5 Keistimewaan Masjid Quba yang Menakjubkan

Dari masa turunnya agama islam banyak sekali peninggalan bukti sejarah yang menakjubkan. Sejarah sejarah tokoh pemikiran teknologi serta penemuan-penemuan peradaban dan bangunan peninggalan sejarah peradaban islam sangatlah banyak.

Masjid quba merupakan salah satu bukti sejarah islam yang berdiri sejak zaman rasulullah Muhammad saw. Nabi Muhammad sendiri yang dan sahabat yang membawa material dan membangun masjid quba.

Nabi Muhammad membangun dengan tangannya dan dikatakan berlumuran dengan debu dan pasir. Setelah masjis quba di bangun rasulullah memimpin shalat para jamaah dan sahabat nabi.

Masjid quba terletak di jalan hijrah yang menghubungkan Madinah dan mekkah . Cukup berjarak sekitar 3,5 km dari selatan masjid nabawi Madinah.

Rasulullah ikut serta langsung dalam peletakan batu pertama masjid quba. Kemudian para sahabat nahi yang menyelesaikan pembangunan masjid ini konon menjadi tempat pelaksanaan shalat jumat pertama.

1. Ganjaran pahala

Masjid Quba termasuk salah satu masjid yang di sebutkan dalam ayat suci al-quran.

“Sesungguhnya masjid itu yang didirikan atas dasar takwa (Masjid Quba) sejak hari pertama adalah lebih patut bagimu (Hai Muhammad) bersembahyang di dalamnya….(Surah At Taubah, 108).

Ayat Alquran ini yang terpampang dalam sebuah tulisan di pintu masuk masjid.

Ayat al-quran ini terpampang dalam sebuah tulisan di pintu masuk masjid. Tulisan tersebut menyebutkan pula jika nabi Muhammad selalu mendatangi masjid quba pada hari sabtu.

Baik dengan berkendara maupun berjalan kaki untuk melaksanakan shalat dua rakaat. Terdapat banyak sekali ganjaran pahala ibadah yang dapat kita lakukan ketika berada di masjid quba.

مَنْ تَطَهَّرَ فِى بَيْتِهِ ثُمَّ أَتَى مَسْجِدَ قُبَاءٍ فَصَلَّى فِيهِ صَلاَةً كَانَ لَهُ كَأَجْرِ عُمْرَةٍ

“Barang siapa bersuci di rumahnya lalu datang ke Masjid Quba, lalu dia mendirikan shalat di sana, maka dia mendapatkan pahala umrah.” (HR. Ibnu Majah no. 1412, An-Nasai, no. 700).

Menurut banyak sumber bahwa beribadah di dalam masjid quba tersebut salah pahalanya seperti melakukan ibadah umrah. Dalam riwayat di sebutkan bahwa masjid quba merupakan salah satu masjid yang di agungkan kemuliaannya oleh allah SWT.

Masjid Quba dan shalat sunnah di dalamnya memiliki keutamaan yang liar biasa. Dalam hadis yang diriwayatkan tirmidzi di sebutkan bahwa shalat dua rakaat saja pahalanya sama dengan ibadah umrah.

 يَأْتِى قُبَاءً رَاكِبًا وَمَاشِيًا – صلى الله عليه وسلم كَانَ النَّبِىُّ

Abdullah bin Umar berkata, “Nabi SAW biasa mendatangi Masjid Quba sambil memakai (kadang-kadang) kendaraan, dan (kadang-kadang) berjalan kaki.”

2. Masjid pertama dalam sejarah islam

Masjid quba ialah sebuah masjid yang pertama kali di bangun dalam sejarah islam, dengan asas ketaqwaan dan keimanan yang kuat. Allah SWT berfirman dalam al-quran at-taubah ayat 108 :

“Sesungguhnya masjid yang didirikan atas dasar taqwa (Masjid Quba), sejak hari pertama adalah lebih patut kamu shalat di dalamnya.”

3. Dibangun atas dasar ketaqwaan

Megah, dengan menara menjulang ke langit, Masjid Quba menjadi bukti nyata perjalanan Rasulullah SAW di Madinah.

Megah dengan menara menjulang ke langit masjid quba menjadi bukti nyata perjalanan rasulullah saw ke Madinah. Bercat putih berbentuk segi empat seakan menunjukkan tentang jejak suck nabi Muhammad menyiarkan agama islam semasa hidupnya.

Dalam sejarah masjid quba adalah lokasi peribadatan umat islam yang pertama dibangun rasulullah saw saat hijrah ke Madinah. Tepatnya pada tahun 1 hijriah atau 622 masehi.

Inilah masjid yang dibangun dengan dasar ketaatan dan ketaqwaan Rasulullah SAW kepada Allah SWT.

Inilah masjid yang dibangun dengan dasar ketaatan dan ketaqwaan rasulullah saw kepada Allah SWT.

”Sesungguhnya Masjid yang didirikan atas dasar takwa (Masjid Quba) sejak hari pertama adalah lebih patut kamu shalat di dalamnya. Di dalam masjid itu ada orang-orang yang ingin membersihkan diri. Dan Allah menyukai orang-orang yang bersih.” (QS At-Taubah [9]: 108).

Kemuliaan nya tersebut di dalam Al- Quran surah At-Taubah (9) ayat 108

الْمُطَّهِّرِينَ يُحِبُّ وَاللَّهُ يَتَطَهَّرُوا أَنْ يُحِبُّونَ رِجَالٌ فِيهِ فِيهِۚ تَقُومَ أَنْ أَحَقُّ يَوْمٍ أَوَّلِ مِنْ التَّقْوَىٰ عَلَى أُسِّسَ لَمَسْجِدٌ أَبَدًا ۚ فِيهِ تَقُمْ لَا

“Janganlah kamu bersembahyang dalam mesjid itu selama-lamanya. Sesungguhnya mesjid yang didirikan atas dasar takwa (mesjid Quba), sejak hari pertama adalah lebih patut kamu sholat di dalamnya. Di dalamnya mesjid itu ada orang-orang yang ingin membersihkan diri. Dan sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bersih

4. Dimuliakan Allah SWT

Hal ini di karenakan perjuangan rasulullah saw dalam menegakkan agama Allah yang harus di lalui dengan penuh rintangan dan halangan. Kaum kafir quraisy hampir setiap saat selalu memantau dan mengawasi Aktifitas Nabi SAW.

Oleh sebab itungane masjid quba menjadi salah satu masjid yang sangat di muliakan dan di agungkan oleh Allah SWT.

5. Pusat perjuangan dakwa rasulullah

Tempat ini sangatlah spesial dan bersejarah sebab masjid perta dibangun oleh rasulullah saat beliau hijrah Dari mekkah ke Madinah. Letak masjid ini berada di pinggir kota Madinah, kurang lebih 3 kilometer arah selatan masjid nabawi.

Syahdan dalam perjalanan hijrah Dari mekkah ke Madinah rasulullah dan para sahabat nabi singgah di quba selama empat hari. Sebagai pertanda bahwa agama islam ada disini.

Rasulullah kemudian memerintahkan para sahabat membangun masjid untuk shalat berjamaah. Berziarah ke masjid quba merupakan salah satu tujuan destinasi bagi jamaah haji dan umrah. Pelataran yang luas dan menampung banyak masa menjadi kan masjid quba salah satu tujuan ziarah ibadah bagi umat islam atau muslim berbagai belahan dunia.

Sumber : Dalamislam.com
5 Keistimewaan Masjid Quba yang Menakjubkan

5 Keistimewaan Masjid Quba yang Menakjubkan. 5 Keistimewaan Masjid Quba yang Menakjubkan.
Alhamdulillah Allohumma Sholli ‘Ala Nabiyina Muhammad Wa Ahlihi Wa Ashhabihi Wa Ummatihi. Subhanallah wa bihamdihi ‘adada khalqihi wa ridha nafsihi wa zinata ‘arsyihi wa midada kalimatihi.


Posted

in

by