5 Doa untuk Pengantin Baru yang Wajib Diketahui _* NI7

Pernikahan adalah sebuah ibadah yang suci dan mulia. Pernikahan juga utusan allah agar setiap umat saling melengkapi dan mengasihi satu sama lain.

Seperti yang dijelaskan dalam hadis dibawah ini:

وَمِنْ كُلِّ شَيْءٍ خَلَقْنَا زَوْجَيْنِ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُونَ

Artinya: “Dan segala sesuatu Kami Ciptakan Berpasang-pasangan supaya kamu mengingat kebesaran Allah,” (QS Az-Zariyat: 49).

Menikah harus mengikuti rukun-rukun dan syarat sah dalam Islam. Salah satunya doa untuk pengantin pun termasuk amalan yang dianjurkan dalam islam.

Hadits Tentang Pernikahan dan Sunnah Nabi Dari Aisyah RA, Rasulullah SAW bersabda:

“Menikah itu termasuk dari sunahku, siapa yang tidak mengamalkan sunnahku, maka ia tidak mengikuti jalanku. Menikahlah, karena sungguh aku membanggakan kalian atas umat-umat yang lainnya, siapa yang mempunyai kekayaan, maka menikahlah, dan siapa yang tidak mampu maka hendaklah ia berpuasa, karena sungguh puasa itu tameng baginya,” (HR Ibnu Majah).

Hadits Tentang Pernikahan dan Anjuran Menikah:

وَقَالَ عَلَيْهِ الصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ: {مَنْ أرَادَ أنْ يَلْقَى اللهَ طَاهِرًا مُطَهَّرا فَلْيَتَزَوَّجِ الحَرائِرَ}.

Dari Anas Bin Malik RA, Rasulullah bersabda: “Siapa yang ingin bertemu Allah dalam keadaan suci dan disucikan, maka menikahlah dengan perempuan-perempuan merdeka,” (HR Ibnu Majah

Dalam agama Islam, pernikahan ditandai dengan momen ijab kabul atau akad nikah. Saat melangkah menuju pernikahan, penting bagi kedua mempelai untuk senantiasa memanjatkan doa untuk pengantin baru.

Dari Abu Hurairah ra bahwa Nabi Saw bila mendoakan seseorang yang nikah, beliau bersabda:

اَلنَّبِيَّ صلى الله عليه وسلم كَانَ إِذَا رَفَّأَ إِنْسَانًا إِذَا تَزَوَّجَ قَالَ بَارَكَ اَللَّهُ لَكَ ,أَنَّ وَبَارَكَ عَلَيْكَ , وَجَمَعَ بَيْنَكُمَا فِي

“Semoga Allah memberkahimu dan menetapkan berkah atasmu, serta mengumpulkan engkau berdua dalam kebaikan.”

Berikut adalah doa pernikahan yang harus diucapkan lengkap dalam walimatul ursy secara Islam.

1. Doa Untuk Akad Nikah

Doa untuk akad nikah pengantin pada saat akan nikah disertai resepsi hendaknya dipanjatkan oleh orng-orang yang menjadi saksi atau orang-orang yang menghadirinya. Salah satunya orang tua,kerabat, keluarga besar, terlebih lagi para ulama-ulama. Doa akan nikah diperbolehkan dengan berbagai doa. Namun isinya harus tetap meminta kebaikan yang dilandasi dengan niat yang benar.

Doa dari Rasulullah SAW yang direkam dalam hadis sahih dan diriwayatkan Abu Hurairah berbunyi:

بَارَكَ اللهُ لَكَ وَبَارَكَ عَلَيْكَ وَجَمَعَ بَيْنَكُمَا فِي خَيْرٍ

“Baarakallahu laka wa baarakaa alaika wa jamaa bainakumaa fii khoir.”

Artinya: mudah-mudahan Allah memberkahimu, baik dalam suka maupun duka dan selalu mengumpulkan kamu berdua pada kebaikan.

2. Doa Setelah Akad

Setelah sah menjadi pasangan suami dan istri, mempelai pria sangat disarankan untuk memegang ubun-ubun istrinya sambil membaca doa pengantin baru berikut ini:

اَللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ مِنْ خَيْرِهَا وَخَيْرِ مَا جَبَلْتَهَا عَلَيْهِ، وَأَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّهَا وَشَرِّ مَا جَبَلْتَهَا عَلَيْهِ

“Allahumma inni as’aluka min khoirihaa wa khoirimaa jabaltahaa ‘alaih. Wa a’udzubika min syarrihaa wa syarrimaa jabaltaha ‘alaih.”

Artinya: ya Allah, sesungguhnya aku mohon kepada-Mu kebaikan dirinya dan kebaikan yang Engkau tentukan atas dirinya. Dan Aku berlindung kepada-Mu dari kejelekannya dan kejelekan yang Engkau tetapkan atas dirinya.

3. Doa Sebelum Berhubungan Intim

Sebelum berhubungan intim, suami istri dianjurkan membaca doa seperti yang telah diriwayatkan oleh Ibnu Abbas RA dalam HR. Bukhari No. 6388 dan Muslim No. 1434. Doa yang harus dibaca adalah:

بِسْمِ اللهِ، اَللَّهُمَّ جَنِّبْنَا الشَّيْطَانَ وَجَنِّبِ الشَّيْطَانَ مَا رَزَقْتَنَا. 

“Allahumma jannibnaasy syaythoona, wajannibisy syaythoona maa rozaqtanaa.”

Artinya: Dengan (menyebut) nama Allah, ya Allah jauhkanlah kami dari (gangguan) setan dan jauhkanlah setan dari rezeki yang Engkau anugerahkan kepada kami.”

4. Doa Mohon Diberi Keturunan

Agar segera dianugerahi momongan oleh Allah, doa untuk pengantin ini harus dibaca oleh pasangan suami istri. Seperti disebutkan dalam QS. As-Shafat: 100 yang berbunyi:

رَبِّ هَبْ لِي مِنَ الصَّالِحِينَ

“Robbi hablii minash shoolihiin.”

Artinya: ya Allah, anugerahkanlah kepadaku anak yang saleh.

Menurut pandangan Syaikh Abdul Aziz bin Baz dalam Majmu’ Fatawa Ibnu Baz 8:423, tidak masalah memanjatkan doa sebagaimana doa Nabi Zakaria AS ketika memohon dikaruniai keturunan. Maka dari itu kamu juga boleh membaca doa dengan lafaz:

رَبِّ هَبْ لِى مِن لَّدُنكَ ذُرِّيَّةً طَيِّبَةً ۖ إِنَّكَ سَمِيعُ الدُّعَآءِ

Robbi hab lii mil ladungka zurriyyatang thoyyibah, innaka samii’ud-du’aaa`

Artinya: “Ya Allah, berilah aku keturunan yang baik, anugerahkanlah aku keturunan yang saleh.”

Tidak dilarang juga menggunakan doa-doa yang lainnya karena semua doa bertujuan baik.

5. Doa Untuk Orang yang Diundang ke Pernikahan

Islam begitu sempurna mengatur setiap detail permasalahan kehidupan. Begitu juga mengenai adab ketika diundang dalam pesta pernikahan.

Setiap Muslim dianjurkan untuk mendoakan orang yang mengundang setelah selesai makan. Salah satu doa sunnah yang dapat dibaca ialah:

اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لَهُمْ، وَارْحَمْهُمْ، وَبَاِرِكْ لَهُمْ فِيْمَا رَزَقْتَهُمْ

Artinya: Ya Allah, ampunilah mereka, sayangilah mereka dan berkahilah mereka pada apa-apa yang Engkau karuniakan kepada mereka.” (HR. Ahmad IV/187-188).Atau boleh pula dengan doa:

اَللَّهُمَّ أَطْعِمْ مَنْ أَطْعَمَنِي، وَاسْقِ مَنْ سَقَانِي

Artinya: Ya Allah, berikanlah makan kepada orang yang telah memberi makan kepadaku, dan berkahilah minum kepada orang yang telah memberi minum kepadaku.” (HR. Muslim no. 2055).

Itulah doa-doa yang wajib kita panjatkan di dalam Islam. Karena hubungan pernikahan adalah hubungan yang sangat dimuliakan dan diridhoi oleh Allah SWT.

Sumber : dalamislam.com

Alhamdulillah Allohumma Sholli ‘Ala Nabiyina Muhammad Wa Ahlihi Wa Ashhabihi Wa Ummatihi. Subhanallah wa bihamdihi ‘adada khalqihi wa ridha nafsihi wa zinata ‘arsyihi wa midada kalimatihi. Jazakumullah sudah ikut men-share (membagikan) konten ini, insya Alloh jadi amal jariyah untuk kebaikan dunia akhirat kita. Aamiin

Report

What do you think?

dalamislam

Written by dalamislam