5 Tanda Anda Harus Resign dari Kantor _*

Jakarta, CNN Indonesia —

Tidak mudah memutuskan resign atau berhenti bekerja terlebih dalam situasi pandemi. Biasanya sebelum memutuskan resign, seseorang telah mendapatkan pekerjaan baru atau pengganti terlebih dahulu.

Lantas bagaimana kita tahu bahwa sudah waktunya untuk mencari pekerjaan baru?

Sebelum memutuskan, kenali sejumlah tanda harus resign dari kantor. Banyak alasan baik pribadi ataupun profesional yang bisa menjadi pertimbangan untuk memutuskan resign dari kantor.

Berikut ciri dan tanda Anda sebaiknya segera resign dari kantor.

1. Kehilangan motivasi kerja


Tanda harus resign dari kantor ketika sudah tidak memiliki motivasi kerja (Ilustrasi Foto: iStock/skynesher)

Jika sudah hilang motivasi kerja biasanya akan berdampak pada produktivitas dan performa kerja. Anda akan merasa karier dan pekerjaan Anda jalan di tempat alias tidak ada kemajuan.

Kehilangan motivasi kerja bisa disebabkan banyak hal, beberapa di antaranya yaitu:

  • Tidak ada kenaikan gaji setelah bertahun-tahun bekerja
  • Tidak pernah mendapat kesempatan promosi jabatan
  • Tidak ada bonus tahunan dan bonus kinerja
  • Pekerjaannya terlalu monoton dan tidak ada kesempatan untuk mengembangkan pengetahuan
  • Tidak ada keterampilan baru yang bisa dipelajari
  • Lingkungan kerja yang tidak sehat
  • Bukan bidang yang Anda minati

Jika mengalami salah satu hal di atas, diskusikan lebih lanjut dengan keluarga untuk mendapat solusi sebelum mengajukan surat resign.

2. Tidak cocok dengan sifat dan karakter atasan


Tanda harus resign dari kantor ketika tidak cocok dengan sifat dan karakter atasan (Ilustrasi Foto: Istockphoto/FG Trade)

Lumrah dalam pekerjaan beradu argumentasi dengan atasan. Akan tetapi, tidak lagi lumrah jika perbedaan argumentasi tersebut berubah menjadi tekanan mental pada pekerjaan.

Tekanan mental bisa disebabkan faktor seringnya dimarahi tanpa sebab jelas, load pekerjaan terlalu banyak dan tidak sesuai dengan posisi maupun tugas pokok, serta tidak ada apresiasi atas hasil kerja.

Hal-hal tersebut lambat laun bisa membuat tingkat stres Anda naik hingga berdampak pada kesehatan mental dan kehidupan pribadi.

3. Mulai sering menunda pekerjaan


Tanda harus resign dari kantor ketika mulai sering menunda pekerjaan (Ilustrasi Foto: iStock/smolaw11)

Menunda satu atau dua pekerjaan karena memprioritaskan pekerjaan lain merupakan hal lumrah.

Tidak menjadi lumrah jika Anda secara terus-menerus menunda pekerjaan sampai menumpuk bahkan kesulitan mengatur jadwal kerja.

Jika demikian, bisa jadi itu adalah bahasa bahwa Anda tidak lagi menyukai pekerjaan yang biasa Anda kerjakan dan mungkin saja itu tanda harus resign dari kantor.

4. Tidak cocok dengan budaya perusahaan


Tanda harus resign dari kantor jika tidak cocok dengan budaya perusahaan (Ilustrasi Foto: Dok. Death to The Stock Photo)

Salah satu tanda harus resign dari kantor adalah budaya perusahaan yang membawa dampak buruk dan merugikan Anda.

Mengutip CNN, contoh paling sederhana adalah jam kerja. Perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa biasanya mempunyai jam kerja yang lebih fleksibel.

Jika jam kerja fleksibel terlalu berat dan merugikan kesehatan Anda serta mengganggu keseimbangan hidup atau work-life balance, maka sebaiknya Anda mencari pekerjaan dengan jam kerja tetap dan lebih pasti.

5. Mendapat tawaran lebih baik dari perusahaan lain


Tanda harus resign dari kantor ketika mendapat tawaran lebih baik dari perusahaan lain (Ilustrasi Foto: Istockphoto/fizkes)

Mencari peningkatan gaji dan jabatan menjadi penyebab utama resign dari kantor. Jika perusahaan lain melihat potensi serta nilai tawar lebih tinggi dari diri Anda, ini jadi tanda harus resign dari kantor lama.

Dengan gaji dan jabatan yang lebih baik serta jam kerja yang sesuai ketentuan, akan membuat diri merasa lebih termotivasi bekerja.

Selain itu, karyawan meyakini mampu berkembang lebih jauh, merasa lebih dihargai.

Demikian tanda harus resign dari kantor. Dengan mengevaluasi apa yang membuat Anda ingin resign dari kantor bisa mengatasi keresahan dan mendapat kepastian tepat apakah harus resign atau tidak.

(imb/fef)

[Gambas:Video CNN]


fbq('init', '1047303935301449'); fbq('track', "PageView");


Sumber : cnnindonesia.com
Featured Image : unsplash.com
Alhamdulillah Allohumma Sholli ‘Ala Nabiyina Muhammad Wa Ahlihi Wa Ashhabihi Wa Ummatihi. Subhanallah wa bihamdihi ‘adada khalqihi wa ridha nafsihi wa zinata ‘arsyihi wa midada kalimatihi. Jazakumullah sudah ikut men-share (membagikan) konten ini, insya Alloh jadi amal jariyah untuk kebaikan dunia akhirat kita. Aamiin