5 Fakta Ustadz Abdul Somad _*

1 Fakta Ustadz Abdul Somad Pertama, Keturunan Ulama

fakta ustadz abdul somad
Foto: Screenshot Instagram UAS

Ustadz Abdul Somad merupakan keturunan suku Melayu, ayahnya memiliki darah Melayu Riau sedangkan sang ibu Melayu Asahan. Ustadz Abdul Somad adalah putra pasangan Haji Lobbayuddin dan Hajjah Rohana. Ibunya merupakan keturunan dari Syekh Abdurrahman atau dikenal sebagai Syekh Silau Laut yang merupakan seorang ulama.

BACA JUGA: Ustadz Abdul Somad Sebut Dua Hal yang Membuat Shalat Tidak Diterima Allah

2 Fakta Ustadz Abdul Somad Kedua, Tempat dan Tanggal Lahir

fakta ustadz abdul somad
Instagram.com/ustadzabdulsomad_official

Ustadz Abdul Somad atau UAS lahir di Silo Lama, Asahan, Sumatra Utara, pada tanggal 18, bulan Mei, tahun 1977. Maka di tahun 2021, Ustadz Abdul Somad berusia kurang lebih 44 tahun.

3 Fakta Ustadz Abdul Somad Ketiga, Pendidikan Ustadz Abdul Somad

fakta ustadz abdul somad
Instagram.com/ustadzabdulsomad_official

Ustadz Abdul Somad menempuh pendidikan dasar di SD Al-Washliyah Medan dan lulus pada 1990. Setelahnya, ia melanjutkan pendidikan ke Madrasah Tsanawiyah Mu’allimin Al-Washliyah Medan dan tamat pada 1993. Kemudian ia melanjutkan pendidikan ke Pesantren Darularafah Deliserdang, Sumatera Utara, selama satu tahun.

Lalu, pada 1994, UAS pindah ke Riau untuk melanjutkan pendidikan di Madrasah Aliyah Nurul Falah, Air Molek, Indragiri Hulu, dan menyelesaikannya pada 1996. Pada 1996-1998 ia sempat berkuliah di UIN Sultan Syarif Kasim Riau.

UAS kemudian mendapat beasiswa dari pemerintah Mesir untuk kuliah di Universitas Al-Azhar yang ia selesaikan pada 2002. Setelahnya, ia melanjutkan program pendidikan S2-nya di Universiti Kebangsaan Malaysia, namun hanya sempat berkuliah selama dua semester.

Pada 2004, UAS mendapatkan beasiswa S2 di Institut Darul-Hadits Al-Hassaniyah Rabat dari Kerajaan Maroko. Program S2 diselesaikannya dalam waktu 1 tahun 11 bulan dan mendapatkan gelar D.E.S.A. pada akhir 2006.

Pada tahun 2019, Ustadz Abdul Somad menyelesaikan pendidikan S3 di Universitas Islam Omdurman, Sudan. UAS berhasil meraih gelar doktor dengan predikat cum laude. UAS mengangkat judul disertasi ‘Kontribusi Hadratussyaikh Muhammad Hasyim Asyari dalam Penyebaran Hadits di Indonesia’.

Ustadz Abdul Somad juga mendapatkan gelar Profesor Tamu di Universitas Islam Sultan Sharif Ali, Brunei Darussalam, selama dua tahun, 2020-2022.

“Dengan penuh hormat sukacita memaklumkan bahawa Universiti Islam Sultan Sharif Ali (UNISSA) telah bersetuju bagi Yang Mulia Profesor Dr. untuk dilantik sebagai Profesor Kunjungan di Fakulti Usuluddin, UNISSA bagi tempoh dua (2) tahun bermula pada 01 Januari 2020M sehingga 31 Desember 2021M di Fakulti Usuluddin, UNISSA,” demikian keterangan yang tertulis dari pihak kampus seperti diunggah di akun Instagram UAS.

4 Fakta Ustadz Abdul Somad Keempat, Buku Karya Ustadz Abdul Somad

fakta ustadz abdul somad
Foto: Minews

Mengutip Wikipedia, Ustadz Abdul Somad telah menuliskan beberapa karya buku yang menjadi rujukan di kalangan umat Islam Tanah Air. Buku tersebut di antaranya:

1. 37 Masalah Populer
2. Metode takhrij hadits
3. 30 mutiara Ramadhan
4. 15 sebab dicabutnya berkah
5. 32 naskah khotbah
6. 99 Pertanyaan Seputar Sholat
7. 33 Tanya Jawab Seputar Qurban
8. Semua Ada Saatnya
9. 35 kisah saat maut menjemput
10. Ustadz Abdul Somad Menjawab
11. 77 tanya jawab seputar shalat
12. 40 hadits zikir dan doa menurut sunnah
13. Amalan yang paling dicintai Allah
14. Tanya jawab seputar tauhid, ahlak, shalat, puasa, zakat, haji, kredit, riba & fatwa milenial lainnya
15. 30 Fatwa seputar Ramadhan : Syekh ‘Athiyyah Shaqar, Syekh DR. Yusuf Al-Qaradhawi, Syekh DR. Ali Jum’ah

BACA JUGA: Ustaz Abdul Somad Doakan Orang yang Membencinya Panjang Umur

5 Fakta Ustadz Abdul Somad Kelima, Karir Ustadz Abdul Somad

fakta ustadz abdul somad
Ustaz Abdul Somad. Foto: humas.acehprov.go.id

Pasca lulus dari Maroko pada tahun 2009, Ustaz Abdul Somad bertugas sebagai dosen Bahasa Arab di Pusat Bahasa Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. Selain itu, UAS juga seorang dosen Tafsir Hadis di Fakultas Ushuluddin UIN Suska Riau dan dosen Agama Islam di Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Azhar Yayasan Masmur Pekan Baru.

Selain aktif di dunia pendidikan, Ia juga pernah menjabat sebagai Anggota MUI dan Badan Amil Zakat Riau, serta sekretaris di Lembaga Bahtsul Masa.

Berikut lembaga yang pernah jadi tempat mengabdi Ustaz Abdul Somad:

-Dosen Bahasa Arab di Pusat Bahasa Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
-Dosen Tafsir dan Hadis di Kelas Internasional Fakultas Ushuluddin UIN Suska Riau
-Dosen Agama Islam di Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Azhar Yayasan Masmur Pekanbaru
-Anggota MUI Provinsi Riau, Komisi Pengkajian dan Keorganisasian Periode 2009–2014
-Anggota Badan Amil Zakat Provinsi Riau, Komisi Pengembangan, Periode 2009–2014
-Sekretaris Lembaga Bahtsul Masa’il Nahdlatul Ulama Provinsi Riau, Periode 2009–2014

Itulah deretan fakta Ustadz Abdul Somad (Ustaz Prof. H. Abdul Somad Batubara, Lc., D.E.S.A., Ph.D.) yang bisa kami sampaikan. Semoga fakta ustadz abdul somad di atas bisa membuat kita semakin mencintai para ulama yang hanif. []



Sumber : islampos.com
Alhamdulillah Allohumma Sholli ‘Ala Nabiyina Muhammad Wa Ahlihi Wa Ashhabihi Wa Ummatihi. Subhanallah wa bihamdihiadada khalqihi wa ridha nafsihi wa zinata ‘arsyihi wa midada kalimatihi. Jazakumullah sudah ikut men-share (membagikan) konten ini, insya Alloh jadi amal jariyah untuk kebaikan dunia akhirat kita. Aamiin

Report

What do you think?