6 Isi Kandungan Al-Qur’an yang Paling Utama

Sebagai seorang muslim, kita wajib menaati serta menjalankan semua perintah yang terdapat di dalam Al-Qur’an sebagai pedoman hidup kita. Al-Qur’an merupakan sumber hukum Islam tertinggi dan sumber hukum Islam pertama. Artinya apabila memutuskan suatu hukum maka permasalahan tersebut harus merujuk pada Al-Qur’an.

Al-Qur’an merupakan kitab terakhir karena diwahyukan kepada Khatamin Nabiyyin (penutup para Nabi) yaitu Nabi Muhammad SAW. Al-Qur’an berisi tuntunan dan pedoman bagi seluruh umat Islam di seluruh dunia. Al-Qur’an diturunkan sebagai pembenar dan penyempurna kitab-kitab sebelumnya, seperti kitab Taurat, Zabur dan Injil.

Secara syara’ Al-Qur’an merupakan firman Allah SWT yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW dengan tujuan untuk mengeluarkan manusia dari kegelapan menuju cahaya yang tertulis pada lembaran-lembaran.

Al-Qur’an merupakan sumber utama fiqih Islam. Al Qur’an adalah kalam Allah SWT yang terjaga kemurniannya hingga yaumul akhir. Al-Qur’an diturunkan secara berangsur-angsur atau bertahap dalam kurun waktu 22 tahun 2 bulan 22 hari atau kurang lebih 23 tahun. Al-Qur’an terdiri dari 144 surah, 30 juz.

Dalam ajaran Islam, Al-Qur’an dijadikan sebagai sumber hukum umat Islam. Sebagaimana dalam firman-Nya, dalam Surah An-Nisa ayat 59 berikut,

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْٓا اَطِيْعُوا اللّٰهَ وَاَطِيْعُوا الرَّسُوْلَ وَاُولِى الْاَمْرِ مِنْكُمْۚ فَاِنْ تَنَازَعْتُمْ فِيْ شَيْءٍ فَرُدُّوْهُ اِلَى اللّٰهِ وَالرَّسُوْلِ اِنْ كُنْتُمْ تُؤْمِنُوْنَ بِاللّٰهِ وَالْيَوْمِ الْاٰخِرِۗ ذٰلِكَ خَيْرٌ وَّاَحْسَنُ تَأْوِيْلًا ࣖ

“Wahai orang-orang yang beriman! Taatilah Allah dan taatilah Rasul (Muhammad), dan Ulil Amri (pemegang kekuasaan) di antara kamu. Kemudian, jika kamu berbeda pendapat tentang sesuatu, maka kembalikanlah kepada Allah (Al-Qur’an) dan Rasul (sunnahnya), jika kamu beriman kepada Allah dan hari kemudian. Yang demikian itu lebih utama (bagimu) dan lebih baik akibatnya.” (Q.S An-Nisa: 59)

Sudah jelas, dalam ayat tersebut bahwasannya Al-Qur’an itu mempunyai kedudukan sebagai sumber hukum Islam yang paling utama dan dapat pula dijadikan sebagai pedoman atau petunjuk hidup serta petunjuk bagi seluruh umat manusia. Bila seorang muslim berpegang teguh pada Al-Qur’an niscaya dia tidak akan tersesat selama-lamanya.

Di dalam Al-Qur’an terdapat beberapa kandungan utama, secara garis besar adalah sebagai berikut:

1. Akidah

Akidah Islam adalah keyakinan yang berdasarkan ajaran Islam dari Al-Qur’an dan Hadits. Seseorang yang menyatakan bahwa dirinya itu berakidah, tidak cukup dengan hanya mempercayai dan meyakini keyakinan dalam hatinya.

Tetapi harus menyatakannya dalam lisan, serta harus mewujudkannya dalam bentuk amal perbuatan (amal saleh) dalam kehidupan sehari-hari. Isi pokok dari ajaran akidah adalah menyangkut hal ketauhidan, yakni keyakinan bahwa Allah Maha Esa.

2. Ibadah

Ibadah adalah menyembah atau mengabdi sepenuhnya kepada Allah SWT dengan taat dan patuh kepada-Nya. Ibadah merupakan bentuk kepatuhan yang ditimbulkan oleh perasaan yakin terhadap kebesaran Allah SWT sebagai satu-satunya Tuhan yang berhak untuk disembah.

3. Muamalah

Sebagai makhluk ciptaan Allah SWT, manusia juga memerlukan interaksi dengan manusia lainnya untuk bisa memenuhi kehidupannya. Maka di dalam Al-Qur’an pun terdapat cara bagaimana mengatur untuk memenuhi kebutuhan lain manusia dengan hubungannya dalam kehidupan.

4. Akhlak

Rasulullah SAW adalah suri tauladan bagi umat Islam dalam bertingkah laku. Al-Qur’an merupakan sumber ajaran tentang akhlak.

5. Hukum

Al-Qur’an juga berisi kaidah-kaidah dan ketentuan-ketentuan dasar yang menyeluruh bagi manusia. Agar memberikan pedoman kepada manusia supaya kehidupannya menjadi adil, aman, teratur.

6. Sejarah

Kitab suci Al-Qur’an berisi mengenai kisah-kisah yang terjadi di masa lalu. Kisah-kisah yang terdapat di dalam Al-Qur’an itu dimaksudkan untuk diambil hikmah atau pelajarannya dari kisah-kisah tersebut.

Sumber : Dalamislam.com
6 Isi Kandungan Al-Qur'an yang Paling Utama
Alhamdulillah Allohumma Sholli ‘Ala Nabiyina Muhammad Wa Ahlihi Wa Ashhabihi Wa Ummatihi. Subhanallah wa bihamdihi ‘adada khalqihi wa ridha nafsihi wa zinata ‘arsyihi wa midada kalimatihi.


Posted

in

by