7 Cara Menghadapi Orang Sombong Menurut Islam

Orang sombong banyak tidak disukai karena kebiasaannya yang suka memamerkan dan membanggakan apa yang ia miliki. Orang sombong juga terlalu percaya diri dalam berbicara dan selalu meninggi serta memandang rendah orang lain.

Dalam kehidupan sehari-hari kita bisa bertemu dengan orang sombong di lingkungan sekitar kita. Sombong merupakan sifat buruk alami manusia yang tidak baik dipelihara dalam diri baik di lingkungan bertetangga, sekolah hingga tempat kerja.

Kesombongan dalam islam itu sendiri merupakan sifat yang dibenci oleh Allah SWT dan Rasulullah. Apapun bentuk kesombongan yang dilakukan manusia, dilarang oleh Allah SWT.

Sebagaimana firman Allah dalam surah Luqman ayat 18 :

وَلَا تُصَعِّرۡ خَدَّكَ لِلنَّاسِ وَلَا تَمۡشِ فِى الۡاَرۡضِ مَرَحًا ‌ؕ اِنَّ اللّٰهَ لَا يُحِبُّ كُلَّ مُخۡتَالٍ فَخُوۡرٍۚ

“Dan janganlah kamu memalingkan wajah dari manusia (karena sombong) dan janganlah berjalan di bumi dengan angkuh. Sungguh, Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong dan membanggakan diri.”

Menghadapi orang yang selalu berlagak sombong terkadang cukup membuat kita gerah, lalu bagaimana cara menghadapi orang sombong menurut islam?

Sebuah hadits menyebutkan:

عَنْ عُقْبَةَ بْنِ عَامِرٍ رض اَنَّهُ سَمِعَ رَسُوْلَ اللهِ ص يَقُوْلُ: مَا مِنْ رَجُلٍ يَمُوْتُ حِيْنَ يَمُوْتُ وَ فِى قَلْبِهِ مِثْقَالَ حَبَّةٍ مِنْ خَرْدَلٍ مِنْ كِبْرٍ تَحِلُّ لَهُ اْلجَنَّةُ اَنْ يَرِيْحَ رِيْحَهَا وَ لاَ يَرَاهَا. احمد فى الترغيب و الترهيب 3:

Artinya: “Dari Uqbah bin ‘Amir RA, sesungguhnya ia mendengar Rasulullah SAW, bersabda, “Orang yang meninggal dunia, dan ketika ia meninggal itu di dalam hatinya masih ada sebesar biji sawi dari sombong, maka tidaklah halal baginya surga, tidak mencium baunya dan tidak pula melihatnya”. [HR. Ahmad, dalam Targhib wat Tarhib juz 3, hal. 566].

Berikut terdapat beberapa dalil tentang akibat bersikap sombong dan beberapa ciri-ciri dan beberapa hal yang bisa kita lakukan menghadapi orang yang sombong:

1. Menghindarlah Sebisa Mungkin

Cara menghadapi orang sombong menurut islam bisa dilakukan dengan menghindarinya saja. Bukan untuk memutuskan hubungan silaturahmi tapi untuk menghindari rasa jengkel dan perselisihan yang mungkin terjadi karena sikapnya yang terlalu sombong dan suka meremehkan orang lain.

Orang yang terlalu sombong bisa memancing emosi yang menimbulkan pertikaian, karena itu sebaiknya dihindari saja.

2. Tetaplah Bersikap Baik

Cara menghadapi orang sombong menurut islam berikutnya adalah dengan tetap bersikap baik dan tidak membiarkan emosi terpancing. Selalulah berpikir positif dan perbanyak sabar agar diri kita tetap tenang berhadapan dengan orang sombong.

Sebagai seorang muslim kita pun tahu bahwa tidak ada yang bisa kita sombongkan di dunia ini. Orang yang sombong jika dibalas dengan kebaikan ia bisa jadi malu sendiri.

3. Bersikap Sombong Pula Kepadanya

Cara menghadapi orang sombong menurut islam yang bisa kita lakukan adalah dengan bersikap sombong pula kepadanya. Namun membalas kesombongan dengan kesombongan bukan bertujuan untuk membanggakan diri sendiri.

Tapi untuk menyadarkan orang yang sombong dan lupa diri tersebut. Agar ia sadar bahwa bukanlah dirinya satu-satunya yang memiliki segalanya atau yang paling hebat diantara manusia-manusia lainnya.

Juga untuk menyadarkannya bahwa apa yang iya sombongkan belumlah seberapa. Juga untuk menimbulkan rasa malu dalam dirinya karena telah merasa jadi yang tertinggi dari yang lainnya.

4. Tidak Terpengaruh dengan Sikap Orang Sombong

Orang sombong memang sikapnya selalu bisa menggelitik dan memancing emosi orang lain. Namun cara menghadapi orang sombong menurut islam yang bisa kita lakukan adalah dengan tidak terpengaruh.

Bagaimanapun sikapnya, apapun yang dia katakan, anggaplah sebagai angin lalu dan jangan biarkan singgah di dalam hati. Yang bermasalah disini bukanlah diri kita melainkan orang itu sendiri. Jadi untuk apa kita terlalu pusing memikirkan dan menanggapi kesombongannya.

5. Tetap Menjadi Diri Sendiri

Cara menghadapi orang sombong menurut islam selanjutnya adalah dengan tetap menjadi diri sendiri. Mau seberapa pun ia merendahkan kita abaikan saja dan tetaplah menjadi diri sendiri.

Cukup perlihatkan kemampuan kita agar orang sombong tersebut malu sendiri. Sifat sombong dalam islam sendiri adalah suatu penyakit hati yang sangat buruk akibatnya.

6. Hadapi Kesombongannya dengan Senyuman

Orang yang sombong akan berusaha membuat orang lain jadi terlihat rendah dan tidak ada apa-apanya dibanding dirinya. Karena itu saat merasa orang sombong di sekitar kita ingin menjatuhkan kita, tetaplah hadapi dengan senyuman dan bersikaplah seperti kita sama sekali tidak mempermasalahkan tindakannya.

Saat ia merasa perlakuannya tidak digubris. Saat itulah ia akan menjadi kesal dan lelah karena merasa kita bukanlah orang yang tepat untuk disombongi.

7. Menghargai Diri Sendiri Secara Berlebihan

Orang yang sombong memang bisa jadi memiliki sesuatu yang dapat dia sombongkan, sebagai contoh memiliki harta yang banyak, atau wajah rupawan, atau suara merdu, lalu dia merasa bangga dengan dirinya dan akhirnya memandang sinis orang lain. Dia menganggap tidak ada orang lain yang mampu seperti dirinya.

Orang sombong biasanya ingin lebih terlihat lebih baik dari yang lain, menggunakan pakaian terbaik agar dilihat orang sekitar, hingga membicarakan tentang apa yang dia punya atau apa yang pernah dia lakukan.

Maka dari itu, orang yang sombong akan selalu memikirkan bagaimana ia bisa melebihkan yang dia miliki dan hingga di hari kiamat neraka adalah tempatnya. Sebagaimana Firman Allah dalam surat Az Zumar 60:

وَيَوۡمَ الۡقِيٰمَةِ تَرَى الَّذِيۡنَ كَذَبُوۡا عَلَى اللّٰهِ وُجُوۡهُهُمۡ مُّسۡوَدَّةٌ ؕ اَلَيۡسَ فِىۡ جَهَنَّمَ مَثۡوًى لِّلۡمُتَكَبِّرِيۡنَ

“Dan pada hari Kiamat engkau akan melihat orang-orang yang berbuat dusta terhadap Allah, wajahnya menghitam. Bukankah neraka Jahanam itu tempat tinggal bagi orang yang menyombongkan diri?”

Demikianlah 7 cara menghadapi orang sombong yang diperbolehkan menurut islam. Namun, alangkah baiknya jika kita dapat senantiasa menghindar dari orang-orang yang berperilaku sombong. Dan bagi kamu yang bersikap sombong, hendaklah menyudahi sikap buruk ini, karena terdapat balasan orang sombong yang akan kamu terima kelak.

Sumber : Dalamislam.com
4 Keutamaan Adzan Subuh yang Luar Biasa

7 Cara Menghadapi Orang Sombong Menurut Islam. 7 Cara Menghadapi Orang Sombong Menurut Islam.

Alhamdulillah Allohumma Sholli ‘Ala Nabiyina Muhammad Wa Ahlihi Wa Ashhabihi Wa Ummatihi. Subhanallah wa bihamdihi ‘adada khalqihi wa ridha nafsihi wa zinata ‘arsyihi wa midada kalimatihi.


Posted

in

by