6 Ciri Wanita penghuni Surga _*

6 Ciri Wanita penghuni Surga

ADA beberapa sifat wanita penghuni surga yang disebutkan Ibnu Qayyim Al-Jauziyah dalam kitab al-Fawa’id. Mereka adalah orang-orang yang berasal dari golongan Awwab, orang-orang yang kembali kepada Allah dari kemaksiatan menuju ketaatan, dari keterlenaan menjadi terjaga.

Berikut enam sifat atau ciri wanita penghuni surga dalam Islam:

Wanita Penghuni Surga Pertama: Orang yang Bertaubat

Seorang yang lahir di masa Nabi dan merupakan pembesar tabi’in ini, mengatakan, “Orang yang kembali adalah orang-orang yang teringat akan dosa-dosanya kemudian meminta ampun kepada Allah atas segala perbuatannya.”

Wanita Penghuni Surga Kedua: Para Hafidz.

Menurut Ibnu Abbas, seorang hafidz senantiasa menjaga diri terhadap amanat yang dibebankan dan diwajibkan Allah kepadanya. Qatadah As-Sadusy, seorang ahli tafsir dari kalangan tabi’in berkata,” Senantiasa menjaga hak-hak Allah dan apa yang telah dianugerahkan kepadanya.”

wanita shalihah  Wanita penghuni Surga
Foto: W24

Wanita Penghuni Surga  Ketiga: Orang yang Takut kepada Rabb-nya

Seperti disebutkan dalam Firman-Nya:

مَنْ خَشِيَ الرَّحْمَٰنَ بِالْغَيْبِ وَجَاءَ بِقَلْبٍ مُنِيبٍ

“(Yaitu) orang yang takut kepada Tuhan Yang Maha Pemurah sedang Dia tidak kelihatan (olehnya) dan dia datang dengan hati yang bertaubat.” (QS Qaf: 33)

Yaitu orang yang menyatakan kepercayaannya kepada adanya Allah, kekuasaan, ilmu dan kemampuan-Nya mengawasi semua keadaan manusia. Dia juga percaya kepada kitab, rasul, perintah dan larangan-Nya. Percaya juga kepada janji, ancaman dan pertemuannya dengan Allah.

BACA JUGA: 6 Ciri Wanita shalihah

Wanita Penghuni Surga Keempat: Golongan orang yang bertobat

Seperti dalam firman-Nya, “Dia datang dengan hati yang bertaubat.” (QS Qaf: 33). Ibnu Abbads berkata,“Hakikat tobat adalah ketetapan hati untuk senantiasa menanti Allah, mencintai-Nya, dan menerima segala   ketetapan-Nya.”

Secara spesifik, Ibnu Tamiyyah dalam Majmu’ Fatawa juz 11 halaman 422-423 menyebutkan ciri-ciri wanita penghuni surga. Mereka adalah wanita-wanita yang bertakwa, beriman kepada Allah SWT, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya, rasul-rasul-Nya, hari kiamat dan takdir baik maupun buruk.

Mereka juga merupakan golongan orang-orang yang bersaksi bahwa tiada Ilahi yang berhak disembah kecuali Allah, bersaksi bahwa Muhammad adalah hamba dan Rasul-Nya, mendirikan sholat, menunaikan zakat, berpuasa di bulan Ramadhan, dan naik haji bagi yang mampu.

Para wanita surga juga digambarkan sebagai sosok yang ihsan, beribadah kepada Allah seakan-akan melihat Allah, jika dia tidak dapat melihat Allah, dia mengetahui bahwa Allah melihat dirinya.

Ikhlas beribadah semata-mata kepada Allah, tawakkal kepada Allah, mencintai Allah dan Rasul-Nya, takut terhadap adzab Allah, mengharap rahmat Allah, bertaubat kepada-Nya, dan bersabar atas segala takdir-takdir Allah serta mensyukuri segala kenikmatan yang diberikan kepadanya, juga merupakan ciri dari sikap wanita surga.

Mereka adalah wanita-wanita yang gemar membaca Alquran dan berusaha memahaminya, berdzikir mengingat Allah ketika sendiri atau bersama banyak orang dan berdoa kepada Allah semata, serta menjalankan amar ma’ruf dan nahi mungkar pada keluarga dan masyarakat.

Para wanita surga juga memiliki sikap pengasih dan baik hati kepada tetangga, anak yatim, fakir miskin, dan seluruh makhluk, serta berbuat baik terhadap hewan ternak yang dia miliki. Mereka juga gemar menyambung tali persaudaraan terhadap orang yang memutuskannya, memberi kepada orang, menahan pemberian kepada dirinya, dan memaafkan orang yang menzaliminya.

BACA JUGA: Ciri-ciri Wanita Penghuni Surga Menurut Ibnu Taimiyah

Wanita Penghuni Surga Kelima: Orang yang berinfak baik ketika lapang maupun dalam keadaan sempit, menahan amarah dan memaafkan manusia

Hal ini juga merupakan hal yang disukai para wanita penghuni surga. Mereka cenderung menjaga lisan dari berkata dusta, saksi palsu maupun ghibah. Mereka adalah orang yang adil, mampu menepati janji, amanah dan snagat berbakti pada kedua orang tua. Allah SWT berfirman:

وَمَنْ يُطِعِ اللَّهَ وَرَسُولَهُ يُدْخِلْهُ جَنَّاتٍ تَجْرِي مِنْ تَحْتِهَا الْأَنْهَارُ خَالِدِينَ فِيهَا ۚ وَذَٰلِكَ الْفَوْزُ الْعَظِيمُ

“ … dan barangsiapa taat kepada Allah dan Rasul-Nya, niscaya Allah memasukkannya ke dalam Surga yang mengalir di dalamnya sungai-sungai sedang mereka kekal di dalamnya dan itulah kemenangan yang besar.” (QS An Nisa’ : 13).

Wanita Penghuni Surga Keenam: Menurut Fatimah Az-zahra binti Rasulullah SAW

Wanita selanjutnya yang juga dijamin masuk surga adalah Fatmah Az Zahra. Fatimah merupakan putri kesayangan Rasulullah Muhammad SAW. Ia adalah seorang anak yang patut dan taat pada orang tuanya. Ia juga merupakan istri dari Ali Bin Abi Thalib yang tak lain adalah sahabat Rasulullah.

Wanita Penghuni Surga
Foto: Istimewa

Fatimah dikenal sebagai wanita muslim yang begitu sabar, penuh keimanan, cerdas dan taat pada suami. Fatimah juga merupakan seorang wanita yang begitu mulia dan mampu menjaga cintanya dengan sangat baik untuk suaminya saja.

Saking mulia dan baiknya ia, kisah cinta Fatimah bersama suami menjadi kisah cinta yang begitu mengetuk hati dan menjadi kisah cinta paling romantis bagi umat muslim. []

Oleh: Ilham Hambali | SUMBER: REPUBLIKA

6 Ciri Wanita penghuni Surga

Sumber : islampos.com
Alhamdulillah Allohumma Sholli ‘Ala Nabiyina Muhammad Wa Ahlihi Wa Ashhabihi Wa Ummatihi. Subhanallah wa bihamdihi ‘adada khalqihi wa ridha nafsihi wa zinata ‘arsyihi wa midada kalimatihi. Jazakumullah sudah ikut men-share (membagikan) konten ini, insya Alloh jadi amal jariyah untuk kebaikan dunia akhirat kita. Aamiin