in ,

7 Manfaat Buah Delima Untuk Rambut _*

TAK banyak yang tahu manfaat buah delima untuk rambut. Sejauh ini, delima hanya disebut bermanfaat bagi kesehatan organ di dalam tubuh. Namun ternyata, delima juga berguna untuk kesehatan rambut.

BUAH delima memiliki bentuk buah yang unik dengan warna merah serta buliran kecil yang kaya akan antioksidan u untuk kesehatan.

Jus segar tidak harus berwarna hijau atau penuh bayam agar sehat, misalnya adalnya adalah jus buah delima.

BACA JUGA: Penuhi Kebutuhan Vitamin C dengan 10 Buah Ini

Dikategorikan sebagai berry, buah delima berdiameter sekitar 5-12 cm (2–5 inci). Warnanya merah, bulat dan terlihat seperti apel merah dengan batang berbentuk bunga.

Buah delima mengandung berbagai senyawa tumbuhan bermanfaat, tak tertandingi oleh makanan lain. Kulit buah delima tebal dan tidak bisa dimakan, tetapi ada ratusan biji yang bisa dimakan di dalamnya.

Setiap biji dikelilingi oleh penutup biji berwarna merah, berair dan manis yang dikenal sebagai aril.

Biji dan aril adalah bagian buah yang dapat dimakan mentah-mentah atau diolah menjadi jus delima, tetapi kulitnya dibuang.

Jus buah delima sendiri mengandung lebih dari 100 fitokimia. Inilah kenapa buah delima telah digunakan selama ribuan tahun sebagai obat, karena buah delima adalah salah satu buah tersehat di Bumi.

Saat ini, manfaat buah delima terhadap kesehatan sedang terus dipelajari. Konon, buah ini mampu menurunkan risiko masalah kanker dan penyakit lain, dukungan kekebalan tubuh dan bahkan kesuburan.

Aroma buah delima juga sangat manis, dengan satu cangkir mengandung 24 gram gula dan 144 kalori.

Namun, buah delima benar-benar menyimpan kekayaan senyawa tanaman yang kuat, beberapa di antaranya memiliki khasiat obat yang manjur.

7 Manfaat Buah Delima untuk Rambut

manfaat buah delima untuk rambut
Foto: Pixabay

Selain itu ternyata buah delima memiliki beberapa nutrisi baik untuk kesehatan dan kecantikan rambut, yuk simak apa saja.

1 Selenium

Kandungan selenium pada buah delima mampu mengatasi masalah jamur pada kulit kepala yang biasa disebut dengan ketombe. Karena kandungan selenium mampu membersihkan serpihan kulit kepala dan mendorong pertumbuhan rambut.

2 Zat Besi

Manfaat buah delima untuk rambut selanjutnya yaitu dapat menyehatkan rambut yang kusam, lepek dan mudah rontok karena kekurangan zat besi.

3 Magnesium

Ternyata buah delima juga memiliki kandungan magnesium yang membantu menghambat peradangan, eksim dan psoriasis.

4 Antioksidan

Kandungan antioksidan yang terdapat pada buah delima mambantu mencegah korosi pada jaringan sehingga mengurangi rambut beruban.

7 Manfaat Buah Delima untuk Rambut

manfaat buah delima untuk rambut
Buah Delima. Foto: Unsplash

5 Vitamin C

Sedangkan kandungan vitamin C pada buah delima mampu meningkatkan kolagen serta mendorong pertumbuhan rambut.

Karena mengandung vitamin C dan nutrisi peningkat kekebalan tubuh lainnya seperti vitamin E, jus delima dapat mencegah penyakit dan melawan infeksi.

Delima juga terbukti sebagai antibakteri dan antivirus dalam tes laboratorium.

Selain itu, untuk saat ini, juga sedang dipelajari apakah delima memiliki efek pada infeksi dan virus yang umum lainnya.

Jus buah delima tunggal memiliki lebih dari 40% kebutuhan harian seseorang akan vitamin C.

Vitamin C dapat dipecah saat dipasteurisasi, jadi pilihlah jus delima buatan sendiri atau segar untuk mendapatkan nutrisi yang terbaik.

6 Zinc

Untuk menghasilkan sebum pada kulit kepala kandungan zinc sangat dibutuhkan, zinc juga mampu mendorong sel kulit kepala dan menghidrasi kulit kepala.

7 Manfaat Buah Delima untuk Rambut

manfaat buah delima untuk rambut
Buah Delima. Foto: Unsplash

7 Vitamin

Rambut akan menjadi lebih lebat dan kuat dengan kandungan vitamin A dan K pada buah delima yang membantu mendorong pertumbuhan rambut.

Selain untuk rambut nyatanya buah delima memiliki manfaat luar biasa untuk kesehatan. Salah satunya untuk meningkatkan daya ingat.

Ada beberapa bukti bahwa buah delima dapat meningkatkan daya ingat.

Satu studi dari Hindawi pada pasien bedah menemukan bahwa 2 gram ekstrak buah delima mencegah defisit dalam memori setelah operasi.

Studi lain pada 28 orang dewasa yang lebih tua dengan keluhan memori, menemukan bahwa 8 ons (237 ml) jus delima per hari secara signifikan dapat meningkatkan penanda memori verbal dan visual.

Studi pada tikus juga menunjukkan bahwa buah delima dapat membantu melawan penyakit Alzheimer. Selain Alzheimer buah delima juga bisa mencegah penyakit jantung.

Penyakit jantung saat ini merupakan penyebab kematian dini paling umum di dunia. Sakit jantung adalah penyakit yang rumit karena didorong oleh banyak faktor berbeda.

Asam punicic, asam lemak utama dalam buah delima, dapat membantu melindungi dari beberapa proses yang menyebabkan penyakit jantung.

Sebuah studi dari British Journal of Nutrition selama 4 minggu pada 51 orang dengan kadar trigliserida tinggi, menunjukkan bahwa 800 mg minyak biji delima per hari secara signifikan menurunkan trigliserida dan meningkatkan rasio trigliserida-HDL.

Studi lain dari International Journal for Vitamin and Nutrition Research melihat efek jus delima pada penderita diabetes tipe 2 dan kolesterol tinggi. Efek jus ini mencatat penurunan signifikan dalam LDL atau kolesterol “buruk”, serta perbaikan lainnya.

BACA JUGA: 5 Manfaat Buah Kiwi untuk Kesehatan dan Kesuburan

Jus buah delima juga telah menunjukan hasil yang baik pada penelitian hewan maupun penelitian manusia, untuk melindungi partikel kolesterol LDL dari oksidasi.

Ini merupakan salah satu langkah kunci untuk mencegah penyakit jantung.

Akhirnya, satu analisis penelitian menyimpulkan bahwa jus buah delima bermanfaat mengurangi tekanan darah tinggi, yang merupakan faktor risiko utama penyakit jantung. []

SUMBER: HUMAIROH

Sumber : islampos.com
Alhamdulillah Allohumma Sholli ‘Ala Nabiyina Muhammad Wa Ahli Wa Ashhabihi Wa Ummatihi. Subhanallah wa bihamdihi ‘adada khalqihi wa ridha nafsihi wa zinata ‘arsyihi wa midada kalimatihi. Jazakumullah sudah ikut men-share (membagikan) konten ini, insya Alloh jadi amal jariyah untuk kebaikan dunia akhirat kita. Aamiin

Report

What do you think?

Written by jumat berkah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

GIPHY App Key not set. Please check settings