5 Ciri Laki-Laki Penghuni Surga _*

5 Ciri Laki-Laki Penghuni Surga

LAKI-LAKI penghuni surga ialah ketika Rasulullah SAW, sedang duduk bersama para sahabat, tiba-tiba beliau menatap ke langit seolah mendengar bisikan malaikat.

Kemudian Rasulullah kembali menatap mereka dengan bersabda, “Sekarang akan ada di hadapan kalian seorang laki-laki penduduk surga.”

Mimpi Saád bin Abi Waqqash sebelum memeluk Islam. Mendengar ucapan Rasulullah SAW, para sahabat menengok ke kanan dan ke kiri pada setiap arah, untuk melihat siapakah gerangan lelaki berbahagia yang menjadi penduduk surga.

Tidak lama berselang datanglah laki-laki yang ditunggu-tunggu itu, dialah Sa’ad bin Abi Waqqash.

Di samping terkenal sebagai anak yang berbakti kepada orang tua, Sa’ad bin Abi Waqqash juga terkenal karena keberaniannya dalam peperangan membela agama Allah. Ada dua hal penting yang dikenal orang tentang kepahlawanannya.

BACA JUGA:  Perbedaan Penghuni Surga dan Penghuni Neraka

Pertama, Sa’ad adalah orang yang pertama melepaskan anak panah dalam membela agama Allah dan juga orang yang mula-mula terkena anak panah. Ia hampir selalu menyertai Nabi Saw dalam setiap pertempuran.

Kedua, Sa’ad adalah satu-satunya orang yang dijamin oleh Rasulullah SAW dengan jaminan kedua orang tua beliau. Dalam Perang Uhud, Rasulullah SAW bersabda, “Panahlah, wahai Sa’ad! Ayah dan ibuku menjadi jaminan bagimu.”

Sa’ad bin Abi Waqqash juga dikenal sebagai seorang sahabat yang doanya senantiasa dikabulkan Allah. Qais meriwayatkan bahwa Rasulullah saw pernah bersabda, “Ya Allah, kabulkanlah Sa’ad jika dia berdoa.”

Sejarah mencatat, hari-hari terakhir Sa’ad bin Abi Waqqash adalah ketika ia memasuki usia 80 tahun

. Dalam keadaan sakit, Sa’ad berpesan kepada para sahabatnya agar ia dikafani dengan jubah yang digunakannya dalam Perang Badar—perang kemenangan pertama untuk kaum Muslimin.

Pahlawan perkasa ini menghembuskan nafas yang terakhir pada tahun 55 Hijriah dengan meninggalkan kenangan indah dan nama yang harum. Ia dimakamkan di pemakaman Baqi’, makamnya para syuhada.

Ciri laki-laki penghuni surga:

1. Selalu utamakan sholat

Laki-Laki Penghuni Surga
Ilustrasu, Foto,,
dream

Laki-laki sholeh selalu mengutamakan shalat di bandingkan dengan kepentingan lain, shalat tepat waktu serta berjamaah di masjid.

2. Membekali diri dengan takwa dan akhlak yang baik

Laki-Laki Penghuni Surga
Ilustrasi, Foto,
Suara Muhammadiyah

Selain selalu mengutamakan shalat, laki-laki shaleh membekali dirinya dengan takwa dan akhlak yang baik. Sebab laki-laki adalah pemimpin, maka wajib ia memiliki bekal takwa dan akhlak yang baik supaya bisa membimbing serta menjaga keluarganya dari api neraka.

BACA JUGA:Akan Lewat di Hadapan Kalian Seorang Laki-laki Penghuni Surga

3. Menundukkan pandangan di dunia nyata dan dunia maya

Laki-Laki Penghuni Surga
Ilustrasi, Foto,
Dictio Community

Kalo wanita menutup aurat dengan berhijab, maka hijabnya lelaki adalah dengan menundukkan pandangannya. Yang dimaksud menundukkan pandangan itu bukan berarti memejamkan mata dan menundukkan kepala ke tanah. Menundukkan pandangan ialah menjaga pandangan, tidak dilepaskan begitu saja tanpa kendali. Pada suatu kesempatan Rasulullah SAW berpesan kepada Ali bin Abi Thalib:

يَا عَلِيُّ لا تُتْبِعْ النَّظْرَةَ النَّظْرَةَ فَإِنَّ لَكَ الأُولَى وَلَيْسَتْ لَكَ الآخِرَةُ

”Hai Ali! Jangan sampai pandangan yang satu mengikuti pandangan lainnya. Kamu hanya boleh pada pandangan pertama, adapun yang berikutnya tidak boleh”. (HR Ahmad, Abu Daud dan Turmidzi).

Rasulullah SAW menganggap pandangan liar dan menjurus kepada lain jenis, sebagai suatu perbuatan zina.Sabda beliau:

العينان تزنيان وزناهما النظر

”Dua mata itu bisa berzina, dan zinanya ialah melihat.” (HR Al-Bukhari)

4. Tidak berkata kasar atau kotor

Laki-Laki Penghuni Surga
Ilustrasi, Foto,
Husein Muhammad

Seorang lelaki belum dikatakan sholeh jika dia masih suka berbicara kasar dan kotor. Karena seorang muslim yang taat tau betul, sebaik-baika ucapan yang keluar dari mulutnya adalah kalimat dzikir. Selain itu, tanda baiknya islam seseorang adalah ketika ia meninggalkan apa-apa yang tidak bermanfaat untuk dirinya.

BACA JUGA: Apa Ciri-Ciri Penghuni Surga dan Penghuni Neraka

5. Tidak bermudah-mudahan dengan lawan jenis

Laki-Laki Penghuni Surga
Ilustrasi, Foto,
A. Zainal Mutaqin

Tidak bermudah-mudahan dengan lawan jenis maksudnya ia paham batasan-batasan dalam berinteraksi dengan wanita. Selalu berusaha menjaga diri supaya tidak supaya tidak membuat orang lain baper. []

Oleh: Ilham Hambali | SUMBER: REPUBLIKA

5 Ciri Laki-Laki Penghuni Surga

Sumber : islampos.com
Alhamdulillah Allohumma Sholli ‘Ala Nabiyina Muhammad Wa Ahlihi Wa Ashhabihi Wa Ummatihi. Subhanallah wa bihamdihiadada khalqihi wa ridha nafsihi wa zinata ‘arsyihi wa midada kalimatihi. Jazakumullah sudah ikut men-share (membagikan) konten ini, insya Alloh jadi amal jariyah untuk kebaikan dunia akhirat kita. Aamiin

Report

What do you think?