in ,

5 Cara Tepat Menambah Berat Badan Bayi _*

1 Tetap memberikan ASI

ASI merupakan asupan nutrisi pertama yang diberikan ke bayi sejak ia dilahirkan. Seperti yang dikatakan oleh Badan Kesehatan Dunia (WHO) bahwa direkomendasikan pemberian ASI pada anak sampai berusia dua tahun atau lebih.

ASI mengandung zat gizi penting bagi pertumbuhan bayi, kandungannya yakni karbohidrat, protein, lemak, vitamin, hingga mineral.

Mungkin frekuensi menyusui akan berkurang, namun kamu jangan berhenti untuk memberikan ASI sampai minimal usia dua tahun.

2 Sudah bisa diberikan MPASI

5 Cara Tepat Menambah Berat Badan Bayi 1 Berat
Foto: colourbox

Di mulai dari usia enam bulan, bayi sudah dapat diberikan Makanan Pendamping ASI atau MPASI. Seiring berjalannya waktu, si Kecil akan berusaha beradaptasi dengan makanan yang dimakannya.

Berilah MPASI yang terbuat dari bahan makanan yang bergizi seimbang sesuai dengan usianya. Buatlah menu makanan berbeda setiap harinya agar anak tidak bosan dan lebih bervariasi untuk menambah selera makan si Kecil.

Meski sudah dapat diberikan MPASI, bayi yang berusia enam sampai delapan bulan disarankan untuk tetap diberikan ASI, yakni MPASI tiga kali sehari dan ASI enam kali sehari.

3 Sesekali berikan finger food

5 Cara Tepat Menambah Berat Badan Bayi 2 Berat
Foto: Unsplash

Jika bayi sudah memasuki usia delapan sampai sembilan bulan, cobalah sesekali untuk memberikan finger food. Finger food adalah makanan dengan potongan kecil yang dapat dipegang sendiri oleh bayi.

Manfaat diberikannya finger food adalah untuk melatih kemandirian bayi sekaligus melatih motorik halus dan koordinasi tangan si Kecil. Sedikit demi sedikit makanan akan dimakan oleh si Kecil.

Makanan yang bisa dijadikan sebagai finger food yakni telur, tahu, potongan daging, sayuran, dan biskuit. Namun, proses perkenalan finger food dengan si Kecil tidak mudah, sehingga harus perlahan untuk memberikannya.

4 Pijat agar nafsu makan bayi meningkat

5 Cara Tepat Menambah Berat Badan Bayi 3 Berat
Foto: Unsplash

Pijat dapat melancarkan pencernaan si Kecil, meningkatkan nafsu makan, dan menjadi salah satu cara untuk menaikkan berat badan bayi.

Dilansir dari Babycenter, pijat dapat merangsang saraf kunci, yang disebut saraf vagus, yang menghubungkan otak dengan bagian-bagian penting tubuh, termasuk pencernaan.

Merangsang saraf ini dapat meningkatkan pencernaan dan pergerakan usus, serta membantu menambah berat badan si Kecil.

Spa dan pijat bayi adalah aktivitas yang perlu Mama lakukan sesekali. Selain untuk melancarkan peredaran darah, cara ini juga sangat bermanfaat untuk meningkatkan nafsu makan, selama dilakukan dengan cara yang tepat. Mama bisa meminta bantuan profesional atau melakukannya sendiri di rumah dengan langkah-langkah berikut:

  • Mulai dengan mengusap perut si kecil perlahan
  • Tekan perut dengan ibu jari, kemudian lakukan gerakan memutar. Hal ini bermanfaat untuk memaksimalkan fungsi usus.
  • Setelahnya, pijat bagian tangan, mulai dengan menggosok tepi ibu jari dari kuku hingga pergelangan tangan.
  • Lanjutkan memijat pangkal ibu jari si Kecil dan tekan dengan gerakan melingkar. Lakukan hal yang sama pada kelingking.
  • Pijat perlahan titik kaki bagian bawah dan samping tempurung lutut bayi selama 1 menit.
  • Turunkan telapak kaki dan tekan dengan ibu jari secara perlahan.
  • Terakhir, sentuh kepala dan perut secara perlahan.

Langkah-langkah mudah tersebut bisa kamu kombinasikan dengan berbagai teknik pijat lainnya yang memberikan manfaat beragam. Agar semakin yakin dan tak sampai terjadi hal yang tak diinginkan, jangan lupa berkonsultasi dengan ahli ya.

BACA JUGA: Bolehkah Bayi Minum Air Gula?

5 Memberikan buah-buahan

5 Cara Tepat Menambah Berat Badan Bayi 4 Berat
Foto: Freepik

Buah-buahan yang dijadikan puree atau finger food juga dapat diberikan pada si Kecil. Misalnya pada buah alpukat, buah ini mengandung lemak nabati yang sehat sehingga dapat menambah berat badan bayi. Selain itu alpukat juga mengandung beberapa vitamin dan mineral.

Ada juga buah pisang yang menjadi sumber karbohidrat dan energi yang dapat diberikan kepada si Kecil sebagai salah satu buah yang dapat menambah berat badan.  []

SUMBER: POPMAMA

Sumber : islampos.com
Alhamdulillah Allohumma Sholli ‘Ala Nabiyina Muhammad Wa Ahli Wa Ashhabihi Wa Ummatihi. Subhanallah wa bihamdihi ‘adada khalqihi wa ridha nafsihi wa zinata ‘arsyihi wa midada kalimatihi. Jazakumullah sudah ikut men-share (membagikan) konten ini, insya Alloh jadi amal jariyah untuk kebaikan dunia akhirat kita. Aamiin

Report

What do you think?

Written by jumat berkah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *