6 Peninggalan Islam Di Spanyol

Eropa sering dikenal sebagai pusat perkembangan teknologi yang maju. Eropa merupakan benua yang sering menjadi destinasi wisata bagi para wisatawan Dunia.

Namun siapa sangka dibalik perkembangan teknologinya yang maju dan merupakan benua yang sering dijadikan destinasi bagi para wisatawan ini ternyata islam pernah berkuasa dan berjaya di benua tersebut dan salah satunya yaitu Spanyol. Di masa kejayaan islam tersebut, islam berkuasa selama ratusan tahun lamanya.

Dan di masa khalifah Al-Walid dari dinasti Bani Umayyah adalah masa berjayanya islam paling lama di Spanyol. Pada akhirnya meninggalkan peninggalan-peninggalan islam di Spanyol yang sangat mengagumkan.

Bahkan dapat di nilai peninggalan islam di Spanyol merupakan peninggalan yang bernilai seni tinggi dan sebuah arsitektur yang sangat elegan. Peninggalan tersebut memiliki kerumitan arsitektur yang sangat tinggi serta unik dan menarik. Ada beberapa peninggalan islam yang terdapat di daerah Spanyol tersebut yaitu diantaranya adalah :

1. Medina Azahara

Medina Azahara yang memiliki arti kota yang indah dan menakjubkan. Pada tahun 940 atau 941 Masehi Khalifah Cordoba membangun kota Medina Azahara yang lokasi kota ini sebagai pusat pemerintahan Andalusia pada saat itu.

Namun sayangnya, kota Medina Azahara tidak bertahan lama karena adanya peperangan yang terjadi pada tahun 1010. Dan pada akhirnya umat islam pun meninggalkan kota ini, sehingga yang tersisa hanyalah reruntuhan dan masa keemasan islam di kota ini.

2. Torre del Oro (Seville)

Torre del Oro atau yang bisa di sebut juga sebagai ‘Menara Emas’. Menara ini adalah salah satu peninggalan islam saat berkuasa di Eropa. Menara ini telah dikenal sebagai peninggalan dinasti Muhawidun.

Tujuan di bangunya menara Torre del Oro adalah sebagai akses mengontrol kota Seville dan juga pernah berfungsi sebagai penjara dan gudang pada abad ke 13. Dimana menara Torre del Oro saat ini yang digunakan sebagai museum angkatan laut.

3. Alcazar of Jerez de la Frontera

Alcazar of Jerez de la Frontera adalah peninggalan islam di Spanyol dengan karya seni yang sangat mengagumkan. Alcazar of jerez de la Frontera ini merupakan bangunan paling tua di Spanyol.

Alcazar of Jerez de la Frontera di bangung pada abad ke 11. Dan bangun ini telah ditetapkan sebagai peninggalan yang sangat bersejarah di Spanyol.

Di tempat ini masih terdapat satu masjid yang masih berdiri kokoh, diantara 18 masjid yang pernah berdiri di kota ini sebelumnnya, sangat menarik bukan.

4. Masjid Cristo de la Luz (Toledo)

Masjid Cristo de la Luz (Toledo) Adalah salah satu peninggalan Masjid islam di negara Spanyol. Masjid ini mulai dari bentuk bangunannya tersebut tidak ada yang berubah.

Dari pertama kali berdirinya masjid tersebut strukturnya masih sama tidak ada yang berubah. Masjid Cristo de la Luz disebut juga dengan sebutan Masjid Bab Al-Mardum. Masjid ini berlokasi di Toledo, kota yang terletak di bagian tengah negara Spanyol dan dikenal sebagai ibu kota muslim pertama.

5. Alcazar of Segovia

Alcazar of Segovia adalah sebuah benteng peninggalan umat Islam yang terletak di kota Segovia. Alcazar of Segovia merupakan peninggalan islam yang paling dekat dengan kota Madrid. Alcazar of Segovia adalah istana yang merupakan sebuah benteng pertahanan.

Alcazar of Segovia ini peninggalan umat islam yang paling mempunyai ciri khas di kota Spanyol karena sebuah istana yang juga sebuah benteng. Maka dari itulah Alcazar ini sangat dikenal.

6. Alcazar of Seville

Alcazar of Seville adalah istana kerajaan tertua di Spanyol. Dimana istana kerajaan ini yang masih berfungsi sampai saat ini. Dan istana kerajaan ini masih aktif digunakan oleh bangsa Eropa sampai saat ini.

Pada tahun 1987 istana ini juga didaftarkan oleh UNESCO sebagai salah satu situs warisan dunia. Istana Alhambra Istana yang bisa diartikan “Istana Benteng Merah”. Istana ini di bangun pada abad ke 10. Istana ini bisa dikatakan istana terindah pada masa kejayaan islam di Spanyol.

Istana ini merupakan obyek wisata yang paling digemari oleh para wisatawan karena arsitekturnya. Arsitektur istana Alhambra mengadopsi arsitektur dari bangsa Moor. Bisa dikatakan istana Alhambra adalah inspirasi dari bangunan dari masjid di Paris. Atau yang dikenal dengan Grande Mosque de Paris.

Kesimpulan Pembahasan

Peninggalan-peninggalan masa kejayaan Islam di Spanyol memang sangatlah berkesan. Bahkan tidak heran jika banyak wisatawan yang berkunjung ke Eropa hanya untuk melihat betapa indahnya peninggalan-peninggalan Islam di Spanyol.

Karena memang Islam telah berkuasa dan jaya selama ratusan tahun. Oleh karena itu banyak sekali peninggalan-peninggalan zaman dulu saat kejayaannya Islam di Eropa. Banyak wisatawan yang tertarik dengan peninggalan-peninggalan Islam di Eropa. Wisatawan tertarik karena kisah dan arsitektur pada setiap peninggalan di Eropa ini sangatlah unik dan menarik.

Hingga membuat para wisatawan ingin melihat keindahan peninggalan-peninggalan Islam di Eropa. Karena Eropa merupakan destinasi bagi para wisatawan. Peninggalan-peninggalan Islam di Spanyol memiliki karya seni yang sangat tinggi.

Dengan kemajuan teknologi di Eropa saat ini tidak kalah dengan menariknya peninggalan-peninggalan pada zaman dahulu. Oleh karena itu, Eropa merupakan aset yang sangat digemari oleh para wisatawan dari berbagai penjuru.

Sumber : Dalamislam.com
6 Peninggalan Islam Di Spanyol

6 Peninggalan Islam Di Spanyol. 6 Peninggalan Islam Di Spanyol.
Alhamdulillah Allohumma Sholli ‘Ala Nabiyina Muhammad Wa Ahlihi Wa Ashhabihi Wa Ummatihi. Subhanallah wa bihamdihi ‘adada khalqihi wa ridha nafsihi wa zinata ‘arsyihi wa midada kalimatihi.

Report

What do you think?

Written by dalamislam