia berjalan sambal memetik buah-buahan surga sehingga dia duduk, apabila sudah duduk maka diturunkan kepadanya rahmat dengan deras. Apabila menjenguknya di pagi hari maka tujuh puluh ribu malaikat mendo’akannya agar mendapat rahmat hingga waktu sore hari. Apabila menjenguknya di sore hari, maka tujuh puluh ribu malaikat akan mendoakannya agar diberi rahmat hingga waktu pagi tiba (HR At-Tirmidzi, Ibnu Majah dan Imam Ahmad)

Dalam menjenguk orang sakit terdapat adab-adab yang sebaiknya dilakukan. Berikut ini adalah  adab-adab dalam menjenguk orang sakit diantaranya:

1. Ikhlas Karena Allah

Dalam surat Al- Anam ayat 162 yang artinya “katakanlah sesungguhnya shalatku, sembelihanku, kehidupanku dan matiku hanyalah untuk Allah SWT”

2. Menjenguk dengan Membawa Kesenangan

Ketika kita menjenguk orang yang sakit hendaklah kita membawa kesenangan atau menghibur orang yang sakit seperti yang disebutkan dalam hadits yang artinya, “Setiap muslim yang terkena musibah penyakit atau yang lainnya, pasti Allah akan menghapuskan berbagai kesalahannya seperti sebuah pohon yang meruntuhkan daun-daunannya.” (HR Muslim)

3. Menutup Aurat

Tidak ada larangan dalam islam apabila Seorang perempuan ingin  menjenguk laki-laki yang bukan mahrom yang sedang sakit tetapi seorang perempuan  harus menutup auratnya agar terhindar dari fitnah.

Sebagaimana yang dicontohkan oleh Rasulullah yaitu “dari Ummu Al’Ala ia berkata Rasululah Saw menjengukku sementara aku sedang sakit.

Kemudian Rasulullah berkata “Bergembiralah wahai Ummu Al-Ala karena sebagaimana api menghilangkan dosa-dosanya sebagaimana api menghilangkan kotoran emas dan perak”. (HR Abu Daud)

4. Berdoa Kesembuhan Bagi yang Sakit

Ketika sedang menjenguk, sebaiknya kita mendoakan orang yang sakit agar diberikan ampunan, pembersihan dari dosa, dan kesehatan. Adapun doa ketika kita sedang menjenguk orang sakit yaitu

اللَّهُمَّ رَبَّ النَّاسِ أَذْهِبِ الْبَأْسَ اشْفِ أَنْتَ الشَّافِي لَا شَافِيَ إلَّا أَنْتَ شِفَاءً لَا يُغَادِرُ سَقْمًا

artinya “Tuhanku, Tuhan manusia, hilangkanlah penyakit. Berikanlah kesembuhan karena engkau adalah penyembuh. Tiada yang dapat menyembuhkan penyakit kecuali engkau dengan kesembuhan yang tidak menyisakan rasa sakit”

5. Memberikan Semangat

Ketika kita menjenguk orang sakit sebaiknya kita memberikan semangat agar dia selalu berfikir positif dan berusaha untuk sembuh melawan penyakitnya itu. Seperti yang diriwayatkan oleh Ibnu ra bahwa Rasulullah SAW pernah menjenguk seorang Arab badui.

Ibnu Abbas melanjutkan “Setiap kali beliau menjenguk orang yang sakit, maka beliau akan mengatakan kepadanya,”tidak apa-apa insya Allah baik-baik saja.”

Demikianlah adab-adab menjenguk orang sakit yang perlu kita ketahui dan sebaiknya dilakukan agar terciptanya hubungan yang erat sesama manusia.

Sumber : dalamislam.com

Alhamdulillah Allohumma Sholli ‘Ala Nabiyina Muhammad Wa Ahlihi Wa Ashhabihi Wa Ummatihi. Subhanallah wa bihamdihi ‘adada khalqihi wa ridha nafsihi wa zinata ‘arsyihi wa midada kalimatihi. Jazakumullah sudah ikut men-share (membagikan) konten ini, insya Alloh jadi amal jariyah untuk kebaikan dunia akhirat kita. Aamiin

Report

What do you think?

dalamislam

Written by dalamislam