6 Tips Ikhlas Dalam Belajar agar Ilmu Bermanfaat _*

Ikhlas yakni kita tidak mengharapkan apa-apa terkecuali ridha dari Allah SWT. Setiap keikhlasan tentunya mempunyai batasan tersendiri. Sama halnya dengan sifat sabar yang memang ada batasnya.

Namun ikhlas tanpa batasan merupakan hal yang yang sangat dicintai oleh SWT. Begitupun dalam kegiatan menuntut ilmu, kita harus ikhlas dan sabar dalam belajar, agar mendapat ridha darinya. Menjadi manusia yang berilmu tentu akan dicintai oleh Allah SWT. Maka dari itu, kedudukan belajar dalam Islam sangatlah penting dan dianjurkan. Bahkan
hukum menuntut ilmu dalam Islam itu diwajibkan. Berikut cara ikhlas dalam belajar tanpa merasa terpaksa.

1. Banyak berdoa’a

Jika kita tidak bisa menghadapi lagi masalah yang kita dapatkan dalam proses kita menuntut ilmu. Saatnya kita mencari bantuan kepada sang pencipta. Perbanyaklah doa kepada Allah SWT, curahkan kepadaNya segala kesusahan yang Anda dapatkan.

Kita diajarkan untuk ikhlas dan selalu berdoa jika dalam masalah. Mintalah kepada Allah SWT agar dimudahkan dalam setiap urusan kita dan agar hati kita ditenangkan dan diberikan kekuatan dalam menjalani proses yang kita hadapi.

2. Jangan mudah putus asa

Keputusasaan akan menggiring hati Anda kepada sikap tidak ikhlas. Karena dengan putus asa anda tidak bisa merelakan segala sesuatu dalam diri sendiri. Rasa putus merupakan salah satu penyakit hati. Anda harus bisa menyadari bahwa anda tidaklah sendiri karena masih banyak di dunia ini yang juga memiliki masalah. Bahkan bisa jadi masalah Anda saat ini belum ada apa-apanya dibandingkan dengan orang lain.

3. Perbanyak ibadah

Menjalankan ibadah diharapkan dapat mendekatkan Anda kepada sang pencipta. Membuat diri Anda lebih dekat dengan Allah SWT. Dengan beribadah membuat orang dapat hidup dan lebih ikhlas dalam menghadapi masalahnya.

4. Akui kekurangan dalam diri

Dalam proses belajar tidaklah baik jika kita menganggap diri kita serba bisa, karena pada dasarnya tidak ada manusia yang sempurna di dunia ini. Anda diciptakan pasti memiliki kekurangan dan juga memiliki kelebihan. Akui kekurangan anda dapat membuat anda bisa ikhlas dalam segala aktifitas pembelajaran anda. Setelah mengalami kegagalan, anda bisa menyadari dari awal bahwa anda memiliki kekurangan dalam diri Anda, karena tidak ada manusia yang sempurna.

5. Banyak bersabar

Sabar adalah awal dari kita ikhlas. Ketika anda memiliki sikap sabar, anda dengan sendirinya merasakan bahwa anda sudah ikhlas dengan takdir yang sudah ada. Pada dasarnya tidak mudah untuk tahu cara bersikap sabar dalam segala hal semua tergantung dari diri kita masing-masing.

6. Tidak mementingkan pandangan orang lain

Dalam hal ini tidak mengejar popularitas adalah cara ikhlas dalam belajar. Jika anda bekerja atau belajar sesuatu tanpa mengharapkan nama atau pandangan dari orang lain. Anda akan melakukan pekerjaan itu dengan ikhlas demi mendapatkan ridhaNya. Cara meningkatkan keyakinan diri kita adalah dengan melakukan segala sesuatu secara ikhlas.

Bangunlah masa depan, jalani proses Anda dengan sebaik-baiknya. Anda juga harus berusaha dalam setiap proses yang Anda pilih. Ikhlas dalam menjalankan dan melakukan tindakan tanpa pamrih. Belajar pun menjadi salah satu jalan menuju sukses dunia akhirat menurut Islam.

Demikianlah cara ikhlas dalam belajar agar ilmu yang di dapat bisa dimanfaatkan dengan baik. Waktu yang terbaik untuk belajar dalam Islam adalah sehabis sahur, pagi hari, pertengahan siang hari, malam hari dan dalam keadaan lapar.

Sumber : dalamislam.com

Alhamdulillah Allohumma Sholli ‘Ala Nabiyina Muhammad Wa Ahlihi Wa Ashhabihi Wa Ummatihi. Subhanallah wa bihamdihiadada khalqihi wa ridha nafsihi wa zinata ‘arsyihi wa midada kalimatihi. Jazakumullah sudah ikut men-share (membagikan) konten ini, insya Alloh jadi amal jariyah untuk kebaikan dunia akhirat kita. Aamiin

Report

What do you think?