in ,

5 Tips Merawat Diri dan Mental di Tengah Pandemi Covid-19 _*

Jakarta, CNN Indonesia —

Rutinitas di tengah pandemi Covid-19 terasa lebih berat. Tubuh seolah dipaksa melakukan kegiatan dengan cara baru misalnya bekerja dari rumah dan membatasi pertemuan dengan orang lain.

Situasi dan kondisi ini berdampak pada kesehatan fisik maupun mental. Oleh karena itu, penting untuk bisa merawat dan menjaga diri tetap sehat dan bahagia di masa pandemi.

Berikut lima tips merawat diri dan mental di tengah pandemi Covid-19.

1. Beri batasan antara kantor dan rumah

Bekerja dari rumah bukan berarti mencampurkan kegiatan kantor dan rumah. Meski kerja dari rumah, jangan sampai waktu pribadi dan waktu kerja melebur jadi satu. Sering kali, karena bekerja dari rumah, seseorang bisa bekerja hingga larut malam.

Penting untuk menetapkan batasan yang jelas antara kerja dan kehidupan pribadi. Jika memungkinkan, Anda bisa membuat ruangan khusus untuk bekerja agar lebih fokus dan produktif.

2. Buat jadwal

Buat jadwal untuk berbagai kegiatan. Mulai dari jadwal kerja, jadwal kegiatan di rumah, hingga jadwal bermain bersama anak. Penting juga untuk meluangkan waktu makan, waktu istirahat, dan me time.

“Studi telah menunjukkan bahwa mengambil istirahat di tengah rutinitas kerja untuk refleksi dan kasih sayang diri dapat mengurangi stres dan depresi,” kata ahli kesehatan mental Tania Diggory, dikutip dari Medical News Today.

3. Batasi konsumsi berita dan media sosial

Konsumsi berita dan media sosial dapat menjadi toksik bagi diri Anda. Studi menunjukkan konsumsi berita buruk mempengaruhi kesehatan mental, hubungan, dan kesejahteraan fisik. Berita buruk dapat memicu kecemasan dan depresi.

Sebaiknya, batasi konsumsi berita dan juga penggunaan media sosial. Anda bisa mengganti aktivitas itu dengan membaca buku, berolahraga, atau bermeditasi. Kegiatan ini dapat membantu Anda tetap berpikiran positif.

4. Tidur yang cukup

Tidur yang cukup sangat penting untuk menjaga kesehatan fisik dan mental. Orang dewasa disarankan untuk tidur tujuh hingga sembilan jam setiap malam. Kurang tidur dapat menyebabkan kelelahan, perubahan suasana hati, hingga penurunan fokus.

Beberapa cara yang bisa dilakukan untuk tidur yang cukup diantaranya menghindari melihat telepon sebelum tidur, mematikan lampu, dan meditasi sebelum tidur.

5. Lakukan aktivitas yang disukai

Lakukan aktivitas-aktivitas yang menyenangkan seperti melakukan hobi. Anda bisa mencoba melukis, mewarnai, merajut, atau berkebun. Anda juga bisa menulis jurnal untuk meluapkan emosi.

Itulah lima cara tips merawat diri dan mental di tengah pandemi Covid-19

(tst/ptj)

[Gambas:Video CNN]




Sumber : cnnindonesia.com
Alhamdulillah Allohumma Sholli ‘Ala Nabiyina Muhammad Wa Ahli Wa Ashhabihi Wa Ummatihi. Subhanallah wa bihamdihi ‘adada khalqihi wa ridha nafsihi wa zinata ‘arsyihi wa midada kalimatihi. Jazakumullah sudah ikut men-share (membagikan) konten ini, insya Alloh jadi amal jariyah untuk kebaikan dunia akhirat kita. Aamiin

Report

What do you think?

Written by jumat berkah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *