5 Alasan Islam Mudah di Terima di Indonesia yang Jarang diketahui _*

“apa alasan islam mudah di terima di indonesia? ni kerennya kita punya alasan islam mudah di terima di indonesia yang jarang diketahui.”

Islam merupakan agama yang paling cepat berkembang di Indonesia. Meskipun Islam bukan agama pertama yang masuk ke nusantara, Islam menjadi agama yang di peluk oleh mayoritas masyarakat Indonesia saat ini.

Islam masuk ke Indonesia sekitar abad ke-7 hingga abad ke-16. Para pemeluk Hindu-Budha dan Kerajaan-kerajaan tidak menentangnya. Berikut beberapa alasannya:

1. Syarat Masuk Islam Mudah

Agama Islam mudah diterima masyarakat Indonesia karena cara masuk agama Islam sangatlah mudah. Syaratnya hanyalah dengan mengucapkan kalimat syahadat.

Jika orang sudah mengucap kalimat syahadat maka ia telah masuk Islam dan menjadi pemeluk agama Islam.

2. Pelaksanaan Ibadahnya Sederhana

Pelaksanaan Ibadahnya sangatlah Sederhana tidak perlu mengeluarkan biaya. Dengan demikian, setiap orang tidak merasa terbebani dalam menjalankan ibadah.

3. Islam Agama Yang Demokratis

Islam tidak mengenal sistem kasta dalam penganutnya. Dengan Kata lain, kedudukan setiap orang sejajar atau sama rata.

Seseorang hanya dibedakan dimata Allah sesuai dengan amal dan kebaikan yang dilakukan dimasa hidupnya.

4. Ajaran Islam Tidak Memaksa

Ajaran Islam tidak memaksa yang artinya, setiap orang punya kebebasan untuk memilih agamanya masing-masing. Toleransi yang di miliki agama Islam membuat seseorang lebih tertarik untuk memeluknya.

5. Bangsa Indonesia memiliki jiwa terbuka

Sebelum masuknya pengaruh Islam, Indonesia telah memiliki kebudayaan sendiri yang kemudian terjadi proses akulturasi dengan budaya Hindu-Budha. Oleh sebab itu ketika budaya Islam masuk ke Indonesia, masyarakat tidak menanggapnya sebagai hal yang asing.

Masyarakat Indonesia tidak menentangnya, justru mereka berusaha untuk mempelajari karena memiliki jiwa yang terbuka.

Sumber : dalamislam.com

Alhamdulillah Allohumma Sholli ‘Ala Nabiyina Muhammad Wa Ahlihi Wa Ashhabihi Wa Ummatihi. Subhanallah wa bihamdihi ‘adada khalqihi wa ridha nafsihi wa zinata ‘arsyihi wa midada kalimatihi. Jazakumullah sudah ikut men-share (membagikan) konten ini, insya Alloh jadi amal jariyah untuk kebaikan dunia akhirat kita. Aamiin