CoolCool

7 Makanan yang Harus Dikeluarkan dari Kulkas _*

Jakarta, CNN Indonesia —

Satu area yang kerap terlupakan di dapur adalah kulkas. Sering kali, kulkas luput dari agenda bersih-bersih. Selain jarang dibersihkan, Anda lebih sering memasukkan bahan pangan, sisa makanan semalam atau sisa potongan kue ke kulkas.

Jika terus dibiarkan, lama-lama kulkas bisa jadi tempat pembuangan. Sudah saatnya Anda beres-beres dan mengeluarkan berbagai makanan yang sudah tak layak di kulkas.

Berikut 7 makanan yang harus dikeluarkan dari kulkas:

1. Bumbu-bumbu kedaluwarsa

Cek lagi botol-botol bumbu di kulkas. Ada saus barbeku, mayones, atau miso semua harus diperiksa. Berikan label pada bumbu yang mendekati waktu kedaluwarsa sehingga muncul kesadaran untuk menghabiskan bumbu lebih cepat daripada harus terbuang percuma.

Di samping itu, untuk bumbu yang tidak memiliki label apalagi waktu kedaluwarsa, sebaiknya pertimbangkan untuk dibuang. Bumbu sambal pecel yang sudah dicairkan, sisa santan juga cuko pempek yang sudah lama, ada baiknya dieliminasi dari kulkas.

2. Makanan yang tidak ditutup rapat

Menyimpan makanan di kulkas bukan berarti diletakkan begitu saja. Makanan perlu dimasukkan di wadah tertutup untuk menjaga kualitas tekstur maupun rasa.

Cek kulkas Anda dan sebaiknya keluarkan makanan yang tidak diwadahi dengan benar. Biasanya makanan ini sudah dalam kondisi kering, bertekstur keras,dan rasanya berubah.

3. Buah yang berjamur

Don Schaffner, profesor di Rutgers University, menyarankan untuk membuang buah yang berjamur.

“Buang stroberi yang busuk secara utuh bahkan jika yang berjamur cuma separuhnya dan pastikan tidak ada buah lain yang berjamur,” kata Schaffner mengutip dari Best Health.

4. Makanan sisa

Makanan sisa yang entah dari kapan merupakan salah satu sumber bau di kulkas. Mary Yavelak dari College of Agriculture and Life Science di North Carolina State University, berkata sebaiknya cek makanan dengan langkah-langkah praktis.

“Aturan praktis saya adalah selalu melihatnya terlebih dahulu, lalu menciumnya, dan jika semua tampak baik-baik saja, coba cicipi,” kata Yavelak, dikutip dari The Kitchn.

Makanan yang sudah lama didiamkan dapat terkontaminasi dan menyebabkan masalah pencernaan.

5. Saus salad

Saus atau dressing salad yang biasa dibeli di pasaran akan bertahan dalam hitungan bulan. Namun, akan berbeda dengan dressing salad buatan sendiri. Dressing salad buatan sendiri hanya bisa bertahan selama 1-2 minggu. Ingat-ingat lagi kapan Anda membuat dressing salad. Jika dirasa sudah lama, sebaiknya keluarkan dari kulkas.

6. Daging maupun ikan mentah

Daging maupun ikan akan lebih lama masa simpannya jika diletakkan di freezer. Saat akan dimasak, malam sebelumnya turunkan daging atau ikan di chiller. Proses ini akan mengamankan rasa dan tekstur daging juga ikan sebelum dimasak keesokan harinya.

Akan tetapi saat daging dan ikan sudah diletakkan di chiller tetapi proses memasak harus tertunda sampai dua hari lebih, baiknya segera keluarkan dari kulkas. Bakteri pembusuk sudah mulai bekerja sehingga bahan pangan tidak akan sesegar sebelumnya.

7. Sayuran yang sudah berlendir

Tanpa sadar, Anda menyimpan sayuran di laci bawah dalam waktu lama. Biasanya sayuran hijau atau sayuran berdaun akan berlendir jika disimpan terlalu lama. Kalau sudah begini, sayuran kemungkinan tidak bisa diolah lagi dan sebaiknya dikeluarkan dari kulkas.

(els/ptj)

[Gambas:Video CNN]



Sumber : cnnindonesia.com
Featured Image : unsplash.com
Alhamdulillah Allohumma Sholli ‘Ala Nabiyina Muhammad Wa Ahli Wa Ashhabihi Wa Ummatihi. Subhanallah wa bihamdihiadada khalqihi wa ridha nafsihi wa zinata ‘arsyihi wa midada kalimatihi. Jazakumullah sudah ikut men-share (membagikan) konten ini, insya Alloh jadi amal jariyah untuk kebaikan dunia akhirat kita. Aamiin

Report

What do you think?