6 Manfaat Ceramide Pada Skincare _*

BUKAN rahasia lagi, kini konsumen lebih sadar akan bahan-bahan dalam produk perawatan kulit mereka. Salah satu bahan yang telah ada selama beberapa waktu, tetapi baru-baru ini menjadi pusat perhatian adalah ceramide.

Ceramide adalah salah satu jenis asam lemak bernama lipid yang secara alami terdapat pada sel kulit manusia dan membentuk sekitar 50% lapisan kulit terluar (epidermis).

Pada awalnya, sebenarnya ceramide lebih dikenal sebagai komponen untuk membantu perkembangan otak dan sistem saraf. Namun karena potensinya, ceramide mulai banyak dimanfaatkan menjadi bahan dalam produk perawatan kulit atau kosmetik.

BACA JUGA: 7 Bahan Kimia yang Aman dalam Skincare

Ceramide bertindak seperti semen pada struktur kulit, yang berfungsi untuk melindungi dan menghalangi kulit dari paparan luar yang bisa merusak lapisan kulit. Selain itu, ceramide dapat mencegah keluarnya air yang memberi kelembapan pada kulit.

Ada lebih dari sembilan jenis ceramide berbeda, dua di antaranya bernama Sphingosine dan Phytosphingosine.

Apa manfaat skincare yang mengandung ceramide? Anda pasti memiliki pertanyaan tersebut, apakah baik atau tidak? Secara ilmiah, ceramide adalah lemak yang ditemukan di lapisan paling atas kulit dan membentuk lebih dari 50 persen komposisi kulit.

Jadi tidak mengherankan jika ceramide adalah bahan perawatan kulit yang dicari. Manfaatnya sebagai anti penuaan hingga melindungi kulit dari kerusakan polusi dan memastikan retensi kelembaban. Bahan ini adalah penyelamat untuk semua jenis kulit, terutama kulit kering.

Dikutip dari Bebeautiful berikut lima manfaat skincare yang mengandung ceramide di dalamnya:

1 Mengunci kelembapan

6 Manfaat Ceramide pada Skincare 2 ceramide
Foto: Freepik

Ceramide menghasilkan pelembab yang luar biasa! Dan terdiri dari asam lemak rantai panjang yang terhubung dengan molekul lain dan meningkatkan fungsi seluler. Juga menciptakan penghalang kulit pelindung yang mencegah permeabilitas dan mengunci kelembapan ke dalam kulit Anda.

2 Mengurangi tanda-tanda penuaan

6 Manfaat Ceramide pada Skincare 3 ceramide
Ilustrasi.foto: kumparan

Ceramide dalam skincare meningkatkan fungsi penghalang kulit dan membantu menjaga penghalang lipid kulit. Dengan melindungi penghalang kulit, bahan ini mengurangi tanda-tanda penuaan dan membuat kulit tampak bercahaya dan awet muda.

3 Mencegah jerawat

6 Manfaat Ceramide pada Skincare 4 ceramide

Ceramide untuk jerawat juga sangat baik, karena mengurangi pengelupasan dan tanda-tanda penuaan. Bahan yang fantastis inijuga membantu mencegah bakteri memasuki kulit Anda. Tidak ada bakteri berarti tidak ada jerawat. Jadi jika kulit Anda telah kehilangan ceramide, pastikan Anda sudah meremajakannya.

4 Melembutkan dan menghaluskan kulit

Peningkatan hidrasi dan penghalang kulit yang lebih baik berarti kulit yang lebih kenyal, halus, lebih kencang dengan garis dan kerutan yang tampak lebih sedikit dan tidak ada dehidrasi. Ini karena menggunakan ceramide mengembalikan lemak yang hilang di kulit Anda dan meningkatkan tampilan dan nuansa secara keseluruhan

5 Menenangkan peradangan

Jika penghalang kulit terganggu, kulit cenderung menjadi kering dan dehidrasi. Kulit kering biasanya mudah sekali mendapatkan peradangan seperti gatal, eksim, psoriasis dan bruntusan. Untuk mencegah hal ini terjadi, gunakan ceramide!

6 Bantu mengatasi eksim

Penelitian pada 2019 menunjukkan ceramide dapat meringankan kondisi kulit eksim. Eksim yaitu gangguan kulit yang ditandai munculnya roma kemerahan, kulit kering pecah-pecah, dan rasa gatal. Kondisi ini dikenal juga dengan nama dermatitis atopik.

Pada orang yang mengalami eksim, lipid pada kulit mengalami kekurangan sehingga menyebabkan tampilan kulit menjadi kering berkerak. Nah, untuk menggantikan lipid tersebut, Anda bisa mengoleskan produk seperti losion yang mengandung ceramide.

Adakah risiko dari pemakaian ceramide?

BACA JUGA: 5 Skincare yang Mengandung Centella Asiatica

Pemakaian ceramide umumnya aman mengingat kulit juga mengandung ceramide. Bilapun terjadi efek samping, hal ini berasal dari kandungan lain dalam produk tersebut. Pastikan Anda tidak memiliki reaksi alergi terhadap suatu kandungan tertentu.

Untuk mengetahuinya, lakukan uji tempel guna melihat reaksi kulit Anda. Oleskan tipis-tipis pada bagian kecil kulit Anda, lalu tunggu hingga 24 jam. Bila mengalami kemerahan, gatal, atau iritasi, segera bilas bagian yang terkena dan hentikan penggunaan.

Jika Anda tidak mengalami gejala apa pun, artinya produk aman untuk digunakan.

Bagi Anda yang masih merasa belum yakin akan penggunaan produk ceramide, konsultasikan langsung kepada dokter spesialis kulit untuk mendapatkan rekomendasi produk yang tepat. []

SUMBER: SAHIJAB | HELLOSEHAT

Sumber : islampos.com
Alhamdulillah Allohumma Sholli ‘Ala Nabiyina Muhammad Wa Ahlihi Wa Ashhabihi Wa Ummatihi. Subhanallah wa bihamdihiadada khalqihi wa ridha nafsihi wa zinata ‘arsyihi wa midada kalimatihi. Jazakumullah sudah ikut men-share (membagikan) konten ini, insya Alloh jadi amal jariyah untuk kebaikan dunia akhirat kita. Aamiin

Report

What do you think?